FOLLOW US:


Ada Masalah Negara, Pemain Arsenal Ini Mungkin Absen di Final Liga Europa

11-05-2019 09:43

 | Henrikh Mkhitaryan

Ada Masalah Negara, Pemain Arsenal Ini Mungkin Absen di Final Liga Europa
Henrikh Mkhitaryan © AFP

Bola.net - Arsenal kemungkinan tidak bisa tampil dengan kekuatan penuhnya di babak final Liga Europa kontra Chelsea pada akhir bulan nanti. Sebab salah satu pemainnya, Henrikh Mkhitaryan, terancam absen lantaran masalah negara.

Klub berjuluk The Gunners itu dipastikan menjadi salah satu kontestan di babak final usai menyingkirkan wakil Spanyol, Valencia. Dalam duel dua leg, skuat asuhan Unai Emery tersebut berhasil menang dengan agregat 7-3.

Di leg kedua, Mkhitaryan baru tampil di babak kedua menggantikan Mesut Ozil. Ia langsung menyumbang kontribusi penting dengan sebuah assist untuk gol ketiga Pierre-Emerick Aubameyang, yang membuat The Gunners menang dengan skor 4-2.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3

Disebabkan Konflik Antar Negara

Jelas pada babak final, Arsenal akan membutuhkan pemain berumur 30 tahun tersebut. Apalagi hingga sekarang, Mesut Ozil tak kunjung mengembalikan performa terbaiknya yang telah meredup sejak akhir musim lalu.

Tapi sayangnya, mereka mungkin tidak akan bisa menurunkan mantan penggawa Manchester United itu. Sebab ada permasalahan yang melibatkan negaranya, Armenia, dengan tempat penyelenggaraan final Liga Europa, Azerbaijan.

Seperti yang diketahui, final Liga Europa akan diselenggarakan di Baku Olympic Stadium. Tempat itu sendiri terletak tak jauh dari wilayah Nagorno-Karabakh yang menghancurkan hubungan diplomasi antara Armenia dan Azerbaijan.

Nagorno-Karabakh merupakan lokasi terjadinya konflik etnik yang melibatkan warga Armenia dan Azerbaijan pada akhir 1980-an silam. Peperangan itu sendiri baru berakhir pada tahun 1994.

2 dari 3

Jarang Tampil di Azerbaijan

Meski konflik telah berakhir, namun situasi yang terjadi antara dua negara tersebut masih panas. Hal itu kemudian berimbas pada kemungkinan Mkhitaryan tampil dalam laga final Liga Europa pada akhir bulan Mei nanti.

Selama beberapa tahun terakhir, Mkhitaryan tidak pernah turut serta saat timnya tampil di Azerbaijan, terutama di wilayah Baku. Ia bahkan tak turut serta saat Arsenal melawat ke markas wakil Azerbaijan, Qarabag FK, di fase grup Liga Europa musim ini.

Itu bukan kali pertama Mkhitaryan absen dalam laga yang digelar di Azerbaijan. Diketahui bahwa dirinya juga pernah absen saat klub lamanya, Borussia Dortmund, harus bertandang ke negara tersebut.

3 dari 3

Belum Dapat Jaminan Keamanan

Federasi sepak bola tertinggi di Eropa, UEFA, menyatakan bahwa mereka akan memastikan keamanan serta izin visa agar Mkhitaryan bisa tampil dengan tenang di sana. Namun kata perwakilan Arsenal, hingga sekarang mereka belum mendapatkan jaminan itu.

"Kami mengharapkan jaminan dari UEFA bahwa Henrikh Mkhitaryan bisa mengunjungi Baku dengan aman untuk final Liga Europa, yang Arsenal dan Micki minta agar bisa masuk dalam skuat. Penerimaan jaminan itu masih belum diterima," kata perwakilan Arsenal dikutip dari Independent.