FOLLOW US:


Daftar Klub Eropa yang Doyan Rekrut Pemain Muda, Real Madrid Nomor Tiga

20-12-2019 20:18

 | Dimas Ardi Prasetya

Daftar Klub Eropa yang Doyan Rekrut Pemain Muda, Real Madrid Nomor Tiga
Real Madrid. © AP Photo

Bola.net - CIES merilis hasil studi terkait kebijakan klub-klub yang ada di lima liga teratas Eropa dalam merekrut para pemain muda dan Real Madrid masuk dalam posisi tiga besar.

CIES, sebuah lembaga Observatorium Sepak Bola yang berbasis di Swiss, melakukan studi tersebut di lima liga teratas di Eropa. Liga tersebut adalah Serie A, La Liga, Premier League, Ligue 1 dan Bundesliga.

Studi itu tidak terfokus pada jumlah uang yang diinvestasikan untuk para pemain muda itu. Namun studi ini difokuskan pada usia rata-rata pemain yang mereka datangkan.

Penelitian ini dimulai pada tahun 2010. CIES fokus melakukan studi itu pada 42 klub di lima liga Eropa yang mempertahankan statusnya sebagai penghuni kompetisi kasta tertinggi selama periode tersebut.

Studi ini lantas mengungkapkan bahwa tim-tim Bundesliga merupakan tim yang paling proaktif dalam hal merekrut pemain muda. Real Madrid sendiri jadi klub yang terdepan dalam merekrut pemain muda di pentas La Liga.

Sementara itu klub-klub dari Serie A punya kebijakan yang berbeda. Mereka lebih memilih untuk merekrut pemain yang lebih dewasa.

Selengkapnya

1 dari 5

Bayer Leverkusen Paling Atas

Bayer Leverkusen Paling Atas
Son Heung-Min sukses membantu timnas Korea Selatan U-23 meraih mendali emas Asian Games 2018. © AP

Di antara puluhan klub di lima liga teratas di Eropa, Bayer Leverkusen jadi klub yang paling doyan merekrut daun muda. Rata-rata usia pemain yang mereka rekrut adalah 23.28 tahun.

Pemain-pemain seperti Bernd Leno (19), Karim Bellarabi (21), Domagoj Vida (21), Arkadiusz Milik (19), Son Heung-Min (20), Emre Can (19), Julian Brandt (17), Hakan Calhanoglu (20) dan Leon Bailey (19) semuanya masuk ke Bay Arena pada usia muda. Pada pekan ini, mereka menambah tren itu dengan mengakuisisi Exequiel Palacios dari River Plate.

Meski perekrutannya berada di luar kerangka waktu studi CIES, akuisisi pemain Argentina ini melambangkan kebijakan Leverkusen dengan pemain berusia di bawah 21 tahun.

2 dari 5

Borussia Dortmund

Borussia Dortmund
Robert Lewandowski © AFP

Klub Bundesliga lainnya, Borussia Dortmund, jadi klub kedua yang paling doyan mengoleksi pemain muda. Hal ini terlihat jelas di era Jurgen Klopp, yang saat ini jadi manajer Liverpool.

Mereka pernah mendatangkan para pemain seperti Ousmane Dembele (19), Alexander Isak (17), Julian Weigl (19), Ilkay Gundogan (20), Mats Hummels (20), Shinji Kagawa (21), Robert Lewandowski (21). Rekrutan terbaru mereka antara lain adalah Achraf Hakimi (19) dan Jadon Sancho (17).

Rata-rata usia pemain yang mereka rekrut adalah 23.51 tahun.

3 dari 5

Real Madrid

Real Madrid
Pemain Real Madrid, Takefusa Kubo ketika berlatih bersama Timnas Jepang © AP Photo

Raksasa La Liga, Real Madrid, jadi klub ketiga yang gemar mengoleksi pemain muda. Rata-rata usia pemain yang mereka rekrut adalah 23.54 tahun.

Para pemain yang pernah mereka rekrut antara lain Mesut Ozil (21), Sergio Canales (19), Raphael Varane (18), Casemiro (21), Dani Carvajal (21), Isco (21), Lucas Silva (21), Matteo Kovacic (21), Jesus Vallejo (18), Marco Asensio (19), hingga Theo Hernandez (19). Yang terbaru, ada Vinicius Junior (18), Brahim Diaz (19), Andriy Lunin (19), Martin Odegaard (16), Luka Jovic (21), Eder Militao (21), Rodrygo (18), dan Takefusa Kubo (18).

Sebagian pemain itu sudah ada yang pindah ke klub lain. Ada yang secara permanen maupun dengan status pinjaman. Ada juga yang masih bertahan di Santiago Bernabeu.

4 dari 5

Di Mana Klub Premier League dan Serie A?

Di Mana Klub Premier League dan Serie A?
Harvey Elliott (kanan) melihat selebrasi bek asal Belanda, Ki-Jana Hoever. © AP Photo

Setelah Real Madrid, posisi keempat hingga kesembilan didominasi oleh klub dari Bundesliga dan klub Ligue 1. Mulai dari Hoffenheim hingga Nice.

Sementara itu, klub Premier League yang paling doyan merekrut pemain muda adalah Liverpool. Mereka ada di urutan 10, dengan rataan usia 24,61.

Manchester United ada di peringkat 11. Rata-rata usia pemain muda yang mereka rekrut adalah 24,64.

Bagaimana dengan klub dari Serie A? Klub yang paling gemar mengoleksi pemain muda justru adalah Udinese.

Rata-rata usia pemain yang mereka boyong adalah 25,03 tahun. Udinese sendiri ada di peringkat 19.

5 dari 5

Daftar Lengkap 42 Klub

Berikut daftar lengkap ranking 42 klub yang paling doyan merekrut pemain muda menurut studi dari CIES.

 (c) cies
(c) cies

 (c) cies
(c) cies

 (c) cies
(c) cies

Jadi, klub kesayangan kalian ada di ranking berapa Bolaneters?

(cies/as)