Inggris

09-06-2010 19:52

Bola.net -



Inilah antitesis terhadap anggapan bahwa liga yang baik akan menghasilkan timnas yang bagus pula. Inggris menghadapi lagi kemungkinan vonis overrated alias dinilai terlalu tinggi dengan tambahan luka di dalam tubuhnya.



Piala Dunia 1996 merupakan keberhasilan pertama dan terakhir Inggris di turnamen besar. Prestasi lanjutan tak kunjung tiba, pun saat menggelar Euro tiga dekade kemudian. Semifinal Euro 1996 menjadi torehan tertinggi kedua setelah meringkat ketiga Euro 1968 di ajang kontinental tersebut.



Negeri yang menyatakan diri sebagai asal sepak bola ini memupuk asa lagi untuk Euro 2012. Selepas jeblok di Piala Dunia 2012, tak sedikit yang meramal Inggris akan membaik.



Saat kualifikasi, Inggris tak terkalahkan. Tapi, tiga hasil imbang dari delalan laga bisa dianggap sebagai sebuah tanda lagi kesulitan mereka mendapatkan kesempurnaan.



Ketika mencoba menggapai harapan masih dengan tangan dingin Fabio Capello, Inggris diliputi masalah besar. Walaupun berhasil meloloskan Inggris ke Euro setelah kegagalan empat tahun lalu, sorotan tajam terkait keputusannya mempertahankan John Terry, yang bermasalah dengan citra bauk di luar lapangan, sebagai kapten, membuat Don Fabio hengkang.



Poblematika seperti ini diramal hanya akan membuat Inggris semakin gamang. Jika sosok tangguh saja tak bisa membuat pemain-pemain bergaji mahal ini menyatu, bayangkan nasib Inggris tanpa meberadaan induk jebat. Inggris bukan Italia yang justru berprestasi tinggi terlecut masalah domestik.



Melewati tuan rumah Ukrina, Swedia, dan bahkan Prancis di Grup D mungkin mudah bagi Tiga Singa. Hanya, Inggris sulit berharap kesuksesan lebih lanjut di babak berikutnya.



Ironi penggelar liga yang menyebut diri sebagai terbaik di dunia rasanya akan berlanjut lagi. Tanpa masalah saja Inggris sudah sering mengecewakan.

Nama Royu Hodgson menjadi satu-satunya kandidat manajer baru Inggris menggantikan Fabio Capello yang sebelumnya sudah mengundurkan diri. Pelatih 64 tahun asal Inggris sudah sejak minggu lalu didekati FA untuk ditawari melatih skuad The Three Lions di gelaran Euro mendatang.

(bola/bola)

Update Terbaru