VELTINS-Arena, Stadion Berteknologi Canggih

Dimas Ardi Prasetya | 28 Desember 2019 06:30
VELTINS-Arena (c) DFL

Bola.net - Stadion modern mencerminkan klub yang berpikiran maju dan itulah yang VELTINS-Arena bagi FC Schalke 04. Lihatlah rumah teknologi tinggi The Royal Blue.

Di era sepak bola modern seperti sekarang, klub-klub sepak bola juga sepatutnya didukung oleh berbagai sarana dan prasarana yang memadai serta mutakhir untuk menunjang performa klub tersebut di atas lapangan. Sarana dan prasarana itu bisa halnya berbentuk suatu stadion.

VELTINS-Arena yang merupakan kandang dari FC Schalke 04 dapat dikatakan sebagai salah satu stadion paling modern dan canggih yang ada di Eropa. Apa yang membuatnya begitu canggih? Stadion tersebut tidak hanya memiliki atap yang bisa dibentangkan secara otomatis, demikian halnya dengan lantai atau lapangannya.

Pada mulanya, stadion tersebut direncanakan pembangunannya pada akhir 1990-an untuk menggantikan Parkstadion, yang dinilai oleh manajemen Schalke telah ketinggalan zaman. Stadion tersebut pun mulai dibangun pada tahun 1998 hingga 2001 dan memiliki nama awal Arena AufSchalke.

Pada akhirnya namanya berganti menjadi VELTINS-Arena pada tahun 2005. Pasalnya hak penamaan stadion tersebut telah terjual ke perusahaan bir asal Jerman, Veltins.

Keunikan karakter dari stadion ini hadir dari jumlah tempat yang disediakan untuk penonton. Lantaran, ketika menghelat pertandingan lokal, jumlah tempat yang disediakan untuk penonton memiliki total kapasitas untuk menampung 62.271 penonton. Jumlah itu sudah terdiri dari area duduk dan area berdiri.

Sedangkan untuk pertandingan internasional, kapasitas untuk penonton adalah 54.740 unit. Semuanya adalah area khusus hanya untuk mereka yang duduk.

1 dari 1 halaman

Serbaguna & Berteknologi Tinggi

VELTINS-Arena diketahui juga sebagai stadion yang multifungsi. Selain digunakan untuk menyaksikan pertandingan sepak bola, stadion tersebut kerap juga digunakan untuk berbagai acara lainnya, seperti konser musik. Penggunaan lantai yang dapat dibuka-tutup secara otomatis semakin mendukung VELTINS-Arena untuk menyelenggarakan berbagai pementasan akbar.

VELTINS-Arena dilengkapi dengan kanvas berlapis fiberglass teflon yang dapat ditarik, yang membentang di seluruh stadion. Atapnya didukung oleh rangka persegi panjang yang tersuspensi di atas lapangan, nan pada gilirannya terhubung ke bangunan utama melalui 24 tiang baja. Bagian tengah atap dapat dibuka menjadi dua partisi, memungkinkan stadion terbuka atau tertutup tergantung pada cuaca, kejadian dan kebutuhan.

Adapun berbagai keuntungan untuk pengelolaan yang terdapat pada VELTINS-Arena adalah permukaan rumput stadion bisa tumbuh meskipun kondisi di luar stadion tidak memungkinkan, tanpa menderita kekurangan sirkulasi dan cahaya seperti di stadion lainnya.

Selain itu, teknologi lantai yang dapat dibuka-tutup secara otomatis membuat lapangan sepak bola tidak akan rusak saat acara indoor seperti konser. Lantai aula multifungsi juga dapat dikonversi dan dipasang kembali dalam waktu singkat. Serta, area luar yang tidak digunakan sebagai lapangan, bisa dijadikan fasilitas parkir bus bagi klub yang bertanding selama pertandingan sepak bola berlangsung.

(Bundesliga)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR