FOLLOW US:


Paradoks Pesepakbola: Banyak Uang Tapi Susah Beli Rumah Mewah

11-06-2019 23:00
Paradoks Pesepakbola: Banyak Uang Tapi Susah Beli Rumah Mewah
Harry Kane MBE © AP

Bola.net - Penghasilan pesepakbola di zaman sekarang, terlebih mereka yang bermain di Premier League, tak bisa dibilang sedikit. Tapi ironinya, mereka justru kesulitan untuk mendapatkan rumah mewah yang sesuai dengan keinginan.

Pada bulan Mei, Alex Oxlade-Chamberlain pernah mengungkapkan kesulitannya untuk mendapatkan rumah secara permanen. Bersama pasangannya, Perrie Edwards, pemain Liverpool itu harus tinggal di hotel selama dua bulan sembari mencari rumah.

Kesulitan menemukan rumah ternyata tidak hanya dialami oleh pria yang kerap disapa Ox tersebut. Dari kisahnya, diketahui bahwa Gylfi Sigurdsson, gelandang Everton, juga mengalami permasalahan yang sama.

"Kami saling berebut rumah, mungkin saja melihat rumah yang sama lalu semuanya berubah menjadi seperti perlombaan," tutur Ox kepada Daily Telegraph.

"Saya mungkin melihat sebuah rumah dan membiarkannya selama satu hari, berikutnya saya mendapatkan kabar dan, oh tidak, Aaron Lennon sudah membayar uang mukanya," lanjutnya.

"Saya pergi dan melihat sebuah rumah, lalu diberitahu, 'Perlu anda ketahui, Riyad Mahrez juga telah melihatnya hari ini," tandasnya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Terkenal, Banyak Uang, Tak Punya Rumah

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, sempat mengalami masalah yang sama. Ia tidak bisa menempati rumahnya sendiri di Chesire karena sedang dikontrak oleh bek andalan Liverpool, Virgil van Dijk. Pada masa interim, ia harus menetap di Lowry Hotel.

Hotel tersebut diketahui pernah ditinggali oleh Jose Mourinho saat masih menukangi Manchester United. Pelatih asal Portugal tersebut menetap selama 895 hari dan menghabiskan total dana sebesar 779 ribu pounds.

Sejatinya, uang bukanlah masalah utama bagi mereka. Justru karena kondisi keuangan yang berlebih membuat mereka punya standar tinggi dan membuat pilihan semakin terbatas. Harry Kane adalah contoh lainnya.

Bintang Tottenham itu diketahui jatuh cinta dengan sebuah rumah di London, yang dilengkapi oleh sebuah bioskop pribadi, spa, kolam renang, dan sauna. Demi menyewanya, ia sampai rela mengeluarkan uang sebesar 15 ribu pounds per pekan.

2 dari 2

Brexit Jadi Penyebabnya

Direktur salah satu perusahaan properti di Inggris, Jonathan Handford, mendiskusikan permasalahan itu saat bertemu dengan The Sun. Dari perkataannya, kesulitan para pemain mendapatkan rumah ternyata ada hubungannya dengan isu Brexit.

"Orang-orang di luar sana, dengan dana besar, mengetahui bahwa pilihan mereka terbatas. Mungkin itu adalah hasil dari ketidakpastian Brexit, dan orang-orang sangat berhati-hati dalam menjual," tutur Handford.

"Sehingga orang-orang yang ingin membeli dan punya anggaran untuk itu saling bersaing. Anda bisa menemukan mereka sedang melihat properti yang sama, rumah yang sama," lanjutnya.

Situasi tersebut lantas menjadi lahan bagi perusahaan properti untuk mendapatkan keuntungan besar. Para pemain akan saling bersaing dan siap menggelontorkan dana besar demi memenangkan 'perang harga'.

"Itu adalah hukum alam dalam dunia ekonomi. Ada lebih dari satu pihak yang ingin membeli satu benda yang sama, salah satunya lebih menginginkannya dari yang lainnya, jadi merreka akan membayar berapapun untuk mengamankannya," tandasnya.