FOLLOW US:


Cech Sebenarnya Jadi Seorang Kiper Karena 'Kecelakaan'

24-10-2014 14:56

 | Petr Cech

Cech Sebenarnya Jadi Seorang Kiper Karena 'Kecelakaan'
Petr Cech © AFP

Bola.net - Nama Petr Cech selama ini dikenal sebagai salah satu kiper paling konsisten di Eropa dalam satu dekade terakhir. Meski musim ini posisinya tergusur oleh Thibaut Courtois, namun tak ada yang menyangsikan kualitas Cech dalam menjadi tembok tebal di depan gawang Chelsea.

Bukti kehebatan Cech dibuktikan dengan tiga kali meraih penghargaan kiper terbaik Premier League dan juga memegang rekor sebagai kiper dengan catatan cleansheet terbanyak bagi The Blues.

Namun siapa sangka, ternyata jalan karir Cech sebagai seorang kiper ternyata terbantu sebuah 'kecelakaan' di atas lapangan. Akibat pernah mengalami patah kaki saat masih kecil, pria asal Republik Ceko ini memutuskan untuk tak lagi menjadi outfield player.

"Di awal karir, saya bermain sebagai gelandang tengah atau winger kiri. Ketika berusia delapan tahun, tim saya bertanding tanpa ada penjaga gawang yang datang. Karena saya terbiasa bermain sebagai kiper dalam olahraga hockey, akhirnya saya tertarik mencoba untuk bermain sebagai penjaga gawang," kenang Cech seperti dilansir situs resmi Chelsea.

"Sejak saat itu, saya bermain fleksibel sebagai kiper atau juga outfield player. Namun ketika usia saya menginjak sepuluh tahu, saya mengalami patah kaki. Setelah pulih, saya tak bisa lagi bermain sebagai outfield player secara penuh 90 menit tanpa rasa sakit di kaki. Hal itu memudahkan saya untuk benar-benar beralih menjadi seorang penjaga gawang."

Kisah ini meninggalkan pesan kepada kita semua, bahwa akan selalu ada hikmah di balik sebuah musibah. Seandainya tidak mengalami patah kaki, rasanya Cech tak akan menjadi sosok kiper tangguh seperti yang dikenal dunia saat ini.(cfc/mri)