FOLLOW US:


Tersandung Kasus Pajak, Real Madrid Larang Foto Ronaldo Pakai Jersey Klub

15-06-2017 09:56

 | Cristiano Ronaldo

Tersandung Kasus Pajak, Real Madrid Larang Foto Ronaldo Pakai Jersey Klub
Cristiano Ronaldo © Ist

Bola.net - Cristiano Ronaldo terganjal kasus penggelapan pajak di Spanyol. Otoritas pajak setempat tengah melakukan investigasi karena mencurigai Ronaldo menggelapkan pajak senilai 14,7 juta euro.

Kasus Ronaldo ini semakin menambah panjang daftar pemain sepakbola yang bermasalah dengan pajak di Spanyol. Berkas kasus Ronaldo juga sudah diajukan ke pengadilan setempat dan akan segera menjalani persidangan.

Sebuah cerita menarik muncul dari balik kasus ini. Real Madrid secara resmi memberikan dukungan moral kepada Ronaldo. Madrid bukannya memberikan dukungan membabi buta, mereka 'cuma' menyatakan percaya penuh kepada sang bintang. Madrid yakin Ronaldo tidak melakukan pelanggaran seperti yang dituduhkan.

Hal ini tentu berbeda dengan sikap yang ditunjukkan Barcelona dalam memberikan dukungan kepada Lionel Messi dalam kasus yang sama. Barca meminta semua pendukungnya untuk 'menjadi' Lionel Messi di Twitter. Secara tersirat, Barca seolah mengatakan bahwa Messi adalah korban keputusan pengadilan. Hal ini dikritik habis oleh pendukung Barca sendiri karena Messi telah terbukti bersalah di pengadilan.

Kembali ke kasus Ronaldo, Madrid sepertinya tidak terlalu suka dikaitkan dengan kasus tersebut. Wajar saja, Madrid memang sama sekali tak ada hubungannya dengan uang penghasilan Ronaldo yang dipermasalahkan itu. Madrid pun ingin menjauh dari kasus itu dan menjaga nama bersih mereka di tengah banyaknya penggelapan pajak di Spanyol.

Menurut El Confidencial, Madrid sudah menghubungi semua media yang memberitakan kasus Ronaldo itu. Madrid meminta agar semua foto Ronaldo yang memakai jersey Madrid dalam pemberitaan itu diganti. Madrid tak ingin pemberitaan buruk soal Ronaldo itu memengaruhi citra klub yang bersih dari kasus pajak.

Untungnya, hal itu sedikit mudah terealisasi karena Ronaldo saat ini sedang bersiap untuk membela timnas Portugal yang akan menjalani Piala Konfederasi di Rusia. Hal ini mempermudah media pro Madrid untuk menyesuaikan gambar yang diminta klub dalam pemberitaan kasus pajak itu.