FOLLOW US:


Selain Promo Tiket, Visa Schengen Bikin Trip ke Markas Klub Eropa Favorit Makin Mulus

23-09-2019 15:24
Selain Promo Tiket, Visa Schengen Bikin Trip ke Markas Klub Eropa Favorit Makin Mulus
© Shutterstock

Bola.net - Mengaku sebagai pecinta bola, mengunjungi klub sepakbola dan stadionnya di Eropa mungkin jadi salah satu impian yang sebentar lagi bisa diwujudkan. Namun, persiapanmu masih panjang. Selain memburu promo tiket, jangan sampai lupa mengurus visa Schengen. Termasuk dalam negara yang memerlukan visa Schengen untuk traveling ke negara-negara di Eropa, simak cara mengurusnya biar nggak salah langkah.

Keuntungan Memegang Visa Schengen

Visa kunjungan singkat ini digunakan untuk masa tinggal selama 90 hari, yang ditujukan buat mereka yang melakukan kunjungan wisata atau bisnis. Bisa disebut juga sebagai dokumen sakti, pemegang Visa Schengen bisa bebas berpindah dari satu negara anggota ke yang lainnya tanpa membuat visa baru. Sejauh ini ada 26 negara yang memberlakukan visa ini, mulai dari Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Portugal, hingga Spanyol.

Syarat yang Harus Dipenuhi

Agar nggak perlu bolak-balik dalam mengurus pembuatan Visa Schengen ini, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi. Mulai dari foto diri terbaru, paspor yang masih valid, rencana PP yang mencakup tanggal dan nomor penerbangan, polis asuransi perjalanan, bukti akomodasi, bukti rekening bank, dan bukti pembayaran visa. Jangan lupa juga untuk mengisi formulir pengajuan visa yang akan disertakan bersama dengan semua dokumen yang diminta.

Cara Pembuatan

Biasanya, Visa Schengen dibuat di kedutaan negara yang akan dikunjungi. Pengajuannya pun bisa dilakukan minimal 3 bulan sebelum perjalanan dan selambat-lambatnya 15 hari sebelum keberangkatan. Setelah membuat janji temu, bawa semua formulir dan syarat yang diperlukan.

Nantinya akan ada sesi wawancara yang akan menanyakan hal-hal pribadi dan seputar perjalanan secara detil. Memakan waktu 10-15 menit, pastikan jawabannya benar dan dijawab dengan nada tegas. Setelah selesai, tinggal mengurus pembayaran biasa Visa Schengen dan tunggu kabar selanjutnya.

Biaya Pembuatan

Biaya pembuatan visa khusus ini berbeda tergantung kategorinya. Seperti dewasa yang diwajibkan membayar 60 euro, sedangkan anak-anak yang berusia kurang dari 6 tahun membayar 35 euro. Nah, buat yang usianya di bawah 6 tahun atau melakukan penelitian ilmiah, bakal digratiskan. Tergantung kurs, kamu harus menyediakan dana pembuatan Visa Schengen sekitar Rp900 ribu saja.

Syarat Tambahan

Selain syarat-syarat yang sudah tercantum di atas, beberapa negara di Eropa memberlakukan syarat tambahan. Seperti Italia yang meminta surat keterangan vaksin bebas polio atau mengharuskanmu untuk memiliki minimal 39 dolar per hari selama berlibur di Belanda.

Cermati syarat-syarat pengajuan Visa Schengen karena jika ditolak, kamu terpaksa merelakan kehilangan biaya pembuatan visa, biaya asuransi, bahkan tiket pesawat secara cuma-cuma. Impianmu mengunjungi klub sepakbola favoritmu di Eropa tinggal selangkah lagi, siapkan dengan sebaik mungkin!