Satu Pemain Polandia di Antara 5 Penyerang Terbaik dalam Sejarah Bundesliga

Asad Arifin | 12 November 2020 14:33
Juru kamera TV mengenakan masker wajah sebelum laga Bundesliga antara TSG 1899 Hoffenheim dan Hertha BSC Berlin di Sinsheim, Jerman, Sabtu, 16 Mei 2020. (c) AP Photo

Bola.net - Bundesliga menjadi salah satu dari lima liga top dunia yang di dalamnya tersaji duel-duel antarpemain kelas dunia. Bundesliga kerap mengorbitkan nama-nama dari berbagai klub dengan kemampuan bermain di atas rata-rata.

Salah satu yang paling menonjol tentu di sektor penyerangan yang di setiap dekadenya selalu saja ada nama mencolok dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Ditambah, seorang striker merupakan posisi paling mencolok dan merupakan pembeda dalam sebuah pertandingan.

Peran yang begitu terlihat seolah menjadikan beberapa striker begitu dikenal sebagai pemain terbaik yang menjadi faktor kemenangan tim. Hingga kini, Bayern Munchen yang merupakan klub tersukses di Bundesliga masih menjadi raksasa Eropa berkat keberadaan striker topnya.

Bayern Munchen memiliki Robert Lewandowski yang kini menjadi juru gedor utama tim dan bahkan baru saja sukses meraih penghargaan pemain terbaik UEFA 2019/20. Selama beberapa musim Lewandowski selalu tampil konsisten yang membuatnya diingat sebagai penyerang terbaik Bundesliga dan dunia.

Faktanya Bundesliga sebelum adanya Robert Lewandowski pun telah memiliki striker-striker mematikan. Bersama Lewandowski setidaknya ada empat nama lain yang merupakan penyerang terbaik dalam sejarah Bundesliga. Dilansir dari Sportmob berikut ulasan dari lima penyerang tersebut.

1 dari 5 halaman

Gerd Muller

Tujuh gelar top skor Bundesliga sepertinya sudah cukup menggambarkan betapa berbahayanya seorang Gerd Muller. Legenda Bayern Munchen ini bahkan mencatatkan musim sensasional ketika menjadi top skor Bundesliga dengan 40 golnya di musim 1971/72.

Selama membela Bayern Munchen dari 1964 hingga 1979, Gerd Muller tercatat dalam buku rekor Bundesliga sebagai pencetak gol terbanyak dengan 365 gol dari 427 pertandingan. Tidak hanya di level Bundesliga, Gerd Muller juga tercatat pernah menjadi pencetak gol terbanyak Piala Dunia selama 33 tahun.

Selama bermain Gerd Muller dikenal dengan kecepatan dan kelincahannya untuk mengobrak-abrik pertahanan lawan. Raihan trofinya pun begitu lengkap, Muller pernah merasakan juara Liga Champions, Bundesliga, Piala Dunia, hingga Piala Eropa. Bukan hanya itu Muller juga dianugerahi gelar pemain terbaik dunia pada 1970.

2 dari 5 halaman

Fritz Walter

Bundesliga dalam sejarahnya juga telah diisi striker mematikan sejak era 1940 hingga 1950-an dalam diri Fritz Walter. Striker kelahiran 1920 tersebut memulai karirnya hanya untuk membela klub kota kelahirannya 1. FC Kaiserslautern.

Fritz Walter pun memiliki cerita unik sebelum akhirnya bisa masuk ke akademi Kaiserslautern dengan bekerja di restoran klub. Hingga akhirnya bisa masuk ke akademi klub dan memulai debut di tim senior ketika berusia 17 tahun pada 1937.

Di klub tersebut, Fritz Walter mampu membawa timnya meraih juara dua kali pada musim 1950/51 dan 1952/53. Di level timnas, Walter juga tampil trengginas dengan raihan 61 caps serta 31 gol. Walter juga menjadi kapten timnas Jerman ketika menjadi juara dunia pada 1954.

3 dari 5 halaman

Robert Lewandowski

Bundesliga nampaknya bukan hanya bisa dirajai oleh pemain asal Jerman saja. Karena Robert Lewandowski membuktikannya dan selama sedekade ini telah membuktikan dirinya bahwa dia merupakan striker terbaik Bundesliga di era modern.

Kini, Robert Lewandowski yang masih aktif bermain dan menjadi pemain kunci Bayern Munchen, telah mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak Bundesliga ketiga dengan 247 golnya.

Setiap musimnya Lewandowski selalu tampil ganas dan kini masih berlanjut dengan raihan 11 gol dari enam laga Bundesliganya. Sedangkan musim lalu, Lewandowski sukses membawa timnya meraih treble winners dan menjadi pemain terbaik UEFA 2020.

4 dari 5 halaman

Jupp Heynckes

Di era sekarang, Jupp Heynckes mungkin lebih dikenal sebagai salah satu manager terbaik yang pernah ada. Puncaknya ketika dia memanajeri Bayern Munchen dan meraih treble winners di 2013.

Namun, semasa karirnya Jupp Heynckes juga merupakan salah satu striker mematikan yang banyak menghabiskan karirnya di klub kota kelahirannya Borussia Monchengladbach. Bersama Die Fohlen, Heynckes mencatatkan 291 gol dari 407 penampilannya.

Di tahun 1960 hingga 1970 dianggap sebagai masa keemasan dari Monchengladbach dan Jupp Heynckes merupakan kuncinya. Dalam kurun waktu tersebut, Heynckes berhasil membawa Die Fohlen meraih empat gelar Bundesliga, satu piala UEFA. Bersama timnas Jerman, Heynckes juga menjadi bagian dari tim juara Eropa 1972 dan dunia tahun 1974.

5 dari 5 halaman

Miroslav Klose

Miroslav Klose merupakan pencetak gol terbanyak Piala Dunia sepanjang masa dengan 16 golnya. Saat masih aktif bermain, Klose dikenal sebagai striker komplet yang bisa mencetak gol lewat kepala dan kakinya.

Miroslav Klose telah malang melintang membela berbagai klub Bundesliga dari 1. FC Kaiserslautern, 08 Homburg, Werder Bremen hingga raksasa Bayern Munchen. Di Bundesliga, Miroslav Klose baru benar-benar merasakan menjadi juara ketika berada di Munchen dengan dua trofi Bundesliga musim 2007/08 dan 2009/10.

Semasa karirnya, Miroslav Klose mencatatkan 307 penampilan di Bundesliga dan berhasil mencetak 121 gol serta 74 assists di berbagai klub.

Sumber: Sportmob

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR