FOLLOW US:


SJW Ini Semprot Messi dan Ronaldo karena Diamkan Seksisme dan Rasisme di Sepak Bola

05-12-2019 00:55

 | Ari Prayoga

SJW Ini Semprot Messi dan Ronaldo karena Diamkan Seksisme dan Rasisme di Sepak Bola
Lionel Messi dan Megan Rapinoe © AP Photo

Bola.net - Bintang sepak bola wanita Amerika Serikat, Megan Rapinoe mendesak para bintang lapangan hijau seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo untuk lebih aktif memerangi ketidakadilan sosial.

Rapinoe baru saja meraih penghargaan pemain terbaik dunia Ballon d'Or wanita. Ia mengalahkan Ia mengalahkan bek kanan Lyon dan tim nasional Inggris, Lucy Bronze, serta rekan setimnya, Alex Morgan.

Rapinoe menjadi pemain kedua yang memenangi penghargaan Ballon d'Or wanita ini. Pada edisi pertama tahun lalu, penghargaan ini diraih oleh Ada Hegerberg.

1 dari 2

Ajakan Rapinoe

Rapinoe selama ini dikenal sebagai salah satu pesepakbola yang bersuara vokal mengenai ketidakadilan di lapangan hijau, termasuk soal seksisme dan rasisme.

Rapinoe yang bisa disebut sebagai Social Justice Warrior (SJW) ini merasa bahwa para bintang sepak bola saat ini kurang peduli terhadap isu-isu yang marak terjadi.

"Saya ingin berkata, 'Cristiano [Ronaldo], Leo [Messi], Zlatan [Ibrahimovic], tolong saya,'" ujar Rapinoe dalam wawancara dengan France Football.

"Para bintang besar ini tak terlibat dalam hal apa pun ketika ada banyak masalah di sepak bola pria," tambah wanita 34 tahun tersebut.

"Apakah mereka takut kehilangan semuanya? Mereka mempercayainya tapi itu tidak benar. Siapa yang akan mencoret nama Messi atau Ronaldo dari sepak bola dunia karena pernyataan melawan rasisme atau seksisme?" tukasnya.

2 dari 2

Berdampak Baik

Rapinoe menyebut keterlibatan seseorang dalam memerangi ketidakadilan memiliki dampak bagus, seperti yang terjadi pada dirinya hingga kini dianugerahi gelar Ballon d'Or.

"Ballon d'Or ini adalah hadiah dari keduanya. Di satu sisi saya seorang pesepakbola yang sangat bagus. Di sisi lain, aktivisme saya mengundang dukungan," tutur Rapinoe.

"Masyarakat paham bahwa saya bertindak untuk mencari solusi atas permasalahan dalam masyarakat kita. Idenya adalah untuk memberdayakan orang lain agar berbicara dengan keras," tandasnya.

Sumber: France Football