FOLLOW US:


Perbandingan Stadion Baru Barcelona vs Real Madrid

13-10-2016 07:59
Perbandingan Stadion Baru Barcelona vs Real Madrid
Camp Nou dan Santiago Bernabeu. © Bola
Bola.netBola.net - Dua rival abadi di sepakbola Spanyol, Barcelona dan Real Madrid akan segera melakukan renovasi stadion mereka masing-masing. Kedua klub merasa renovasi stadion adalah hal yang wajib dilakukan untuk membawa mereka maju.

Proyek renovasi kedua klub, secara kebetulan, bakal terjadi dalam waktu yang relatif bersamaan. Namun bisa dipastikan bahwa kedua proyek tidak saling berhubungan meski keduanya adalah rival.

Barca dan Madrid sama-sama sudah lama merencanakan renovasi ini. Namun mereka mendapatkan hambatan dari dewan kota. Hambatan yang dihadapi Madrid lebih besar sementara Barca sudah mendapat lampu hijau penuh untuk melakukan renovasi.

Berikut adalah perbandingan proyek renovasi Camp Nou milik Barcelona dan Santiago Bernabeu milik Real Madrid.

1 dari 7

Desainer Stadion

Desainer Stadion
Tentu Barca dan Madrid tidak akan memercayakan proyek besar mereka kepada sembarang firma arsitektur. Hanya desain terbaik dari firma bonafid yang bakal dipilih.

Barcelona. Norman Foster membuat rencana spektakuler untuk Camp Nou pada 2007 silam. Namun pada akhirnya, firma asal Jepang, Nikken Sekkei dan desainer catalan Joan Pascual I Ramon Arquitectes yang memenangkan kontrak.

Real Madrid. Proyek renovasi Santiago Bernabeu akan digarap oleh firma Jerman GMP Arckitekten dan firma desain Catalan L35 dan Ribas&Ribas. Menariknya, salah satu pemimpin Ribas&Ribas adalah anggota resmi klub Barca.
2 dari 7

Lokasi

Lokasi
Beberapa klub la Liga memilih membangun stadion mereka di lokasi baru (termasuk Atletico Madrid dan Valencia). Namun Barca dan Madrid memilih merenovasi stadion mereka meski biaya yang mereka keluarkan sama besarnya seperti ketika membangun stadion anyar.

Barcelona. Camp Nou tak akan pindah. Posisinya masih akan tetap di dekat Avenida Diagonal yang menjadi salah satu landmark kota Barcelona.

Real Madrid. Santiago Bernabeu juga tak akan pindah. Stadion ini akan tetap berlokasi di pusat kota, tempatnya paseo de la Castellana yang ikonik.
3 dari 7

Kapasitas Baru

Kapasitas Baru
salah satu aspek yang paling banyak dipertimbangkan dalam renovasi atau pembangunan stadion adalah kapasitas penonton. Kebetulan, baik Camp Nou maupun Santiago Bernabeu sama-sama sudah memiliki kapasitas yang sangat besar.

Barcelona. Kapasitas Camp Nou akan dinaikkan dari 98.772 menjadi 105.000 penonton. Barca akan menjadi klub yang memiliki stadion dengan kapasitas terbesar di Eropa.

Real Madrid. Santiago Bernabeu akan tetap memiliki kapasitas sebesar 81.000 penonton. Madrid akan memasang 3.000 kursi baru, tapi itu untuk menggantikan kursi lama.
4 dari 7

Biaya Renovasi

Biaya Renovasi
Melakukan renovasi stadion besar jelas butuh biaya yang banyak. Terlebih lagi, klub sekelas Barcelona atau Real madrid tentu hanya mau yang terbaik untuk markas mereka.

Barcelona. Barcelona akan menghabiskan 390 juta euro untuk merenovasi stadion. Namunsecara keseluruhan, Barca akan butuh 600 juta euro karena mereka juga akan membangun Espai Barca, tempat main tim basket mereka.

Real Madrid. Renovasi Santiago Bernabeu diperkirakan akan menghabiskan dana 400 juta euro. Salah satu aspek yang akan ditambahkan adalah atap stadion yang bisa membuka dan menutup sesuai kebutuhan.
5 dari 7

Sumber Dana

Sumber Dana
Pertanyaan yang muncul kemudian adalah: Dari mana Barca dan madrid akan mendapat uang untuk menjalankan proyek itu? Well, sebagian besar dari (calon) sponsor.

Barcelona. 200 juta euro berasal dari klub sendiri. 200 juta euro didapat dengan utang ke pihak lain. 200 juta euro sisanya diharapkan akan bisa tertutupi dengan sponsorship. Barcelona akan menjual nama stadion mereka. Kabarnya Barca sudah menyewa jasa firma asal Amerika untuk mencari pembeli nama itu.

Real Madrid. Indikasi bahwa Madrid akan memakai uang sendiri muncul dari sikap mereka yang belakangan sangat hemat di bursa transfer. Disinyalir mereka sedang berhemat demi mempersiapkan diri merenovasi Bernabeu.

Namun sebagian besar uang pembangunan itu masih akan datang dari sponsor. Madrid dikabarkan sudah mencapai kesepakatan dengan perusahaan investasi asal Abu Dhabi; IPIC yang merupakan pemilik perusahaan minyak Spanyol; CEPSA.

IPIC atau CEPSA akan menajdi favorit dalam persaingan memperebutkan hak nama Bernabeu. Bisa jadi nama stadion nanti akan menjadi Santiago Bernabeu IPIC atau Santiago Bernabeu CEPSA.

Madrid pada awalnya berusaha melakukan investasi lebih besar dengan sekalian membangun hotel dan pusat perbelanjaan. Namun niat ini untuk sementara harus dibatalkan karena mendapat penolakan dari Dewan Kota. Namun bisa jadi nantinya rencana ini disetujui.
6 dari 7

Fitur dan Inovasi

Fitur dan Inovasi
Seperti kebanyakan stadion modern lainnya, renovasi camp Nou dan Bernabeu juga akan membuat keduanya meiliki berbagai fitur khusus. Fitur-fitur itu yang akan menjadi ciri khas stadion nantinya.

Barcelona. Eksterior camp Nou akan memiliki bagian transparan yang menunjukkan struktur tiga lapis. Espai Barca yang ada di 'halaman' Camp Nou akan menjadi venue bola basket dengan kapasitas 12 ribu tempat duduk. Espai Barca ini dibangun di tempat yang saat ini ditempati oleh Mini Estadi, kandang tim B Barca.

Jika renovasi selesai, tim B Barca akan bermain di markas latihan yang ada di pinggiran luar kota. Camp Nou akan memiliki empat videotron. Meski tak akan memakai atap, namun Barca menjanjikan penonton akan tetap kering meski sedang hujan.

Real Madrid. Fitur utama renovasi Bernabeu kali ini adalah atap stadion. Untuk membuka atau menutup atap ini, dibutuhkan waktu sekitar 20 menit. Soal videotron, Madrid akan memasang scoreboard 360 derajat alias mengitari perimeter lapangan.

'Casing' baja stadion juga akan bisa menampilkan pemain-pemain Madrid lewat pencahayaan dari Chamartin. Madrid juga akan bisa memperluas museum mereka karena kantor klub akan dipindah ke kompleks latihan.
7 dari 7

Waktu Pengerjaan

Waktu Pengerjaan
Renovasi besar seperti yang dilakukan kedua klub ini bisa memberikan pengaruh besar terhadap penonton. Renovasi ini bakal memakan waktu beberapa tahun.

Barcelona. Proyek Barcelona akan dimulai akhir musim ini. Jika semua berjalan sesuai rencana, proyek besar Barca akan selesai pada 2021 mendatang.

Real Madrid. Madrid baru mendapatkan izin untuk memasang atap stadion. Jika proposal pengerjaan Madrid disetujui kota, maka pengerjaannya bisa dimulai pada Mei 2017 mendatang. Dan jika semua berjalan seperti yang diharapkan, renovasi Bernabeu akan selesai pada 2020 nanti.