Inilah An der Alten Forsterei, Benteng Kokoh dan Kebanggaan Besar Union Berlin

Serafin Unus Pasi | 26 Agustus 2019 19:43
An der Alten Frsterei, markas Union Berlin (c) Bundesliga

Bola.net - Ada yang kembali bergemuruh di salah satu sudut kota Berlin. Di tempat itu, kursi-kursi terisi penuh. Sorak kegembiraan membuncah menembus atap menyaksikan sejarah yang sedang ditulis bersama-sama. Tempat itu bernama An der Alten Försterei. Sebuah stadion yang juga merupakan rumah bagi 1.FC Union Berlin. Bagaimana sejarah stadion yang menyimpan semangat para fans Die Eisernen ini dibangun?

Stadion ini dibangun dan diresmikan pada 7 Agustus 1920 ketika FC Olympia, pendahulu Union, harus pindah dari stadion mereka sebelumnya yang direlokasi menjadi perumahan. Markas Union ini telah mengalami perubahan struktural yang konstan selama bertahun-tahun. An der Alten Försterei awalnya dapat menampung lebih dari 10.000 penonton, hampir semuanya berdiri, dan FC Olympia secara berangsur pindah ke tempat berkapasitas lebih tinggi ini untuk menggelar pertandingan penting mereka.

An der Alten Försterei pernah menjadi stadion sepak bola terbesar yang dibangun di Berlin—sebelum Olympiastadion berdiri pada tahun 1936. Nama stadion ini berasal dari sebuah pondok tua yang berdekatan dengan lokasi di mana kantor utama klub ini berada. Butuh waktu hingga tahun 1968 untuk mereka menjalani renovasi besar pertamanya, yang meliputi perluasan tribun di sisi bagian panjang menjadi 15.000 kapasitas. Pada tahun 1978, giliran tribun di belakang gawang yang diperbesar dan ditingkatkan kapasitasnya menjadi 23.500 penonton.

Fase terpenting adalah modernisasi yang diantaranya termasuk pemasangan lampu sorot pada akhir tahun 2000. Sedangkan perbaikan total dan pemasangan atap di tribun berdiri serta pembangunan untuk tribun utama baru terjadi sekitar satu dekade kemudian. Konstruksi sepanjang musim 2008/09 ditandai dengan satu hal yang menarik: Fans membangun stadion mereka sendiri. Lebih dari 2.300 sukarelawan merelakan 140.000 jam kerja mereka dan menghemat pengeluaran klub hingga berjuta-juta euro.

Dalam pelaksanaannya, para fans ini tetap dibantu tenaga profesional untuk urusan yang lebih kompleks seperti pemasangan rangka atap. Komitmen pada skala seperti ini mungkin belum pernah terjadi sebelumnya di klub manapun di seluruh dunia dan kemungkinan tidak akan ada sampai waktu yang cukup lama.

Baca pengalaman menonton pertandingan di An der Alten Försterei di bawah ini

1 dari 2 halaman

Akeses Menuji An der Alten Forsterei

Stadion An der Alten Forsterei terletak di tenggara Berlin di tepi utara sungai Spree. Terletak sekitar 14 kilometer dari Alexanderplatz di pusat kota Berlin dan 12 kilometer dari Ostbahnhof, stasiun kereta api besar terdekat.

Stadion dapat dicapai dengan metro bawah tanah (S-Bahn) jalur S3. Pengunjung bisa naik jalur S3 dari stasiun Ostkreuz di timur Berlin dan turun di Stasiun Kopenick yang berjarak 10 menit bila berjalan kaki menuju stadion.

2 dari 2 halaman

Tiket Menonton Union Berlin

Tiket untuk pertandingan Union Berlin dapat dibeli secara online dan di official store yang bertempat di stadion atau di pom bensin Union dekat stadion di sisi seberang sungai Spree.

Untuk tribun berdiri, harganya dipatok di kisaran 11 hingga 13 euro sedangkan untuk duduk di tribun utama pengunjung harus merogoh kocek antara 28 hingga 40 euro.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR

Most Viewed

{HITS_MAIN}