FOLLOW US:


Preview: Vietnam vs Indonesia, Angkat Trofi!

21-09-2013 22:33

 | Indra Sjafri

Preview: Vietnam vs Indonesia, Angkat Trofi!
Timnas U-19 ketika mengalahkan Timor Leste di semifinal © Fajar Rahman
Bola.netBola.net - Skuad besutan Indra Sjafri kini punya kans untuk mengangkat trofi di depan publik sendiri. Namun, Timnas Indonesia U-19 harus mengalahkan Vietnam pada partai final Piala AFF U-19 2013, Minggu (22/9), di Gelora Delta Sidoarjo.

Indra bersama Evan Dimas dkk selama ini memang dikenal digdaya di kelompok umur, tapi prestasi mereka selalu didapatkan di luar negeri. Mereka belum pernah angkat trofi di Indonesia.

Indra mengakui kalau angkat trofi di depan publik sendiri pasti lebih indah dan berarti bagi skuatnya. Namun, ia tak mau terbebani dengan hal itu. Eskpektasi rakyat Indonesia yang sudah lama rindu juara pada Timnas U-19 juga dijadikannya sebagai dukungan, bukan beban.

"Harapan Indonesia harapan kami juga. Kami juga ingin membuktikan kalau doa dan dukungan untuk kami itu merupakan faktor utama kami selama ini," tegas Indra Sjafri.

Kekalahan dari Vietnam di babak penyisihan lalu juga dijadikan pelajaran bagi Indra. Ia kembali menggunakan dua gelandang bertahan Muhammad Hargianto dan Zulfiandi di tengah besok untuk meredam Vietnam. Sebuah hal yang tidak digunakan saat kalah 1-2 lalu. "Kami juga terus mempelajari laga terakhir mereka," kata pelatih asal Padang ini.

Dari kubu Vietnam, meski mengaku tak gentar dengan Indonesia, pelatih Grachen Guillame kini juga tengah dilanda kegalauan akan mental anak asuhnya. "Terus terang saya tidak takut dengan Indonesia. Yang membuat saya khawatir kali ini adalah kemenangan atas Indonesia lalu membuat anak-anak over confidence," ujarnya.

Pelatih asal Prancis ini kemudian merendah. Menurutnya, harapan trofi pertama bagi tim yang sudah ia bina sejak enam tahun terakhir ini juga bakal menjadi beban.

Ia juga menerangkan kalau akan kembali memasang top skor sementara even ini dengan enam golnya, Nguyen Van Toan. "Kami akan melakukan strategi yang sama seperti pertandingan-pertandingan sebelumnya. Tidak ada strategi khusus untuk final," tegasnya saat ditanya tentang persiapan melawan Indonesia.

Perkiraan susunan Pemain:

Indonesia: Ravi Murdianto (GK); M Fatchu Rahman, M Sahrul Kurniawan, Hansamu Yama, Putu Gede Juni Antara; Zulfiandi, Hargianto; Evan Dimas (C); Dinan Yahdian, Ilham Udin, Mukhlis Hadi

Vietnam: Le Van Truong (GK); Le Van Song, Tran Huu Dong Trieu, Hoang Van Khanh, Nguyen Phong Hong Duy; Nguyen Tuan Anh, Pham Duc Huy, Vu Van Tanh, Long Xuan Troang (C); Nguyen Chong Phuong, Nguyen Van Toan.