FOLLOW US:


Jelang Hadapi Thailand, Timnas Wanita Indonesia Butuh Satu Laga Ujicoba

23-04-2018 11:58
Jelang Hadapi Thailand, Timnas Wanita Indonesia Butuh Satu Laga Ujicoba
Timnas Indonesia Wanita © Fitri Apriani/Bola.net

Bola.net - Timnas Wanita Indonesia akan menghadapi Timnas Wanita Thailand pada akhir bulan Mei 2018 mendatang. Pertandingan tersebut termasuk agenda persiapan untuk menghadapi Piala AFF Wanita 2018 dan Asian Games 2018.

Pelatih Timnas Wanita Indonesia, Satia Bagdja, menyebut timnya perlu melakukan laga uji coba menghadapi tim wanita dari negara lain sebelum melakukan laga uji coba menghadapi Thailand tersebut.

Adapun rencana PSSI memberikan kesempatan kepada Timnas Wanita Indonesia melakukan laga uji coba internasional kontra Thailand diungkapkan Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, ketika tim asuhan Satia Bagdja itu melakukan latih tanding dengan Indonesia Football Ambassador yang bermaterikan pemain-pemain legenda sepak bola Indonesia belum lama ini.

Satia Bagdja mengaku sudah mengetahui rencana tersebut. Hanya, Satia berharap PSSI bisa mencari lawan dari negara lain sebelum laga uji coba tersebut.

Faktor belum mengetahui benar kualitas Timnas Wanita Indonesia, yang selalu meraih kemenangan besar saat menjalani laga uji coba dengan tim putri lokal, membuat sang pelatih membutuhkan uji coba menghadapi tim putri dari negara lain.

Laga uji coba kontra Thailand yang diagendakan pada akhir Mei itu sebenarnya sudah cukup bagus. Hanya, menghadapi tim yang sudah memiliki level di Piala Dunia Wanita membuat Satia Bagdja tak ingin timnya langsung menghadapi tim yang levelnya jauh di atas.

"Saya sudah tahu rencana menghadapi Thailand. Seharusnya ada pertandingan lain sebelum laga kontra Thailand, karena itu sangat penting. Thailand itu sudah masuk Piala Dunia, mereka itu levelnya dunia, jadi menghadapinya pun tidak bisa sembarangan. Kalau kami tidak menghadapi tim putri dari negara lain lebih dulu, kami tidak tahu sampai di mana kualitas pemain kami karena saat menghadapi tim putri lokal kami selalu menang besar, bahkan sampai ada yang berakhir dengan skor 23-0," tutur Satia.

"Kami sudah meminta ada uji coba pada April ini. Sebenarnya ada di dalam program kami untuk melakukan uji coba menghadapi negara lain pada April ini, kami meminta melawan Korea Utara. Menghadapi Australia pun tidak masalah, karena bagi saya harus kalah 0-8 pun tidak masalah. Yang penting kami tahu ada di mana level permainan tim kami, pemain tahu di mana kekuatan mereka sendiri," lanjut Satia.

Dhanielle Daphne dkk. saat ini menjalani pemusatan latihan di Nirwana Sawangan Park, Depok, untuk mempersiapkan diri menjalani dua event internasional di tengah tahun ini.

Timnas Wanita Indonesia setidaknya akan menjalani dua turnamen resmi pada tahun 2018 ini. Selain akan bermain di Piala AFF Wanita 2018, mereka juga akan tampil di Asian Games 2018 yang akan berlangsung pada Agustus.

Sumber: bola.com