9 Pemain yang Tetap Berkarir di Kasta Tertinggi Liga Eropa saat Berusia 40 Tahun

Jeffrydien Winanda | 4 Oktober 2021 17:59
Striker AC Milan Zlatan Ibrahimovic saat menjebol gawang Crotone, Minggu (07/02/2021) malam WIB. (c) La Presse via AP Photo

Bola.net - Setelah mengalami periode terbaik pada usia emasnya, pemain sepak bola profesional yang sudah berada di penghujung karir akan cenderung memilih bermain untuk tim yang levelnya sedikit lebih ringan. Hal ini dilakukan untuk mengimbangi performa yang sudah mulai menurun lantaran faktor usia maupun riwayat cedera.

Namun, tak jarang beberapa pemain besar masih sanggup bermain di kasta tertinggi liga Eropa di umur 40 tahun. Siapa saja mereka?

1 dari 9 halaman

Zlatan Ibrahimovic

Bomber AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, merayakan golnya ke gawang Lazio dalam laga lanjutan Serie A, Minggu (12/9/2021). (c) AP Photo

Zlatan Ibrahimovic baru saja berulang tahun pada 3 Oktober kemarin. Di usianya yang sudah mencapai 40 tahun, Zlatan tetap menjadi tumpuan gol AC Milan sekaligus predator alami di depan gawang lawan.

Musim lalu saja Ibracadabra masih memainkan 27 pertandingan untuk I Rosseneri di semua ajang dengan catatan 17 gol dan 3 assist. Di musim 2021/2022 ini, Ibra telah mencetak sebuah gol dari 1 pertandingan yang ia mainkan. Uniknya, gol yang dicetak ke gawang Lazio tersebut dilakukan dalam kondisi tali sepatu yang belum terikat.

2 dari 9 halaman

Francesco Totti

Francesco Totti di laga terakhirnya untuk Roma pada 2017 (c) AS Roma

Sang Pangeran Roma juga menjadi salah satu pemain konsisten. Tak hanya konsisten membela klub yang dicintainya yaitu AS Roma, Totti juga mampu menjaga performa impresifnya selama 24 tahun berkarir.

Memulai karir profesionalnya pada 1993, Totti memutuskan pensiun pada 2017 di usia 40 tahun. Total dirinya memainkan 785 pertandingan dengan rincian 307 gol dan 186 assist sepanjang karirnya.

3 dari 9 halaman

Claudio Pizzaro

Claudio Pizarro (c) Bundesliga

Salah satu hal yang diingat dari penyerang asal Peru ini adalah rekornya yang bolak-balik ke Werder Bremen selama 5 kali. Werder Bremen pun menjadi klub terakhir Pizzaro yang memutuskan pensiun di akhir musim 2020 di usia 42 tahun.

Berusia 41 tahun ketika memainkan musim terakhirnya, penyerang yang pernah bermain untuk Chelsea ini masih bisa tampil menawan lewat 19 pertandingan yang dijalaninya. Sebuah catatan impresif bagi pemain berusia 41 tahun yang berkompetisi di level tertinggi Bundesliga.

4 dari 9 halaman

Ryan Giggs

Ryan Giggs (c) AFP

One Man Club favorit publik Old Trafford juga masih menjaga performa fisiknya untuk mengarungi kerasnya Liga Inggris. Giggs memainkan musim terakhirnya untuk Manchester United ketika dia sudah berusia 40 tahun.

Meskipun sempat menjadi player-manager setelah dipecatnya David Moyes, Giggs masih bermain sebanyak 22 pertandingan pada musim terakhirnya. Gaya permainan sepak bola Inggris yang cepat dan menguras fisik masih bisa diimbangi oleh Giggs yang sanggup menceploskan 3 umpan berbuah gol.

5 dari 9 halaman

Joaquin Sanchez

Dani Carvajal Dan Joaquin Saling Berebut Bola (c) AP Photo

Salah satu pemain favorit para gamer Winning Eleven di PlayStation 2 yaitu Joaquin Sanchez masih sanggup bermain di kasta kompetisi tertinggi di Liga Spanyol. Membela Real Betis di 5 musim terakhir, Joaquin menjadi kapten tim sekaligus panutan bagi para pemain muda.

Di musim ini saja Joaquin masih tampil reguler di La Liga dan Europa League. Menariknya, Joaquin masih bermain di posisi andalannya yaitu winger meskipun usianya telah mencapai 40. tahun.

6 dari 9 halaman

Paolo Maldini

Paolo Maldini (c) AFP

Sebelum Zlatan Ibrahimovic, legenda hidup AC Milan yaitu Paolo Maldini juga menjalani musim terakhirnya sebagai kapten tim di usia 40 tahun. Hebatnya lagi, di tengah hadirnya bek muda yang lebih memiliki fisik prima, Maldini tetap konsisten mengawal pertahanan AC Milan. Maldini bermain sebanyak 32 laga di musim terakhirnya.

7 dari 9 halaman

Diego Lopez

Diego Lopez (c) AFP

Pada bulan November nanti kiper gaek Diego Lopez akan berusia 40 tahun. Dalam usia yang sudah tak lagi muda, Diego Lopez masih dipercaya menjadi kiper utama tim promosi LaLiga musim ini yaitu Espanyol.

Pengalamannya dalam menjadi kiper AC Milan dan menjuarai Liga Champions bersama Real Madrid menjadi modal utama permainan konsisten dari Diego Lopez. Hingga pekan kedelapan LaLiga, posisi Diego Lopez masih tak tersentuh di bawah mistar gawang Espanyol.

8 dari 9 halaman

Sergio Pellissier

Sergio Pellissier (c) Getty

Kabar bangkrutnya klub Italia yaitu Chievo Verona tentunya menjadi luka, termasuk bagi sang legenda hidup yaitu Sergio Pellissier. Betapa tidak, Pellissier menghabiskan 19 musim terakhirnya bermain untuk Chievo Verona.

Pensiun pada 2019 lalu, penyerang bertinggi badan 175cm tersebut menjadi juru gedor utama klub hingga berusia 40 tahun. Musim terakhir Pellissier di Serie A bersama Chievo Verona dilewati dengan raihan 19 pertandingan serta torehan 4 gol dan 1 assist.

9 dari 9 halaman

Javier Zanetti

Javier Zanetti (c) AFP

Satu lagi legenda Serie A yang mampu mencatatkan performa impresif hingga usia 40 tahun. Javier Zanetti telah 19 tahun mengabdi untuk Inter Milan dan menjadi legenda Nerazzurri.

Zanetti mengakhiri karir secara berkelas setelah menyelesaikan 13 pertandingan di musim 2013/2014. Kini Zanetti menjalani peran penting di Inter Milan dengan menjabat sebagai vice-president.

Sembilan pemain di atas menunjukkan jika umur hanyalah angka. Tetap berdedikasi tinggi sebagai atlet dan disiplin dalam menjaga pola hidup sehat menjadi kunci kebugaran para legenda tersebut hingga berusia lebih dari 40 tahun.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR