Mantan Manajer Liverpool, Gerard Houllier, Meninggal Dunia

Dimas Ardi Prasetya | 14 Desember 2020 19:28
Gerard Houllier (c) AP Photo

Bola.net - Kabar duka datang dari dunia sepak bola setelah eks manajer Liverpool yakni Gerard Houllier menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Senin (14/12/2020).

Houllier berusia 73 tahun. Pria asal Prancis itu menjadi beken setelah menukangi Liverpool dari tahun 1998 hingga 2004 silam.

Houllier juga pernah menjadi arsitek klub Premier League lainnya, Aston Villa. Ia pun pernah dipercaya menangani Lyon, PSG, dan timnas Prancis.

Liverpool menjadi klub tersukses yang pernah ditanganinya. DI sana ia membantu The Reds meraih enam penghargaan.

1 dari 3 halaman

Konfirmasi dari Liverpool

Meninggalnya Gerard Houllier ini dikonfirmasikan oleh Liverpool. Mereka mengumumkan kabar duka tersebut melalui akun media sosialnya dan di situs resminya.

"Liverpool FC berduka atas meninggalnya mantan manajer Gerard Houllier, yang berusia 73 tahun."

"Orang Prancis itu bertanggung jawab atas The Reds selama enam musim, memimpin timnya meraih treble Piala Liga, Piala FA, dan Piala UEFA yang bersejarah dan tak terlupakan pada 2000-01 dan mengembalikan klub ke Liga Champions."

"Houllier - yang pulih dari operasi jantung yang menyelamatkan nyawa selama kampanye 2001-02 untuk kembali ke pinggir lapangan - kemudian membimbing Liverpool ke kemenangan Piala Liga kedua dari masa jabatannya pada tahun 2003 dan pergi pada tahun berikutnya setelah mengawasi 307 pertandingan dan berhasil mendirikan kembali klub sebagai kekuatan modern."

"Semua orang di klub sangat sedih dengan kehilangan Gerard dan pikiran kami tertuju pada keluarga dan teman-temannya." Demikian pernyataan resmi dari pihak Liverpool.

2 dari 3 halaman

Aston Villa Turut Berduka

Aston Villa juga menyatakan rasa belasungkawanya. Melalui akun Twitter resminya, The Villains turut bersedih.

"Semua di Aston Villa sangat sedih mengetahui meninggalnya Gerard Houllier, manajer kami selama musim 2010/11. Pikiran kami bersama orang-orang yang dicintai Gérard pada saat yang sangat sulit ini."

3 dari 3 halaman

Simpati dari Manchester United

Klub rival abadi Liverpool, yakni Manchester United, juga ikut berbelasungkawa. Mereka menyatakan ikut sedih atas meninggalnya Gerard Houllier.

"Semua orang di #MUFC bergabung dengan dunia sepak bola untuk mengungkapkan kesedihan kami atas kehilangan Gerard Houllier. Kami menyampaikan belasungkawa kami kepada orang yang dicintainya."

Ucapan belasungkawa juga datang dari Premier League.

"Premier League sedih mengetahui bahwa mantan manajer Liverpool dan Aston Villa Gérard Houllier, telah meninggal pada usia 73 tahun. Pikiran dan belasungkawa kami bersama keluarga Gérard dan teman-teman di masa sulit ini."

Belum ada keterangan resmi terkait apa penyebab kematian Gerard Houllier. Namun laporan dari L'Equipe menyebut pria yang membawa Liverpool meraih treble pada tahun 2001 silam itu sebelumnya sempat menjalani operasi jantung di Paris.

(Liverpoolfc/L'Equipe/Premier League)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR