Antara Wenger dan Erik Ten Hag, Mana yang Lebih Pantas Bagi Bayern?

Dimas Ardi Prasetya | 5 November 2019 20:57
Pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag. (c) AP Photo

Bola.net - Legenda sepak bola Jerman Lothar Matthaus mengatakan Arsene Wenger merupakan pilihan yang bagus, namun Erik ten Hag dinilainya lebih pas bagi Bayern Munchen.

Raksasa Bundesliga itu sekarang sedang tidak memiliki pelatih. Sebab mereka baru saja mendepak Niko Kovac.

Pelatih asal Kroasia itu didepak setelah Bayern dipermalukan oleh Eintracht Frankfurt dengan skor telak 5-1. Kekalahan itu membuat Thomas Muller dkk sekarang tertinggal empat angka dari Borussia Monchengladbach yang ada di puncak klasemen.

Beberapa nama kemudian dikaitkan dengan Bayern. Mulai dari Jose Mourinho, Massimilano Allegri, Erik ten Hag, Ralf Rangnick dan Arsene Wenger.

"Sejujurnya, saya bisa membayangkan semuanya di FC Bayern. Mereka adalah nama-nama hebat, pelatih hebat dan semua orang membawa sesuatu yang sangat menarik," serunya pada Sky Deutschland.

“Namun pertanyaan yang hanya bisa dijawab oleh beberapa orang adalah: Apa yang diinginkan Bayern? Ke mana juara Jerman ingin melangkah? Apa yang ingin Anda perjuangkan? Apa yang ingin dilihat bos di lapangan di masa depan?" cetusnya.

1 dari 2 halaman

Wenger Jangka Pendek

Matthaus kemudian membahas soal opsi memakai jasa Arsene Wenger. Pelatih asal Prancis itu memang sedang menganggur setelah keluar dari Arsenal.

Menurut Matthaus, Wenger memang pilihan yang bagus bagi Bayern. Akan tetapi sayangnya ia terlalu tua dan tak akan bisa bertahan dalam waktu lama di Allianz Stadium.

“Wenger tentu memiliki beberapa keunggulan. Ia bisa dengan mudah berkomunikasi dengan faksi besar pemain Prancis (mirip dengan Arsenal) di Bayern dan dengan semua orang Jerman dan para bos," terangnya.

"Ia berusia 70 tahun, tetapi pada usia yang sama dengan Jupp Heynckes yang juga menikmati kesuksesan besar. Tentunya itu tidak akan menjadi solusi selama bertahun-tahun," cetusnya.

2 dari 2 halaman

Erik ten Hag Nomor Satu

Sementara itu Erik ten Hag saat ini masih menjadi pelatih Ajax Amsterdam. Ia punya jejak rekam yang sangat bagus.

Musim lalu ia membawa Ajax membuat kejutan besar di Liga Champions. Musim ini ia kehilangan sejumlah pilar akan tetapi tim asuhannya masih bisa tampil bagus. Menurut Matthaus, Ten Hag adalah opsi nomor satu baginya karena kualitasnya plus karena ia juga dianggap cukup mengenal Bayern.

“Erik ten Hag? Jika penting bagi bos bahwa pelatih baru itu berbicara dalam bahasa kita, maka saya akan membuat pelatih Ajax pilihan pertama. Timnya memainkan sepakbola ofensif yang indah," pujinya.

"Ia telah mengusir Juventus dan Real [Madrid] keluar dari kompetisi di Liga Champions terakhir dan hanya dengan keajaiban tidak mencapai final. Selain itu, ia telah memenangkan beberapa gelar nasional," serunya.

“Ten Hag tahu Bayern, karena ia sudah berlatih di sana, berusia 49 tahun dan bisa menjadi pria untuk saat ini dan masa depan. Ia telah membantu pemain seperti [Frenkie] de Jong dan [Matthijs] de Ligt untuk menjadi kelas dunia," pungkas Matthaus.

Untuk saat ini Bayern Munchen masih mempertimbangkan segala hal untuk memilih pelatih barunya. Presiden klub Uli Hoeness mengatakan bahwa mereka akan mengumumkan pelatih baru sekitar tiga pekan mendatang.

(sky deutschland)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR