Preview: Inggris vs Belanda, Ujian Pertama Pearce

Bola.net | 29 Februari 2012 14:36
Stuart Pearce, bakal jalani debut di timnas Inggris senior sebagai caretaker. (c) AFP
- Stuart Pearce akan menjalani "debut" sebagai pelatih caretaker timnas Inggris pasca mundurnya Fabio Capello. Hasil positif lawan Belanda bakal menguatkan posisi Pearce sebagai kandidat pelatih permanen The Three Lions di Piala Eropa 2012 mendatang.


Sejak Capello mundur, Inggris belum menunjuk pelatih tetap. Harry Redknapp menjadi salah satu kandidat kuat pengganti Capello, sementara Pearce yang berstatus sebagai pelatih Inggris U-21 dan pelatih "timnas" Olimpiade Britania Raya, ditunjuk sebagai pelatih sementara untuk pertandingan lawan Belanda.


Salah satu kejutan awal Pearce adalah dengan memanggil deretan pemain muda lawan Belanda. Namun Inggris masih tidak diperkuat Wayne Rooney, Tom Cleverley, dan Darren Bent absen karena cedera.


Pearce memanggil trio striker muda yang juga mantan pemain didikannya di timnas Inggris U-21, yakni Fraizer Campbell (Sunderland), Danny Welbeck (Manchester United), dan Daniel Sturridge (Chelsea).


Duo bek senior, Rio Ferdinand dan John Terry, tak dipanggil Pearce yang mempercaya deretan pilar muda seperti Chris Smalling, Phil Jones, dan Gary Cahill.


Pada laga ini Pearce juga akan menentukan kapten baru timnas Inggris, menggantikan John Terry. Beberapa kandidat kapten timnas Inggris di antaranya adalah Steven Gerrard, Scott Parker, James Milner, hingga Joe Hart.


Sementara itu tim tamu Belanda akan memperkenalkan kostum away baru berwarna hitam-hitam pada laga di Wembley kali ini. Dalam laga internasional sebelumnya Belanda kalah dari Jerman dan Swedia, serta imbang lawan Swiss.


Pelatih Belanda Bert van Marwijk berharap lini belakang timnya mengalami peningkatan saat lawan Inggris. Belanda sendiri akan diperkuat sejumlah pemain yang bermain di Premier League, diantaranya adalah duo kiper Tim Krul (Newcastle) dan Michel Vorm (Swansea) serta pemain non kiper Johnny Heitinga (Everton), Nigel de Jong (Manchester City) dan Rafael van der Vaart (Tottenham).


Dalam 18 pertandingan terakhir kedua tim, Inggris meraih lima kali kemenangan, sementara Belanda mencatat empat kali menang dan sisanya berakhir seri. Laga pada Kamis (29/2) dini hari WIB ini merupakan kunjungan pertama Belanda ke stadion New Wembley. (bola/zul)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR