FOLLOW US:


HT Review: Indonesia Sementara Tertahan di Bukit Jalil

25-11-2012 18:00

 | Bambang Pamungkas

HT Review: Indonesia Sementara Tertahan di Bukit Jalil
Raphael Maitimo balas gol Laos AFP
Bola.net - Seru dan dramatis. Sempat tertinggal terlebih dahulu melalui tendangan penalti Khampheng Sayavutthi, Indonesia membalas melalui sundulan Raphael Maitimo jelang babak pertama berakhir.

Nil Maizar kembali mengandalkan formasi 4-4-2 dengan mengandalkan duet Irfan Bachdim dan Bambang Pamungkas di lini depan pada pertandingan perdana grup B di Stadion Bukit Jalil, Malaysia. Sementara di lini belakang Nopendi digantikan oleh Raphael Maitimo di posisi bek kanan.

Hanya dalam tempo 10 menit, Indonesia telah mendapatkan dua peluang melalui Irfan Bachdim. Dua peluang itu berhasil dikreasikan oleh Andik Vermansyah dari sisi kanan. Sayang tendangan Irfan masih melambung di atas mistar gawang Sengphachan Bounthisanh.

Sisi kiri pertahanan Laos tampaknya menjadi titik lemah skuad arahan Kokichi Kimura. Untuk ketiga kalinya peluang Indonesia di dapat dari sisi tersebut. Kali ini giliran Bambang Pamungkas yang masih gagal memaksimalkan peluang. Tendangan pemain Persija Jakarta ini berhasil di blok oleh barisan pertahanan Laos.

Laos sendiri yang bermain lebih banyak menunggu di lini belakang mempunyai peluang pada menit ke-20. sebuah serangan dari Khampheng Sayavutthi berhasil menembus pertahanan Indonesia, beruntung kiper Endra Prasetya masih mampu mengantisipasi dengan baik.

Bencana bagi Indonesia datang pada menit ke-28. Sebuah pelanggaran Endra Prasetya kepada pemain Laos di dalam kotak penalti membuatnya harus mengakhiri pertandingan lebih dini. Indonesia pun mendapat hukuman penalti yang berhasil dieksekusi dengan baik oleh Khampheng Sayavutthi. Skor 1-0 untuk keunggulan Laos.

Hanya berselang empat menit, giliran pemain Laos Sopha Saysana yang mendapat kartu merah dari wasit akibat melanggar dengan keras Andik Vermansyah. Sepuluh pemain Laos melawan sepuluh pemain Indonesia.

Indonesia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-42. Serangan bertubi-tubi skuad Garuda akhirnya berhasil menemui sasaran saat sundulan Raphael Maitimo memanfaatkan bola rebound hasil tendangan pojok tak mampu dihalau oleh pertahanan Laos.

Di sisa pertandingan babak pertama kedua tim terus mencoba membangun serangan. Namun hingga babak pertama berakhir kedudukan imbang 1-1 tetap bertahan.

Susunan pemain

Indonesia: Endra Prasetya, Handi Ramdhan, Wahyu Wijiastanto, Raphael Maitimo, Novan Setya, Taufiq, Tonnie Cusell, Andik Vermansyah, Oktovianus Maniani, Irfan Bachdim, Bambang Pamungkas

Laos: Sengphachan Bounthisanh, Ketsada Souksavanh, Khampoumy Hanevilay, Souksamay Manhmanyvong, Kovanh Namthavixay, Soukaphone Vongchiengkham, Visay Phaphouvannin, Phatthana Syvilay, Vilayout Sayyabounsou, Sopha Saysana, Khampheng Sayavutthi.