FOLLOW US:


Prediksi Indonesia vs Uni Emirat Arab 11 Juni 2021

11-06-2021 09:29

 | Gia Yuda Pradana

Prediksi Indonesia vs Uni Emirat Arab 11 Juni 2021
Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia vs Uni Emirat Arab © Bola.com/Dody Iryawan

Bola.net - Timnas Indonesia akan menghadapi Uni Emirat Arab pada laga terakhir mereka di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia putaran kedua Grup G, Jumat (11/6/2021). Pertandingan pemungkas ini akan digelar di Stadion Zabeel.

Laga ini takkan mudah. Namun, Tim Garuda bertekad menuntaskan kompetisi dengan kebanggaan.

Timnas Indonesia memang sudah tak punya kepentingan apapun di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pasukan Shin Tae-yong sudah tersingkir setelah menghuni dasar klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan raihan satu poin hasil tujuh kali bermain.

Situasi ini seharusnya bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia untuk bermain lepas tanpa beban. Para pemain bisa mengeluarkan segenap kemampuan yang dimiliki.

Meski sudah tidak punya kepentingan, Shin Tae-yong memastikan anak asuhnya tetap akan bermain dengan semangat tinggi. Pelatih asal Korea Selatan itu menilai laga ini akan menjadi panggung pembuktian para pemainnya untuk menyelamatkan nama bangsa dan negara.

"Kondisi tim baik dan pada latihan evaluasi dilakukan, kami akan memperbaiki semuanya. Saya harap pemain bisa tetap bekerja keras mengerahkan semuanya di atas lapangan demi negaranya. Saya rasa pemain juga tidak ingin kalah lagi," tegas Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong diyakini masih mengandalkan skema 4-3-3 seperti dalam dua laga sebelumnya di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Kushedya Hari Yudo diyakini masih mendapatkan kepercayaan sebagai ujung tombak yang pergerakannya bakal dibantu Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman di sektor sayap.

Pertandingan ini menjadi misi yang teramat berat buat Timnas Indonesia. Dalam lima pertandingan melawan UEA, Timnas Indonesia hanya menang sekali dan imbang sekali, sedangkan tiga laga sisanya berakhir kekalahan.

1 dari 2

Sangat Krusial

Sangat Krusial
Penampilan Timnas Indonesia saat melawan Vietnam pada matchday ketujuh Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, Senin (7/6/2021) malam WIB. © dok.PSSI

Tekanan berat justru berada di pundak para pemain Timnas Uni Emirat Arab saat menghadapi Timnas Indonesia. UEA yang saat ini berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 mengoleksi 12 poin atau selisih dua angka dengan Vietnam.

UEA wajib meraih kemenangan atas Timnas Indonesia. Hal itu sebagai modal untuk melakoni duel pamungkas dengan Vietnam dalam perebutan status juara Grup G.

Pelatih Bert van Marwijk sadar akan tekanan tersebut. Wajar bila pelatih asal Belanda tersebut tak ingin UEA terpeleset dan menganggap duel melawan Timnas Indonesia sangat krusial dalam menentukan perjalanan timnya di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

"Bagi saya, pertandingan yang paling penting adalah melawan Timnas Indonesia. Tidak ada yang lain. Kami melihat pertandingan melawan Timnas Indonesia seperti yang lainnya, sangat penting. Kami harus melakukan segalanya untuk memenangi pertandingan itu," tegas Bert van Marwijk.

UEA asuhan Bert van Marwijk terlihat sudah menemukan komposisi yang padu. Dalam dua laga terakhir, terlihat hanya ada satu pergantian dalam starter UEA, yakni di posisi sayap kiri yang dihuni Khalil Ibrahim Al Hammadi dan Caio Canedo secara bergantian.

Adapun 10 pemain lainnya sudah pakem dan diprediksi tetao akan diandalkan dalam laga melawan Timnas Indonesia. Mengandalkan skema 4-2-3-1, UEA masih akan mengandalkan Ali Mabkhout sebagai ujung tombak.

Pergerakan Ali Mabkhout bakal disokong Khalil Ibrahim Al Hammadi atau Caio Canedo di sayap kiri dan Fabio Lima di sektor sayap kanan. Sementara itu, Khaflan Mubarak menjadi motor serangan di lini tengah.

2 dari 2

Prediksi Susunan Pemain

Prediksi Susunan Pemain
Selebrasi Evan Dimas usai mencetak gol dalam duel Thailand vs Timnas Indonesia, Kualifikasi Piala Dunia 2022 © PSSI

Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata (kiper), Pratama Arhan, Arif Satria, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam (belakang), Kadek Agung, Syahrian Abimanyu, Evan Dimas (tengah), Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Kushedya Hari Yudo (depan).

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan).

Uni Emirat Arab (4-2-3-1): Ali Khaseif (kiper), Mahmoud Al Hammadi, Walid Abbas, Shahin Abdulrahman, Banda Mohamed (belakang), Abdalla Ramadan, Ali Salmeen, Caio Canedo, Khaflan Mubarak, Fabio Lima (tengah), Ali Mabkhout (depan).

Pelatih: Bert van Marwijk (Belanda).

Disadur dari: Bola.com/Zulfirdaus Harahap/Benediktus Gerendo Pradigdo

Published: 11 Juni 2021