FOLLOW US:


137 Atlet Diangkat Jadi PNS

18-01-2018 05:39
137 Atlet Diangkat Jadi PNS
© Fitri Apriani

Bola.net - Sebanyak 137 atlet berprestasi mulai tingkat Asia Tenggara hingga dunia diangkat menjadi PNS dengan formasi khusus. Peresmian ini disampaikan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Asman Abnur pada sesi upacara di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Dengan formasi khusus, para atlet diangkat menjadi PNS tanpa menjalani tes seperti penerimaan pada umumnya. Mereka diseleksi berdasarkan Tes Kompetensi Bidang (TKB) dan didasari pencapaian prestasi.

"Untuk formasi khusus ini, tidak seperti test PNS biasa, namun hanya menggunakan TKB, meski tetap ada proses yang berjalan seperi prajabatan dan sebagainya hingga penempatannya setelah prajabatan. Insyaallah penerapan ini akan terus konsisten sebagai suntikan motivasi kepada olahragawan berprestasi," ujar Asman.

Langkah ini disambut positif oleh Menpora, Imam Nahrawi. Menurutnya, langkah besar ini merupakan komitmen kuat pemerintah kepada dunia olahraga di Indonesia, khususnya olahragawan.

"Ini betul-betul menjadi kabar baik bagi seluruh insan olahraga, baik atlet dan pelatih. Pastinya ini menjadi sejarah dan semangat besar kebangkitan olahraga tanah air," kata Imam.

"Sesuai arahan MenPAN-RB, sejumlah atlet ini diangkat di Kemenpora dan aktif juga sebagai atlet dan pelatih tetapi pada saatnya mereka butuh pulang kampung misalnya. Maka di situ kami akan menempatkan mereka di Dinas Pemuda dan Olahraga setempat maupun klub-klub sebagai pelatih," sambungnya.

Beberapa atlet berprestasi yang diangkat menjadi PNS diantaranya Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (bulu tangkis), Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (bulu tangkis), I Gede Siman Sudartawa (renang), Eko Yuli Irawan (angkat berat), Eki Febri (atletik), Sri Wahyuni (angkat berat), dan sebagainya. Status pengangkatan PNS ini juga berlaku bagi para atlet penyandang difabel.