Tim Terbaik di Sejarah Monchengladbach, di mana Mereka sekarang?

Serafin Unus Pasi | 10 Januari 2020 20:37
Flag corner Borussia Monchengladbach. (c) DFL

Bola.net - Musim 2014/2015 bisa dikatakan menjadi sebuah musim yang bersejarah bagi Borussia Monchengladbach. Setelah menanti selama 35 tahun, tim yang bermarkas di Borussia-Park itu berhasil kembali ke pentas tertinggi sepakbola Eropa, Liga Champions.

Pada saat itu, kubu Die Borussien ditangani oleh sosok Lucien Favre. Di tahun keempatnya, pelatih asal Swiss itu berhasil mengobati kerinduan Die Fohlens untuk kembali ke pentas tertinggi.

Skuat Monchengladbach di musim itu kerap disebut-sebut sebagai salah satu skuat terbaik di sepanjang sejarah klub mereka.

Lantas dari skuat Lima tahun yang lalu, masih adakah yang masih membela Si putih-hijau di musim ini? Simak catatan di mana para pemain Gladbach musim itu saat ini di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Yan Sommer, Si Tembok Utama

Pada 10 Maret 2014, Sommer menandatangani kontrak lima tahun dengan Die Fohlen, yang efektif berlaku mulai 1 Juli di tahun depannya. Ia didatangkan untuk menggantikan Marc-André ter Stegen, yang telah bergabung dengan Barcelona.

Dalam musim pertama Sommer di Borussia-Park, mereka berhasil finis di tempat ketiga pada Bundesliga, yang merupakan pencapaian tertinggi bagi klub tersebut sejak tahun 1978. Mereka juga berhasil memecahkan rekor pertandingan berturut-turut tanpa kekalahan, melampaui rekor 17 pertandingan yang telah ditetapkan sejak musim 1970/71.

Kini, masih bersama Gladbach, kiper berusia 31 tahun tersebut telah 25 kali merumput di seluruh kompetisi pada musim ini, membuatnya menjadi pemain dengan jumlah penampilan terbanyak bagi Die Borussen di musim 2019/20.

2 dari 4 halaman

Thorgan Hazard, Berpindah Haluan

Tanggal 5 Juli 2014, Hazard dipinjamkan ke Borussia Mönchengladbach dari Chelsea, setelah
sebelumnya semusim merumput bersama klub dari Belgia, Zulte Waregem yang juga dalam status
pinjaman. Selama masa peminjamannya, Hazard memakai nomor punggung 26.

Dalam kemenangan 3-1 melawan FC 08 Homburg di DFB-Pokal tahun 2014, pemain kelahiran La Louvière, Belgia tersebut melakukan debutnya, masuk pada menit ke-78 sebagai pemain pengganti. Ia kemudian melakukan debut Bundesliga-nya pada Agustus 2014 dengan hasil imbang 1-1 melawan VfB Stuttgart, keluar dari bangku cadangan pada menit ke-67.

Pada Februari 2015, Hazard setuju untuk menandatangani kontrak secara permanen untuk Die Borussen. Ia bergabung dengan kontrak lima tahun, yang berlangsung hingga Juni 2020. Selama berseragam putih-hijau, adik kandung Eden Hazard itu telah merumput sebanyak 147 kali dengan torehan 34 gol, sebelum akhirnya pindah ke Borussia Dortmund pada musim ini.

3 dari 4 halaman

Andre Hahn, Kembali ke Rumah

Bergabung dengan Gladbach dari FC Augsburg pada tahun 2014, pemain kelahiran 29 tahun lalu tersebut mencatatkan total 32 penampilan pada musim perdananya yang bersejarah, dengan berhasil mentorehkan 6 gol dan 6 assist di seluruh kompetisi.

Total penampilan yang ia lakoni bersama Die Fohlen sebelum kembali ke WWK Arena tahun 2018 lalu adalah sebanyak 68 kali, dengan total 14 gol dari tiga musimnya berseragam putih-hijau.

4 dari 4 halaman

Skuat Lengkap

Berikut adalah skuad lengkap Gladbach di musim 2014/15:

Kiper: Yann Sommer, Christofer Heimeroth (pensiun), Janis Blaswich (Heracles)

Bek: Alvaro Dominguez (pensiun), Tony Jantschke, Martin Stranzl (pensiun), Roel Brouwers (pensiun), Oscar Wendt, Filip Daems (pensiun), Julian Korb (Hannover 96)

Gelandang: Granit Xhaka (Arsenal), Havard Nordtveit (TSG Hoffenheim), Christoph Kramer, Thorben Marx (pensiun), Nico Brandenburger (Preussen Muenster), Bilal Sezer (SF Baumberg), Marvin Schulz (FC Luzern), Mahmoud Dahoud (Dortmund), Marlon Ritter (SC Paderborn), Thorgan Hazard
(Dortmund), Fabian Johnson, Patrick Herrmann, Andre Hahn (FC Augsburg), Ibrahima Traore.

Striker: Max Kruse (Fenerbahce), Raffael, Branimir Hrgota (Greuther Fuerth)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR