FOLLOW US:


Voli Indonesia Sabet Emas SEA Games 2019, PBVSI Bangga

11-12-2019 14:55

 | Anindhya Danartikanya

Voli Indonesia Sabet Emas SEA Games 2019, PBVSI Bangga
Timnas voli putra Indonesia rebut medali emas SEA Games 2019. © Instagram/Doni Haryono

Bola.net - Kontingen Indonesia sukses menyabet medali emas cabang olahraga voli indoor SEA Games 2019. Pada laga final di Philsports Arena, Selasa (10/12/2019), Merah Putih mengalahkan tuan rumah Filipina 25-21, 27-25, 25-17.

Prestasi di SEA Games 2019 Filipina mengakhiri paceklik Indonesia di cabang voli indoor putra. Terakhir, Indonesia merebut medali emas pada SEA Games 2009 di Laos.

"Ini merupakan kerja keras dari para atlet, pelatih, dan manajer," kata Ketua Umum Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Imam Sudjarwo kepada Liputan 6.

1 dari 2

Penantian Lama

Dengan prestasi ini, voli menyumbang dua medali emas, yaitu dari voli pantai dan indoor. Selain itu, ada satu medali perak dari voli pantai dan satu perunggu voli indoor.

"Khusus voli indoor, kami sudah menunggu selama 10 tahun untuk mendapatkan medali emas. Sebelumnya kita selalu di posisi kedua, yakni perak," tambah Imam, yang menonton langsung laga final.

Ia juga mengapresiasi emas yang diraih voli pantai. "Kalau Voli pantai, Indonesia sangat ditakuti di Asia Tenggara. Sejak 2005, voli pantai putra selalu mendapatkan medali emas pada gelaran SEA Games," ucap Imam.

2 dari 2

Prestasi Terbaik

Meski meraih dua medali emas, Imam mengatakan perjuangan para atlet voli tidak mudah. "Di SEA Games kali ini, semua lawan kemampuannya hampir merata baik voli pantai maupun voli indoor," ujarnya.

Karena itu, dia sangat bangga dan berterima kasih kepada para atlet atas semangat yang luar biasa. Begitu juga kepada pelatih dan manajer. "Sehingga bisa meraih prestasi yang terbaik," ujar Imam.

"Terima kasih juga kami sampaikan kepada masyarakat Indonesia atas doanya. Medali ini kami persembahkan kepada masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia," tutup Imam.

Disadur dari: Liputan 6/Penulis: Bogi Triyadi/Editor: Edu Krisnadefa/Dipublikasi: 11 Desember 2019