FOLLOW US:


Timnas U-14 Dijadwalkan Jalani Dua Ujicoba

14-05-2012 10:25
Timnas U-14 Dijadwalkan Jalani Dua Ujicoba
Pelatih Maman Suryaman memberi instruksi pada para pemain Timnas u-14 © Bola-Esa

Bola.net - Selain berlatih, jeda waktu yang cukup panjang dalam training centre (TC) akan dimaksimalkan Timnas Indonesia U-14 untuk menjalani laga uji coba.

Hal tersebut bertujuan agar Garuda Cilik dapat memetik hasil maksimal di ajang AFC Cup U-14 Festival di Kinabalu, Malaysia, 30 Mei–4 Juni 2012.

Manajer Timnas U-14, Taufik Jusral mengaku sudah merencanakan untuk menggelar dua kali uji coba, yakni lawan Asosiasi Sepak Bola Indonesia (ASSBI) Selection, Rabu (16/5) dan UNI Bandung, Sabtu (19/5).

“Dua laga uji coba tersebut akan gelar di lapangan C, Senayan, Jakarta. Lapangan di sini kondisi cukup bagus dan memungkinkan para pemain memainkan operan-operan yang baik. Uji coba juga bertujuan untuk membenahi beberapa sektor yang dianggap lemah sekaligus menilai perkembangan latihan para pemain,” terangnya kepada Bola.net.
 
Dengan begitu, Jusral berharap, timnya mampu tampil optimal dan mewujudkan target juara yang didapuk PSSI.

Timnas U-14 yang kini dipoles pelatih Maman Suryaman, berkekuatan 30 dari 50 yang terjaring saat seleksi tahap awal di Kampung Ciangsana, Cibubur, Jakarta Timur, 23-26 Maret 2012.

"Dari 30 pemain yang kini ada, hanya akan diambil 22 dan diberangkatkan menjadi wakil Indonesia di ajang AFC Cup U-14 di Kinabalu," tandasnya.

Sedangkan sisanya, sebanyak delapan pemain, menurut Jusral tidak dicoret. Melainkan, kembali diseleksi dengan 20 pemain lainnya yang sudah dikantongi tim pelatih. Mereka akan kembali dikerucutkan menjadi 18 pemain dan diterjunkan dalam ajang festival sepak bola U-14 di J-Green Sakai, Osaka, Jepang, 17-24 Juni 2012. Terkait pengumuman skuad Timnas U-14 ke Kinabalu, Malaysia, Jusral mengaku baru dilakukan pada 27 Mei mendatang.

"Sebab, ke-30 pemain yang dipersiapkan untuk ke Malaysia, sudah didaftarkan ke AFC. Sehingga, pemain yang tidak terpilih tinggal diikutkan seleksi ke Timnas yang diproyeksikan ke Jepang," tuturnya.

Timnas U-14 untuk Jepang, disusun usai PSSI menerima undangan yang ditanda tangani Tashima Kohzo, Wakil Sekretaris Jenderal Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) pada 20 April.

Timnas U-14 diharapkan berpartisipasi dalam program yang digagas JFA dan Menteri Luar Negeri Jepang, bertajuk Japan-East ASEAN Football Exchange. Indonesia akan ambil bagian bersama Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia dan Singapura.

"JFA meminta setiap tim mengirimkan 18 pemain dan empat ofisial. Selain pertandingan, juga ada kepelatihan wasit," tuntas Jusral. (esa/end)