FOLLOW US:


Peringatan Klopp Pada Flamengo: Mereka Belum Pernah Hadapi Tim Seperti Liverpool

20-12-2019 22:57

 | Dimas Ardi Prasetya

Peringatan Klopp Pada Flamengo: Mereka Belum Pernah Hadapi Tim Seperti Liverpool
Liverpool vs Flamengo pada final Piala Dunia Antarklub 2019 di Khalifa International Stadium, Minggu (22/12/2019) malam WIB © Bola.net

Bola.net - Jurgen Klopp mengakui bahwa ia memang belum pernah menghadapi tim asal Brasil, namun ia juga memperingatkan Flamengo bahwa mereka belum pernah menghadapi tim seperti Liverpool.

Liverpool jarang-jarang bisa ikut berlaga di Piala Dunia Antarklub. Tahun ini adalah kedua kalinya mereka bisa bermain di turnamen tersebut sejak tahun 2005 silam.

Liverpool kini berhasil melangkah ke final. Di partai puncak di Dohat, Qatar, Sadio Mane dkk bakal berhadapan melawan juara Copa Libertadores, Flamengo.

Bagi Klopp, ini adalah pertemuan perdananya dengan klub asal Brasil dalam 18 tahun karirnya sebagai pelatih. Selain itu, ini adalah juga pertama kalinya ia bersua dengan Jorge Jesus, arsitek Flamengo.

1 dari 2

Pujian untuk Jorge Jesus

Flamengo sempat nyaris terdepak keluar dari babak penyisihan grup Copa Libertadores. Karena hal itu, pelatih mereka Abel Braga akhirnya berpisah dengan klub tersebut.

Sebagai gantinya, Flamengo menunjuk Jorge Jesus. Pelatih asal Portugal ini kemudian memboyong sejumlah pemain Amerika Latin yang pernah bermain di Eropa seperti Rafinha, Filipe Luis dan Gerson.

Jorge Jesus pun sukses membawa Flamengo menjadi juara Copa Libertadores setelah di final mengalahkan River Plate. Ia juga kemudian membawa timnya meraih gelar juara Liga Brasil. Flamengo pun jadi klub Brasil kedua yang bisa juara Campeonato Brasileiro dan Copa Libertadores sekaligus.

Dalam perjalanannya jadi juara Campeonato Brasileiro, Flamengo mencetak banyak rekor. Mulai dari poin terbanyak, kemenangan terbanyak, gol terbanyak, selisih gol terbesar hingga rangkaian tak terkalahkan terlama (24 laga).

"Jorge Jesus mengubah nasib dan banyak hal lainnya sejak ia berada di sana, membawa pemain baru, terutama di pertahanan. Itu adalah susunan pemain yang sangat mapan," puji Klopp seperti dilansir situs resmi Liverpool.

"Ini adalah tim di mana semua orang tahu apa yang harus mereka lakukan. Mereka memiliki cara bermain yang berbeda, mereka bermain membangun serangan dari belakang, mereka bisa bermain lebih direct, mereka memiliki kecepatan di depan, mereka memiliki kreativitas di lini tengah, mereka kurang ajar pada sayap, mereka dapat bermain umpan silang, mereka bisa menusuk ke di dalam, semua itu. Seperti seharusnya sebuah tim sepak bola, seperti tim sepak bola yang sukses," serunya.

2 dari 2

Peringatan Jurgen Klopp

Klopp tahu benar bahwa Flamengo mungkin merasa punya keunggulan karena dirinya tak punya pengalaman bermain melawan tim asal Brasil. Namun ia juga memperingatkan sang lawan bahwa mereka juga belum pernah mencicipi tim hasil racikannya.

"Mereka hampir tidak terbiasa kalah di pertandingan sepak bola lagi karena mereka tidak merasakan banyak kekalahan sejak Jorge Jesus gabung tim," ujar Klopp.

"Itulah yang kami ketahui tentang tim, tapi kami juga tahu satu hal - Anda bilang saya tidak pernah bermain melawan tim Brasil , itu benar, tetapi Flamengo tidak pernah bermain melawan tim seperti Liverpool juga. Kita akan melihat siapa yang bisa lebih memanfaatkan hal ini besok malam," serunya.

Liverpool masuk ke final setelah sebelumnya mengalahkan Monterrey 2-1. Sementar itu Flamengo mengalahkan Al Hilal 3-1 di semifinal. Laga puncak akan dihelat pada Sabtu atau Minggu (22/12/2019) dini hari WIB.

(liverpoolfc.com)