Erling Haaland Diklaim Sudah Tepat Tolak Manchester United dan Juventus

Yaumil Azis | 7 Februari 2020 03:55
Striker Borussia Dortmund, Erling Braut Haaland (c) AP Photo

Bola.net - Banyak yang mengernyitkan dahi saat tahu Erling Braut Haaland memilih Borussia Dortmund ketimbang pindah ke Manchester United atau Juventus. Tapi di mata eks pemain Timnas Norwegia, Jan Aage Fjortoft, pilihan Haaland sudah tepat.

Haaland membuat sensasi dengan ketajamannya pada paruh pertama musim 2019/20 bersama klub lamanya, RB Salzburg. Kendati usianya masih muda, namun ia sanggup mencetak 28 gol dari 22 penampilannya di berbagai kompetisi.

Yang membuat publik kagum adalah torehan golnya di ajang Liga Champions. Saat RB Salzburg tergabung dengan beberapa klub kuat seperti Liverpool dan Napoli, ia mampu membukukan delapan gol dari enam penampilan.

Jelas saja kalau klub besar seperti Manchester United dan Juventus kepincut, apalagi harga Haaland relatif murah. Tapi pada akhirnya, ia kembali membuat sensasi dengan memenuhi pinangan Borussia Dortmund.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Dortmund Pilihan yang Tepat

Ya, Dortmund memang dikenal sebagai salah satu raksasa di Eropa pada saat ini. Namun pamor klub asal Jerman itu jelas masih kalah dari Manchester United dan Juventus yang sudah memiliki sejarah panjang di pentas Eropa.

Keputusannya itu yang membuat publik mengernyitkan dahi. Tetapi Fjortoft tidak demikian, sebab menurutnya Haaland telah membuat keputusan yang tepat dengan pindah ke klub berjuluk Die Borussien tersebut.

"Alfie Haaland [ayahnya] selalu berkata bahwa kami seharusnya berpikir soal perbedaan antara klub yang menginginkan seorang pemain dan yang butuh pemain," ujar Fjortoft kepada BBC.

"Apa yang saya suka dari Tim Haaland aalah mereka selalu mengutamakan pengembangan sang pemain. Dia berada di klub yang seharusnya, di mana dirinya bisa berkembang," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Ke Inggris? Mungkin Saja

Tetapi, Fjortoft tidak bisa memungkiri kalau Halaand, cepat atau lambat, akan berlabuh di Inggris. Namun untuk sementara ini, Dortmund adalah tim yang tepat bagi Haaland untuk menjadi lebih baik dari yang sekarang.

"Apakah saya berpikir kalau di akan bermain di Inggris suatu hari nanti? Tentu saja. Dia lahir di Inggris, tetapi saat ini Dortmund adalah tempat terbaik baginya," pungkasnya.

Haaland langsung menunjukkan kualitasnya pada pertandingan debutnya bersama Dortmund di ajang Bundesliga. Walau main sebagai pengganti pada babak kedua, ia berhasil mengantongi tiga gol sekaligus.

Semenjak Halaand datang, rekor gol Dortmund sangat bagus. Klub asuhan Lucien Favre tersebut telah mencetak 17 gol dari empat pertandingan terakhir, delapan di antaranya dibukukan Halaand seorang diri.

(Goal International)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR