Piala AFF 2020: Pratama Arhan Tumbang, Siapa yang Cocok Jadi Bek Kiri Timnas Indonesia?

Serafin Unus Pasi | 10 Desember 2021 20:10
Piala AFF 2020: Pratama Arhan Tumbang, Siapa yang Cocok Jadi Bek Kiri Timnas Indonesia?
Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan (kanan) berduel dengan penyerang Timnas Kamboja, Sieng Chanthea (Kiri), Kamis (9/12/2021) (c) Dok.PSSI

Bola.net - Bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan cedera. Penggawa PSIS Semarang ini tidak bisa bermain penuh saat skuad Garuda bersua Kamboja pada babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020.

Dalam laga yang berlangsung di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021) malam WIB, Pratama Arhan hanya bermain 41 menit sejak diturunkan Shin Tae-yong sebagai starter. Ia digantikan oleh Edo Febriansyah.

Cederanya Pratama Arhan membuat Shin Tae-yong harus memutar otak. Sebab dari pengamatan Bola.net, permainan Edo tampak kurang meyakinkan, meski tidak buruk-buruk amat.

Pada laga berikutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Laos. Pertandingan dijadwalkan berlangsung Minggu (12/12), di Bishan Stadium.

Lantas, siapa saja bek yang pas untuk menggantikan Pratama Arhan? Apakah tetap Edo, atau ada pemain pengganti lainnya yang bisa mengisi pos bek kiri? Berikut ulasannya.

1 dari 3 halaman

Edo Febriansyah

Edo Febriansyah

BRI Liga 1: Selebrasi Edo Febriansyah (kiri) usai mencetak gol untuk Persita Tangerang (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Satu-satunya pilihan yang tersedia dalam waktu cepat adalah Edo. Sebab, posisi bermainnya sama dengan Pratama Arhan.

Namun, performanya kurang meyakinkan sejak masuk di pengujung babak pertama melawan Kamboja. Bisa jadi bukan karena teknis yang jelek, tapi laga kemarin merupakan debutnya di Timnas Indonesia senior dalam ajang resmi. Jika diberi kesempatan lagi, mungkin Edo akan lebih tenang dalam mengisi peran sebagai bek kiri.

2 dari 3 halaman

Alfreandra Dewangga

Alfreandra Dewangga

Rachmat Irianto usai mencetak gol ke gawang Kamboja pada laga matchday kedua Piala AFF 2020 (c) AFF Suzuki Cup

Posisi aslinya adalah bek tengah. Penggawa PSIS Semarang ini menjadi starter dalam pertandingan Timnas Indonesia melawan Kamboja.

Selain menjadi bek tengah, Alfreandra juga bisa digeser sebagai bek kiri. Jika mendesak, pilihan menggeser pemain berusia 20 tahun ini lebih realistis.

Untuk pos bek tengah yang ditinggalkan Alfreandra, bisa diisi pemain lain karena stoknya masih banyak. Ada Fachrudin Aryanto, Rizky Ridho, Victor Igbonefo, Ryuji Utomo, hingga Elkan Baggott.

3 dari 3 halaman

Rizki Dwi Febrianto

Rizki Dwi Febrianto

David Laly (kiri) berebut bola dengan Rizky Dwi Febrianto di laga pekan 10 BRI Liga 1 2021/2022 antara Madura United vs Arema FC di Stadion Sultan Agung, Bantul, Senin (01/11/2021). (c) Bola.com/Bagas

Pemain ini juga sudah didaftarkan PSSI ke Piala AFF 2020. Namun masalahnya, ia baru mendarat di Singapura sehari sebelum duel kontra Laos, karena harus memperkuat Arema FC dulu pada pekan ke-16 BRI Liga 1 2021/2022 kontra Borneo FC, Jumat (10/12).

"Rizky Dwi rencananya tiba di Singapura pada 11 Desember 2021," ujar asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, kepada Bola.net, Jumat (10/12).

Alhasil, terlalu riskan menurunkan Rizki Dwi untuk menggantikan Pratama Arhan. Namun jika memang harus dipaksakan, hal itu tetap bisa coba dilakukan Shin Tae-yong agar mendapatkan alternatif terbaik.

(Bola.net/Fitri Apriani)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR