FOLLOW US:


Lawan Rasialisme, Ayah Alves Berencana Buka Perkebunan Pisang

01-05-2014 14:41

 | Dani Alves

Lawan Rasialisme, Ayah Alves Berencana Buka Perkebunan Pisang
Dani Alves © AFP
Bola.netBola.net - Respon ikonik yang dilakukan oleh penggawa Barcelona, Dani Alves untuk menghadapi intimidasi rasial di sepakbola telah menginspirasi seluruh dunia untuk melakukan hal serupa. Saat bertanding di kandang Villarreal, pemain asal Brasil ini dengan jenaka memakan pisang yang dilemparkan oleh penonton tak bertanggung jawab ke arah lapangan.

Aksi memakan pisang tersebut lantas diikuti oleh banyak pesepakbola dan juga tokoh penting lainnya di dunia. Tindakan itu dinyatakan sebagai simbol anti rasialisme dan populer dengan tagar #somostodosmacacos dan #weareallmonkeys di dunia maya.

Ayah Dani, Domingos Alves bahkan berencana melakukan aksi lebih jauh lagi sebagai simbol perlawanan terhadap isu rasial. Domingos berencana membuka perkebunan pisang, terinspirasi dari tindakan gerakan makan pisang yang diawali oleh anaknya.

"Saat ini saya sedang berencana membuka perkebunan pisang. Rasialisme adalah sampah. Siapapun yang melempar pisang ke lapangan, saya yakin tak tahu apa dampak dari tindakannya dan hanya ingin pamer saja," tegas Domingos seperti dilansir Globoesporte.

Domingos Alves, ayah Dani

"Saya belum berbicara dengan Dani sejak laga tersebut. Saya harap ia tak perlu lagi memakan pisang yang dilempar ke lapangan. Sungguh tak bisa dipahami apa yang ingin diraih oleh orang yang memanggil dirinya monyet hitam. Hal tersebut hanya menghancurkan perasaan orang lain."

Senada dengan sang suami, Lucia yang merupakan ibu Dani juga mengaku bangga melihat sikap yang ditunjukkan oleh sang putra.

"Saya selalu mengatakan kepadanya sejak kecil untuk bisa menerima segala hal, termasuk kritikan. Saat ia terlihat memakan pisang, saya pikir ia tak melupakan apa yang pernah saya ajarkan," kata Lucia.

"Tindakan Dani merupakan tamparan keras bagi mereka yang intoleran."