FOLLOW US:


Mohammad Kanu dan Mimpi Perkuat Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021

16-10-2020 03:45

 | Dimas Ardi Prasetya

Mohammad Kanu dan Mimpi Perkuat Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021
Mohammad Kanu © PSSI

Bola.net - Mohammad Kanu berasal dari keluarga sederhana, namun hal tersebut tak menghalanginya untuk bisa meraih mimpi besarnya yakni bermain di Piala Dunia U-20 2021.

Kanu saat ini tercatat sebagai penggawa Timnas Indonesia U-19. Ia sekarang berada di bawah gemblengan pelatih ternama asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Ayah Kanu berprofesi sebagai nelayan. Sementara itu ibunya merupakan ibu rumah tangga biasa. Namun keduanya mendukung penuh karier Kanu sebagai pesepak bola.

Kanu telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan di Timnas Indonesia U-19 sejak ditangani Shin Tae-yong. Dia selalu mengikuti pemusatan latihan tim berjulukan Garuda Muda ini baik di Bekasi dan Thailand pada Januari 2020, di Jakarta pada Juli-Agustus 2020, dan di Kroasia pada Agustus 2020 hingga saat ini.

"Alhamdulillah pada awal 2020 saya mendapatkan panggilan untuk pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Cikarang, Kabupaten Bekasi," kata Kanu dinukil dari laman PSSI.

"Sejak saat itu, saya bersyukur selalu dipanggil pelatih Shin Tae-yong saat pemusatan latihan di Thailand, Jakarta, dan saat ini di Kroasia," jelas pemain yang mengidolakan Evan Dimas dan Casemiro tersebut.

1 dari 2

Mimpi Besar Kanu

Kanu terpaksa melewati sejumlah pertandingan uji coba Timnas Indonesia U-19 di Kroasia karena cedera. Ketika kondisinya mulai pulih, pemain kelahiran Bangka Belitung itu pelan-pelan mampu menembus tim utama.

Pada empat partai latih tanding terakhir Timnas Indonesia U-19, Kanu hanya sekali absen. Bahkan untuk pertama kalinya, ia dipasang sebagai starter ketika melawan Makedonia Utara U-19 pada 14 Oktober 2020.

"Saat itu, saya hanya fokus untuk bagaimana caranya sembuh dan kembali berlatih bersama Tmnas Indonesia U-19," imbuh Kanu.

"Alhamdulillah, saya sudah bisa berlatih normal dan bermain dalam tiga laga uji coba melawan Dinamo Zagreb U-19, NK Dugopolje U-19, dan Makedonia Utara U-19," terang anak dari pasangan Mohammad Helmi dan Sugiyanti ini.

2 dari 2

Rekam Jejak Kanu

Kanu lahir di Jakarta pada 27 April 2001. Sekolah Sepak Bola (SSB) UMS, Jakarta, menjadi tempat pertamanya menimba ilmu di sepak bola.

Dari SSB UMS, Kanu pindah ke SSB Mutiara Cempaka Arcici dan ASIO Apacinti. Pada 2016, ia dipanggil Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumatera Barat.

Setahun berselang, Kanu bergabung dengan Persija Jakarta U-19 sebelum hijrah ke Borneo FC U-19 pada 2018. Dua musim belakangan, ia memperkuat Muba Babel United.

"Saya bertekad dan punya mimpi untuk menembus Timnas Indonesia U-19. Saya ingin bermain di Piala AFC U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021," tutur Kanu.

"Kami harus selalu semangat, kerja keras, disiplin, dan fokus. Pelatih Shin Tae-yong sangat luar biasa dalam memberikan materi latihan. Beliau juga sangat disiplin," kata Kanu.

Sumber Asli: PSSI
Disadur dari: Bola.com/Penulis Muhammad Adiyaksa/Editor Hendry Wibowo
Published 15 Oktober 2020