FOLLOW US:


10 Transfer Musim Dingin Terbaik 5 Liga Besar Eropa, Di Mana Posisi Bruno Fernandes?

05-02-2020 00:01

 | Yaumil Azis

10 Transfer Musim Dingin Terbaik 5 Liga Besar Eropa, Di Mana Posisi Bruno Fernandes?
Bruno Fernandes © MUFC Official

Bola.net - Bursa transfer musim dingin sudah resmi berakhir. Kendati beberapa pelatih berkata bahwa bursa transfer ini menyulitkan, namun klub dari lima liga besar Eropa tampak sangat aktif dalam melakukan aktivitas belanja pemain.

Jika ditotal, ada 479 kesepakatan yang didapatkan oleh tim dari kompetisi Premier League, La Liga, Bundesliga, Serie A, serta Ligue 1. Klub juga mengeluarkan dana sebesar 811 juta pounds hanya untuk mendapatkan pemain yang diinginkan.

Sekarang pertanyaannya adalah, pembelian mana yang bisa disebut sebagai terbaik? Squawka menghimpun 10 transfer, berfokus kepada pemain berkualitas, yang memiliki potensi dampak positif kepada klub barunya.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 10

10. Sander Berge

(KRC Genk ke Sheffield United - 20 Juta pounds)

Sander Berge sempat dikabarkan sedang didekati oleh klub raksasa Premier League, Manchester United. Bahkan sejumlah laporan menyebutkan bahwa dirinya sudah tiba di Carrington untuk menjalani tes medis, yang pada kenyataannya tidak.

Pada akhirnya, Berge bergabung dengan klub 'United' lainnya, yakni Sheffield United. Enam tackling yang ia buat dalam laga debutnya bisa menjadi indikasi bahwa klub besutan Chris Wilder tersebut tidak salah pilih.

2 dari 10

9. Raul de Tomas

(Benfica ke Espanyol - 20 juta pounds)

Saat ini, Espanyol sedang memegang status juru kunci di klasemen La Liga. Mereka pun berani menggelontorkan uang banyak untuk merekrut sosok penyelamatnya di sisa musim 2019/20 ini.

Mereka menyematkan harapan tersebut kepada Raul de Tomas. Dalam tiga pertandingan terakhirnya di ajang La Liga, striker berumur 25 tahun itu berhasil mencetak tiga gol. Ini menjadi indikasi kalau Espanyol tidak salah membelinya dari Benfica.

3 dari 10

8. Krzysztof Piatek

(AC Milan ke Hertha BSC - 27 juta euro)

Piatek mendapatkan julukan 'New Lewandowski' begitu dirinya mencetak 19 gol dari 21 penampilan bersama Genoa di semua kompetisi. Lalu berlanjut 11 gol dari 21 pertandingan dengan seragam AC Milan.

Sayangnya, ketajaman itu sirna pada musim ini. Ia hanya mampu membukukan lima gol dari 20 penampilannya. Di Hertha, penyerang berkebangsaan Polandia itu berharap bisa segera menemukan kembali instingnya dalam mencetak gol.

4 dari 10

7. Diego Demme

(RB Leipzig ke Napoli - 12 juta euro)

Beberapa musim lalu, Diego Demme membentuk duet yang apik bersama Naby Keita di RB Leipzig. Sayang kebersamaan tersebut harus berakhir begitu Keita memutuskan bergabung dengan Liverpool tahun 2018 lalu.

Pada akhirnya, Demme mengikuti jejak Keita dengan cabut dari RB Leipzig. Ia memenuhi pinangan Napoli dan di laga debutnya, melawan Juventus, ia berhasil membantu klub barunya tersebut meraih kemenangan.

5 dari 10

6. Bruno Fernandes

(Sporting ke Manchester United - 47 juta pounds)

Bruno Fernandes sudah digosipkan tengah dekat dengan Manchester United sejak lama. Namun kepindahannya ke Old Trafford baru benar-benar terlaksana di bursa transfer musim dingin ini.

Kendati beroperasi di sektor tengah, tapi Bruno Fernandes dikenal sebagai sosok yang handal dalam urusan mencetak gol serta membuat assist. Ia diyakini bisa membantu the Red Devils untuk menembus empat besar sebelum kompetisi selesai.

6 dari 10

5. Steven Bergwijn

(PSV ke Tottenham - 26,7 juta pounds)

Cederanya Harry Kane dan kepergian Christian Eriksen ke Inter Milan membuat Tottenham membutuhkan tambahan pemain baru di sektor depannya. Pilihannya jatuh kepada Steven Bergwijn.

Ia membukukna 14 gol dari 33 penampilan di Eredivisie bersama PSV Eindhoven. Dan pada laga debutnya, dengan Manchester City sebagai lawannya, Bergwijn berhasil mengantongi satu gol serta membuat Spurs menang dengan skor 2-0.

7 dari 10

4. Paco Alcacer

(Borussia Dortmund ke Villarreal - 25 juta pounds)

Rerata gol Paco Alcacer terbilang cukup apik (1.2 gol per 90 menit) jika dibandingkan dengan pemain yang telah tampil selama 1000 menit di Bundesliga. Tidak bisa dimungkiri, Paco Alcacer merupakan pencetak gol ulung.

Ia langsung menciptakan gol dalam laga debutnya bersama Villarreal. Dan karena itu, angka 25 juta euro yang dikeluarkan Yellow Submarine hanya untuk mendaratkannya kembali ke Spanyol seolah tiada artinya.

8 dari 10

3. Christian Eriksen

(Tottenham ke Inter - 20 juta euro)

Christian Eriksen menciptakan peluang, membuat assist, dan mencetak gol dari luar kotak penalti lebih banyak dari pemain Premier League lainnya selama enam setengah tahun di Spurs. Sayangnya, kebersamaan itu tidak bisa berlanjut lebih lama.

Ia memutuskan untuk pindah ke Inter Milan, saat perburuan gelar dengan Juventus dan Lazio sedang panas-panasnya. Ia diyakini bisa memenuhi harapan sang pelatih, Antonio Conte, yang merasa belum puas dengan kualitas di lini tengahnya.

9 dari 10

2. Dani Olmo

(Dinamo Zagreb ke RB Leipzig - 20 juta euro)

Sejak awal musim 2018/19, hanya Lionel Messi (114) yang memiliki catatan berhadapan langsung dengan pemain lawan lebih sering dari Dani Olmo di Liga Champions dan Liga Europa. Dan hanya Messi, Willian, Eden Hazard, dan Mateo Kovacic yang mampu menyelesaikan lebih banya dari dirinya.

Tiga dari empat pemain itu adalah pahlawan Chelsea saat menjuarai Liga Europa musim lalu, dan satunya merupakan pemain terbaik di dunia. Jelas saja torehan itu bisa dijadikan bukti atas kualitas dari Dani Olmo yang baru berusia 21 tahun.

10 dari 10

1. Erling Braut Haaland

(RB Salzburg ke Borussia Dortmund - 20 juta euro)

Erling Haaland mencetak delapan gol dari enam penampilan perdananya di Liga Champions. Dia memecahkan semua rekor di RB Salzburg dan menjadi pemain buruan hampir semua tim Benua Eropa. Pada akhirnya, ia memilih Borussia Dortmund.

Torehan gol fantastis yang dibukukan Halaand bukan hanya isapan jempol belaka. Ia membuktikan kualitasnya dalam tiga laga terakhir dan telah mencetak tujuh gol, kendati dirinya baru sekali bermain sebagai starter bersama Die Borussien.

(Squawka)