Profil Tim dan Daftar Pemain Timnas Kamboja di Piala AFF 2022

Asad Arifin | 23 Desember 2022 13:15
Profil Tim dan Daftar Pemain Timnas Kamboja di Piala AFF 2022
Timnas Kamboja di Piala AFF 2020 (c) Dok. AFF

Bola.net - Timnas Kamboja akan berjumpa Indonesia pada matchday kedua Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat 23 Desember 2022. Laga antara Indonesia vs Kamboja akan dimainkan mulai pukul 16.30 petang WIB.

Timnas Kamboja akan menjadi salah satu kontestan di Piala AFF 2022. Sudah empat kali tampil beruntun di kejuaraan ini, tim asuhan Ryu Hirose itu diprediksi hanya kembali menjadi penggembira saja.

Di Piala AFF 2022, Kamboja masuk Grup A. Di grup tersebut, ada juara bertahan Thailand, Indonesia, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Di atas kertas, hanya Brunei Darussalam yang bisa diatasi Kamboja. Sementara untuk menghadapi Thailand, Indonesia, dan Filipina, mereka butuh usaha ekstra.

Namun dalam sepak bola, apa saja dapat terjadi. Kamboja bisa saja membuat kejutan saat bertemu tiga tim unggulan di Grup A.

Di Piala AFF 2022, Kamboja kembali membawa pemain-pemain yang sudah tampil sejak edisi sebelumnya, seperti Keok Soksela, Soeuy Visal, Cheng Meng, Thierry Chanta Bin, Sos Suhana, dan Sa Ty. Selain mereka, ada juga pemain naturalisasi kelahiran Amerika Serikat, Nick Taylor.

Kombinasi itu akan coba diramu oleh Ryu Hirose yang membawa perubahan cukup signifikan ke dalam tim. Mampukah juru taktik asal Jepang itu membawa Kamboja untuk pertama kalinya lolos ke semifinal setelah sebelumnya selalu tersingkir di fase grup? Menarik untuk ditunggu.

1 dari 4 halaman

Pemain Bintang: Soeuy Visal

Pemain Bintang: Soeuy Visal

Pemain timnas Kamboja, Soeuy Visal (c) Soeuy Visal Official IG

Kamboja bukan Thailand atau Timnas Indonesia yang disesaki deretan pemain bintang. Namun, mereka punya satu nama yang layak dikedepankan, yaitu Soeuy Visal.

Soeuy Visal merupakan kapten Timnas Kamboja. Ia juga jadi pemain dengan caps terbanyak nomor dua, dengan 66 penampilan. Catatan itu hanya kalah dari Sos Suhana yang tampil sebanyak 68 kali.

Soeuy Visal lahir di Phnom Penh, Kamboja, pada 19 Agustus 1995. Ia mengawali karier sepak bola profesionalnya di Asia Europe University pada 2013 sebelum hengkang ke Svay Rieng di musim berikutnya.

Sejak 2014, Soeuy Visal setia bersama Syav Rieng. Ia juga sudah jadi andalan Timnas Kamboja sejak dari kelompok umur.

Meski secara nama besar masih kalah dari Egy Maulana Vikri, Pratama Arhan, Theerathon Bunmathan, Kritsada Kaman sampai Amani Aguinaldo, namun sosok Soeuy Visal tentu sangat berpengaruh untuk Kamboja. Ia adalah pemimpin sekaligus tembok tangguh pertahanan tim berjuluk Kouprey Kampuchea itu.

2 dari 4 halaman

Profil Pelatih: Ryu Hirose

Profil Pelatih: Ryu Hirose

Tim pelatih Kamboja, Keisuke Honda (kanan), dan Ryu Hirose (tiga dari kanan) (c) Dok. AFF

Ryu Hirose ditunjuk sebagai pelatih Timnas Kamboja pada Maret 2021. Sejak saat itu, Kouprey Kampuchea berusaha untuk jadi kekuatan yang diperhitungkan di Asia Tenggara.

Karier Ryu Hirose sebagai pelatih diawali dari dua tim universitas, yaitu Teikyo University dan Seoul Digital University. Setelah itu, ia dipercaya menjadi pelatih klub asal Thailand, Samut Prakan City.

Dari Thailand, Ryu Hirose hengkang ke China untuk melatih tim muda Guangzhou City. Ia juga sempat pulang ke Jepang untuk meramu Soltilo Tokyo sebelum dipercaya jadi pelatih Kamboja U-23 dan kemudian Timnas Kamboja Senior pada 2021.

Di bawah asuhan Ryu Hirose, Kamboja jadi tim yang cukup berbeda. Soeuv Visal dan kawan-kawan kerap menunjukkan semangat yang sangat luar biasa ketika di atas lapangan. Permainan mereka pun perlahan membaik.

Secara statistik, Ryu Hirose jadi pelatih dengan persentase kemenangan tertinggi di Timnas Kamboja sejak April 2015. Catatan kemenangannya yang mencapai 31 persen berhasil mengungguli Kazunori Ohara (25%), Leonardo Vitorino (14%), Prak Sovannara (25%) dan Felix Dalmas (19%).

Oleh karena itu, menarik untuk dinantikan bagaimana kiprah Ryu Hirose bersama Timnas Kamboja di Piala AFF 2022. Mampukah dia bersama timnya memutus dominasi Thailand dan Timnas Indonesia di fase grup.

3 dari 4 halaman

Skuad Kamboja di Piala AFF 2022

Skuad Kamboja di Piala AFF 2022

Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan (kanan) berduel dengan penyerang Timnas Kamboja, Sieng Chanthea (Kiri), Kamis (9/12/2021) (c) Dok.PSSI

• Kiper: Keo Soksela, Hul Kimhuy, Vireak Dara

• Belakang: Soeuy Visal, Cheng Meng, Sareth Krya, Ouk Sovann, Tes Sambath, Choun Chanchav, Seut Baraing, Boris Kok, Taing Bunchhai

• Tengah: Sos Suhana, Thierry Chanta Bin, Om Chanpolin, In Sodavid, Yeu Muslim

• Depan: Keo Sokpheng, Sieng Chanthea, Reung Buntheing, Lim Pisoth, Mat Noron, Sa Ty, Nick Taylor

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Kamboja di Piala AFF 2022

Jadwal Timnas Kamboja di Piala AFF 2022

Pemain Timnas Kamboja, Yue Safy, berduel dengan Witan Sulaeman pada matchday kedua Grup B Piala AFF 2020 (c) AFF Suzuki Cup

Matchday 1

  • Kamboja vs Filipina
    Selasa, 20 Desember 2022
    Kick Off: Pkl 17.00 WIB

Matchday 2

  • Indonesia vs Kamboja
    Jumat, 23 Desember 2022
    Kick Off: Pkl 19.30 WIB

Matchday 3
<Kamboja libur>

Matchday 4

  • Kamboja vs Brunei Darusalam
    Kamis, 29 Desember 2022
    Kick Off: Pkl 17.00 WIB

Matchday 5

  • Thailand vs Kamboja
    Selasa, 2 Januari 2023
    Kick Off: Pkl 19.30 WIB

(Bola.net/Fitri Apriani)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR