FOLLOW US:


Saran Indra Sjafri untuk Pemain Asia yang Ingin Berkarir di Eropa: Cari Klub yang Realistis!

19-06-2020 22:07

 | Serafin Unus Pasi

Saran Indra Sjafri untuk Pemain Asia yang Ingin Berkarir di Eropa: Cari Klub yang Realistis!
Gaya Indra Sjafri saat memberikan instruksi pada sesi latihan Timnas Indonesia © Bola.com/Yoppy Renato

Bola.net - Belakang terus bertambah pemain Indonesia yang berkiprah di kompetisi Eropa. Setelah Egy Maulana Vikri, disusul Witan Sulaiman.

Hal itu ditanggapi oleh Direktur Teknik (Dirtek) PSSI, Indra Sjafri. Ia mengatakan, beredarnya pemain Indonesia di kompetisi luar negeri, dalam hal ini Eropa, merupakan indikasi positif hasil pembinaan pemain.

"Sebenarnya mau kompetisi di manapun ya sama saja. Tapi harus jujur kompetisi di negera Eropa itu kualitasnya lebih baik," ujar Indra, dalam perbincangan di channel YouTube Hanif & Rendy Show.

Menurut Indra, keunggulan kompetisi negara Eropa adalah fasilitas, manajemen klub, dan kesinambungan kompetisinya. Beberapa negara Asia juga sudah mendekati standar Eropa.

"Jadi kalau memang enggak bisa main di Eropa, jangan khawatir. Bisa main di level Asia. Lama kelamaan kompetisi kita juga makin bagus," kata Indra.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1

Selektif Memilih Klub

Di sisi lain, Indra memberi saran kepada pemain muda Asia, termasuk Indonesia harus bisa selektif dalam memilih klub. Dalam arti ada peluang untuk mendapatkan menit bermain yang banyak.

"Jam bermain itu sangat menentukan, sangat penting. Jadi pemilihan klub harus hati-hati. Jangan misalnya pemain dari Asia mau main di Barcelona. Sampai kiamat pun enggak akan main-main," tuturnya.

Oleh sebab itu, pemain Asia harus bisa memilih klub. Minimal yang dapat memberi main 30-40 menit, tapi dari situ terus berproses.

"Masyarakat juga jangan banyak berharap pemain Indonesia begitu masuk tim Eropa langsung jadi pemain inti," imbuh Indra.

(Bola.net/Fitri Apriani)