FOLLOW US:


Musim Lionel Messi: Gagal Treble, Ditutup dengan Kartu Merah

08-07-2019 08:30

 | Richard Andreas

Musim Lionel Messi: Gagal Treble, Ditutup dengan Kartu Merah
Copa America 2019: Reaksi Lionel Messi ketika dihukum kartu merah langsung. © AP Photo

Bola.net - Musim 2018/19 Lionel Messi berakhir sebagai bencana usai terusir dari laga Argentina vs Chile di perebutan tempat ketiga Copa America 2019, Minggu (7/7) dini hari kemarin. Messi dihukum kartu merah usai bertikai dengan Gary Medel di menit ke-37.

Mengutip Marca, kartu merah tersebut merupakan kartu merah pertama yang diterima Messi dalam 14 tahun terakhir. Terakhir kali dia mendapatkan kartu merah juga saat membela Argentina, pada laga melawan Hongaria 2005 silam.

Hukuman kartu merah itu juga menandai dua bulan mimpi buruk Messi, yang dimulai dari kekalahan pahit Barcelona dari Liverpool di Anfield. Sejak saat itu, nasib Messi berubah, dari buruk menjadi lebih buruk.

Barcelona takluk 0-4 di Anfield. Tak berdaya, skuad Barca tampak ketakutan menghadapi gempuran pemain-pemain Liverpool. Messi tidak bisa membuat keajaiban, kekalahan itu menyakitkan.

Hingga beberapa pekan setelahnya, Messi mengakui mimpi buruk di Anfield itu masih terus menghantuinya. Dia tahu kegagalan itu merupakan tamparan keras bagi skuad Barca yang sempat memetik kemenangan 3-0 di leg pertama.

Messi dkk. belum lagi pulih dari mimpi buruk itu ketika menghadapi Valencia di final Copa del Rey. Barca sudah gagal di Liga Champions, gagal meraih treble, sebab itu setidaknya mereka harus menutup musim dengan dua trofi.

Alih-alih, Barcelona justru takluk 1-2 dari Valencia. Messi kembali tertunduk, mimpi buruk terus berlanjut. Harapan Barca meraih treble terkikis jadi hanya satu trofi dalam beberapa pekan saja.

Tidak berhenti di situ, mimpi buruk Messi berlanjut ke Copa America 2019. Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 1

Messi dan Argentina

Messi tidak pernah dianggap legenda oleh publik Argentina, sebab itu kompetisi ini sangat penting bagi dia secara pribadi. Messi wajib mempersembahkan trofi untuk mencuri hati rakyat Argentina.

Sayangnya, Messi tidak bisa melakukan segalanya seorang diri. Skuad Argentina masih baru, mereka bahkan harus berjuang keras untuk lolos dari fase grup. Di semifinal, Argentina dipulangkan Brasil dengan skor 0-2.

Messi geram dengan ofisial pertandingan dan VAR. Dia merasa Argentina diperlakukan tidak adil, bahkan menuding turnamen ini disiapkan untuk Brasil jadi juara. Messi menuding Copa America korup.

Bermain di laga perebutan tempat ketiga, Argentina vs Chile, Messi mendapatkan hadiah terburuk untuk menutup musim. Dia dihukum kartu merah usai terlibat insiden dengan Medel, insiden yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Secara keseluruhan, Messi sudah memainkan 58 pertandingan musim ini. Dia membungkus 39 kemenangan, 12 hasil imbang, dan 7 kekalahan. Messi mencetak 53 gol dan 20 assists. Hanya satu trofi.