Terungkap, Ini Penyebab Klausul Rilis Haaland Terbilang Murah

Richard Andreas | 11 Mei 2022 11:30
Striker Borussia Dortmund, Erling Haaland (c) AP Photo

Bola.net - Manchester City hanya perlu membayar klausul rilis sebesar 60 juta euro untuk mendapatkan Erling Haaland dari Borussia Dortmund. Di luar bonus dan biaya agen, angka tersebut relatif kecil.

Selasa (10/5/2022) kemarin Man City akhirnya mengumumkan transfer Haaland. Kabar ketertarikan Man City untuk striker 21 tahun itu sudah memanas beberapa bulan terakhir.

Kedatangan Haaland jelas bakal menyempurnakan skuad Man City musim depan. Musim ini saja mereka sudah sangat kuat tanpa striker yang bisa diandalkan secara reguler.

Haaland bakal mengisi peran itu dengan sangat baik. Dia sudah membuktikan diri dengan 61 gol dari 66 pertandingan bersama Dortmund.

1 dari 2 halaman

Bicara soal harga, kok bisa murah?

Bicara biaya transfer saja, 60 juta euro untuk pemain potensial seperti Haaland terbilang sangat murah. Angka tersebut tercantum di klausul rilis, jadi Dortmund tidak bisa berbuat banyak.

Menariknya, analis Sky Sports, Kaveh Solhekol mengatakan bahwa Dortmund memang terpaksa memasang klausul rilis dengan nominal tersebut. Klausul inilah yang juga membuat Manchester United batal merekrut Haaland.

"Ketika dia [Haaland] meninggalkan RB Salzburg pada Januari 2019, tim mana pun yang akan merekrut dia harus setuju mencantumkan klausul rilis di kontraknya, yaitu 60 juta euro di musim panas 2022," ujar Solhekol.

"Saat itu [2019] harga Haaland cuma 20 juta euro. MU sangat tertarik mendatangkan dia, tetapi mereka tidak mau menerima klausul rilis tersebut [60 juta euro]."

2 dari 2 halaman

Dortmund untung

Kewajiban klausul rilis sebesar 60 juta euro inilah yang jadi penentu langkah Haaland berikutnya. Agen Haaland, mendiang Mino Raiola, telah merancang masa depan kliennya dengan sangat baik.

"Klausul itu masuk akal bagi Dortmund yang mau membeli Haaland dengan 20 juta euro, dia mencetka banyak gol untuk mereka, dan pergi dua setengah tahun kemudian untuk 60 juta euro. Jadi mereka untung 40 juta euro," sambung Sohekol.

"Namun, bagi klub sebesar MU, tidak mungkin ada salah satu pemain bintang dengan klausul rilis hanya sebesar 60 juta euro, sebab dengan begitu rival bisa merekrutnya."

"Itulah alasan transfer Haaland terbilang cukup murah, karena kalusul rilis itu," tutupnya.

Sumber: Sky Sports

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR