FOLLOW US:


Younghusband Cetak 50 Gol, Timnas Filipina Cetak Sejarah di Piala Asia 2019

29-03-2018 11:21
Younghusband Cetak 50 Gol, Timnas Filipina Cetak Sejarah di Piala Asia 2019
Philip Younghusband © AFC

Bola.net - Pemain Timnas Filipina, Philip Younghusband mencetak gol ke-50 ketika timnya menghadapi Takijistan di laga terakhir babak penyisihan Grup H kualifikasi Piala Asia 2019 di stadion Rizal Memorial pada hari Selasa (27/3) kemarin. Bersamaan dengan raihan sang kapten tersebut, Timnas Filipina juga mencatatkan sejarah baru yaitu untuk pertama kalinya lolos ke Piala Asia.

Younghusband menjadi pencetak gol penentu dalam kemenangan 2-1 atas Takijistan. Hasil tersebut membuat Filipina di puncak klasemen semakin kukuh. Pasalnya, Timnas Filipina hanya butuh imbang untuk menyegel tiket ke Piala Asia 2019.

Selain itu, gol tersebut juga punya arti penting buat Philip. Itu adalah gol ke-50 yang dicetaknya selama memperkuat The Azkals di laga internasional.

Tak heran, seusai pertandingan, Philip merasa emosional. "Pertandingan yang sangat emosional," ujarnya seperti dikutip dari situs resmi AFC, Rabu (28/3/2018).

"Kami bermain sangat berhati-hati karena lawan butuh menang. Ketika mereka mencetak gol lebih dulu, saya pikir itu jadi pendorong kami untuk memainkan permainan terbaik kami karena kami tahu kami harus menyerang, perlu mencetak gol," ujarnya.

Pemain 30 tahun itu menambahkan selalu sulit buat pemain, datang ke pertandingan yang tak perlu dimenangi karena Filipina hanya butuh hasil imbang pada laga menjamu Takijistan.

Buat saudara James Younghusband itu, apa yang diperlihatkan pada pertandingan melawan Tajikistan, sebagai spirit dari masyarakat Filipina, semangat berjuang. "Ketika kami tertekan, kami dapat bangkit kembali. Itu yang kami perlihatkan hari ini," kata Philip.

"Buat saya, perasaan akan tampil di Piala Asia, itu yang paling penting. Seperti saya bilang, saya tak peduli apakah gol ke-50 ini tercipta pada laga ini atau 10 pertandingan lagi, itu tak ada dalam pikiran saya. Buat saya, ini tentang bagaimana mendapatkan kemenangan," imbuh pemain Davao Aguilas itu.

Timnas Filipina merebut satu dari 24 tiket bermain di Piala Asia 2019 dengan menduduki puncak klasemen Grup F pada putaran ketiga kualifikasi. Skuat asuhan pelatih Thomas Dooley ini mengemas poin 12, hasil dari tiga kemenangan dan tiga hasil imbang.

Sementara itu, Timnas Indonesia dipastikan tak akan terlibat dalam Piala Asia 2019. Ketika sampai di babak kualifikasi yang dimulai sejak 2015, Indonesia sudah tidak ikut karena saat itu tim Garuda masih terikat hukuman dari FIFA.

Sumber: Bola.com