IPL Review: Soler Balaskan Dendam Persebaya

16-06-2012 19:25

 | Fernando Soler

IPL Review: Soler Balaskan Dendam Persebaya
Soler jadi pahlawan bagi Persebaya © Bola-Fajar

Bola.net - Dendam Persebaya Surabaya atas Persiba Bantul terbalas, gol tunggal Fernando Soler di injury time membuat Bajul Ijo memetik tiga angka di Yogyakarta, Sabtu (16/6).

Bertanding di Stadion Sultan Agung, Persebaya yang ingin membalas kekalahan di putaran pertama lalu tampil menyerang sejak menit awal. Meski tanpa diperkuat Andik Vermansyah, mereka berusaha mendobrak ketatnya pertahanan tim tuan rumah.

Hanya saja penyelesaian akhir mereka masih belum sempurna. Seperti yang terjadi di menit ke-11. Karena kurang tenang, Fernando Soler yang mendapatkan peluang gagal memanfaatkannya. Tendangannya masih melambung di atas mistar.

Tim tuan rumah perlahan bergantian mendominasi jalannya laga. Enam menit berselang dari peluang Soler tadi mereka mendapatkan kesempatan.

Berawal dari usaha Busari yang menyerobot bola dari pemain Persebaya, Slamet Nur Cahyo mendapatkan umpan matang dan tinggal berdiri bebas dengan kiper Endra Prasetya. Namun kiper Timnas itu masih bisa menyelamatkan gawangnya dengan menepis bola tendangan rekannya di timnas tersebut.

Endra kembali melakukan penyelamatan gemilang di menit ke-27. Lagi-lagi tendangan Slamet yang berawal dari umpan Busari mampu ia mentahkan.

Selepas itu, kedua tim tampil sama-sama menyerang. Namun skor kacamata menutup jalannya babak pertama karena dua peluang melalui set piece dari masing-masing tim sama-sama tak berbuah hasil. Tendangan Soler di menit ke-44 dan eksekusi Eduardo Bizzaro belum bisa mengarah ke gawang.

Di awal babak kedua, Persiba memasukkan gelandang Kim Yong Han dan menarik bek, M Taufik. Persiba terlihat ingin bermain lebih menyerang. Dan, cukup efektif mereka setidaknya mendominasi jalannya 10 menit awal babak ini.

Di menit ke-56, pemain Persebaya melakukan protes keras kepada wasit karena menganggap Wahyu Wiji Astanto handsball di kotak terlarang. Akan tetapi, wasit M Syafei dari Bandung tak menunjuk titik putih. Protes tim tamu tak dihiraukan dan laga pun dilanjutkan kembali.

Usai aksi protes mereka tersebut tak ditanggapi wasit, Persebaya malah berbalik menyerang. Memasuki menit 60-an tercatat ada tiga peluang yang mereka dapatkan melalui Mat Halil, Soler dan Fery Ariawan. Namun, hasilnya tetap nihil dan tak mengubah papan skor.

Tak mau terus tertekan, M.Basri kembali melakukan rotasi. Kali ini ia memasukkan Johan Manaji untuk menggantikan Slamet Nur Cahyo di menit ke-72.

Sedangkan Persebaya terpaksa kehilangan Erol Iba karena cedera. Pelatih Divaldo Alves yang ingin memburu gol kemudian memasukkan penyerang, Rian Wahyu. Mat Halil pun terpaksa turun mengisi posisi Erol.

Laga tampaknya bakal berkesudahan tanpa gol meski injury time 4 menit diberikan. Tapi sebuah crossing dari Taufiq sukses ditanduk Fernando Soler di menit akhir dari injury time itu. Persebaya pun menang dramatis 1-0 dan pulang memetik tiga angka.

Kemenangan ini membuat Persebaya menduduki peringkat lima klasemen sementara Indonesia Premier League (IPL). Sementara Persiba harus turun ke posisi tujuh.

Susunan Pemain:
Persiba Bantul :
Andi Setiawan, Wahyu Wiji Astanto, Eduardo Bizzaro, M Taufik (Kim Yong Han, 46'), Anwarudin, Nopendi, Arwin, Slamet Nurcahyo (Johan Manaji, 72'), Busari, Ugiek Sugiyanto, Riyanto (Xyz Roeroe, 84')

Persebaya :
Endra Prasetya, Yusuf Hamzah, Otavio Dutra, Rivelino Ardiles, Erol Iba (Rian Wahyu, 72'), Jusmadi, Taufiq, Mario Karlovic (Walter Brizuela, 82'), Feri Ariawan, Fernando Soler, Mat Halil (fjr/end)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Bola Indonesia

- - -