FOLLOW US:


Indra Sjafri Akui Strategi Serangan Balik Timnas Indonesia U-22 Tak Berjalan Mulus

01-12-2019 22:17

 | Ari Prayoga

Indra Sjafri Akui Strategi Serangan Balik Timnas Indonesia U-22 Tak Berjalan Mulus
Para pemain Timnas Indonesia U-22 tampak kecewa usai dikalahkan Vietnam U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12). Indonesia kalah 1-2 dari Vietnam. © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Usai menang di dua laga pertama, Timnas Indonesia U-22 akhirnya merasakan kekalahan di SEA Games 2019 usai menyerah dari Vietnam dengan skor tipis 1-2 dalam laga yang digelar di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12/2019).

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, memberikan penjelasan mengenai hasil dan proses pertandingan tersebut.

"Kami memulai pertandingan dengan baik dengan game plan yang sesuai direncanakan. Adapun pada babak kedua kami sebenarnya memancing Vietnam karena mereka dalam keadaan tertinggal.

Indra sudah mengantisipasi Vietnam akan lebih menyerang pada babak kedua.

"Mereka pasti akan lebih ofensif. Kami berharap adanya serangan balik, akan tetapi selalu gagal. Beberapa kali kami sabar menunggu bola kami rebut dengan counter, akan tetapi tidak berhasil," kata Indra selepas pertandingan di Manila.

Indonesia sempat unggul lewat aksi Sani Rizki Fauzi pada menit ke-22. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum. Namun, pada babak kedua, Indonesia semakin tertekan.

Indonesia berhasil mempertahankan skor 1-0 hingga menit ke-63. Petaka datang pada menit ke-64, ketika Vietnam mendapat bola mati. Eksekusi sepak pojok Hung Dung mampu disambut Nguyen Thanh Chung menjadi gol dengan sundulan.

Vietnam terus menggempur pertahanan tim Garuda Muda. Mereka akhirnya mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-90+1 lewat tendangan Nguyen Hoang Duc dari luar kota penalti menghujam deras gawang Nadeo Argawinata.

Indra mengakui Vietnam pintar memanfaatkan celah untuk menjebol gawang Timnas Indonesia U-22, yakni dari bola mati dan tendangan dari luar kotak penalti. "Pada babak kedua sebenarnya Vietnam mengambil keunggulan dari pertahan kami. Yakni melalui gol situasi bola mati dan serangan balik," katanya.

1 dari 1

Enam Poin

Akibat kekalahan ini, Timnas Indonesia U-22 belum mulus untuk melangkah ke babak selanjutnya. Mereka harus melewati perjuangan keras.

Pada laga lain, Thailand mampu mengalahkan Singapura 3-0. Indonesia dan Thailand sama-sama meraih enam poin. Sementara, Vietnam kukuh di puncak klasemen dengan sembilan poin.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Zulfirdaus Harahap/Editor Wiwig Prayugi
Published: 1 Desember 2019