FOLLOW US:


7 Klub dengan Nominasi Ballon d'Or 2021 Terbanyak, Ada Klub Favoritmu?

12-10-2021 15:58

 | Serafin Unus Pasi

7 Klub dengan Nominasi Ballon d'Or 2021 Terbanyak, Ada Klub Favoritmu?
Trofi Ballon dOr © France Football

Bola.net - Media kenamaan Prancis, French Football baru - baru ini merilis daftar panjang 30 nominasi Ballon d'Or 2021. Terdapat nama besar seperti Lionel Messi, Robert Lewandowski, dan Cristiano Ronaldo yang menduduki daftar tersebut.

30 individu tersebut, akan bertarung sebagai nominasi terkuat yang akan dipilih oleh para jurnalis olahraga serta pelatih/kapten dari setiap negara melalui voting. Trofi tersebut jelas memiliki makna yang sangat mendalam bagi pemenangnya, pasalnya trofi tersebut merupakan trofi paling bergengsi sebagai pencapaian individu dalam satu musim.

Penampilan individu dan keterampilan dalam keberhasilan tim meraih gelar, menjadi salah satu patokan dan nilai setiap pemain pantas masuk jejeran nominasi ini.

Ada beberapa klub yang berhasil menyumbangkan lebih dari satu pemainnya sebagai nominasi pemenang Ballon d'Or 2021. Berikut daftar lengkapnya di bawah ini.

1 dari 5

Juventus dan Inter Milan (2 Pemain)

Juventus dan Inter Milan (2 Pemain)
Lautaro Martinez usai mencetak gol ke gawang Uruguay pada matchday ke-10 Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL © AP Photo

Kita mengawali dari Serie A Italia. Juventus dan Inter Milan memperlihatkan dua perwakilan mereka dari masing - masing klub tersebut. Dari pihak Juventus, nama duo bek tengah mereka, Giorgio Chiellini, dan Leonardo Bonucci menjadi perwakilan dari Juventus.

Sedangkan bagi Nerazzurri, Lautaro Martinez sang penyerang dan Nicolo Barella sang gelandang, menjadi perwakilan dari sang peraih scudetto musim lalu.

Uniknya, Chiellini, Bonucci, dan Barella berhasil memenangkan Euro 2020 bersama Italia sedangkan Martinez berhasil menjuarai Copa America bersama Argentina. Namun bagi Barella dan Martinez yang meraih scudetto musim lalu, menjadikan mereka memiliki sedikit nilai plus ketimbang duo bek Italia tersebut.

2 dari 5

Real Madrid dan Manchester United (2 Pemain)

Real Madrid dan Manchester United (2 Pemain)
Selebrasi Cristiano Ronaldo setelah membobol gawang Newcastle di lanjutan Premier League matchday 4, Sabtu (11/9/2021) malam WIB. © AP Photo

Raksasa Inggris dan Spanyol ini juga mengirim dua perwakilan yang berada di nominasi 30 besar Ballon d’Or. Sebenarnya musim lalu nama Karim Benzema, Bruno Fernandes sendiri belum menjuarai satu trofi apapun musim lalu.

Namun, Cristiano Ronaldo berhasil menjuarai Coppa Italia bersama Juventus musim lalu. Namun, musim ini Benzema juga menambah koleksi trofi terbarunnya dengan menjuarai UEFA Nations League bersama Prancis.

Dari segi pengalaman Modric masih layak berkat statistik dan permainannya yang masih sangat membantu Los Blancos yang menembus semifinal UCL musim lalu, selain itu berkat kehadiran dirinya dan Benzema setidaknya Real Madrid bisa berada di posisi kedua.

Dilain pihak saat ini, Bruno Fernandes kembali bersama Cristiano Ronaldo, setelah sang legenda memutuskan kembali ke Manchester untuk menghapus kutukan puasa gelar.

3 dari 5

Paris Saint-Germain (4 Pemain)

Paris Saint-Germain (4 Pemain)
Selebrasi gol bintang PSG, Lionel Messi © AP Photo

Berhasil menjadi tim yang sangat disegani saat ini, PSG memberikan empat nama terbaik yang menjadi perwakilan klub Paris ini untuk berada di 30 besar.

Saat ini penyerangan PSG menjadi hal yang paling ditakutkan dengan trio Messi, Mbappe, dan Neymar di lini serang, dan kehadiran dari Gianluigi Donnarumma yang menjaga mistar gawang dengan baik membuat PSG seakan tim yang menyentuh kesempurnaan dari segi serangan dan pertahanan.

Keempatnya memiliki keterampilan individu yang menarik, tetapi Lionel Messi sendiri sudah menjuarai Copa America yang menjadi poin tambahan, sementara Donnarumma dirinya juga berhasil menjuarai Euro dan menjadi pahlawan Italia saat itu.

4 dari 5

Chelsea (5 Pemain)

Chelsea (5 Pemain)
Gelandang Timnas Italia Jorginho. © AP Photo

Raja Eropa musim lalu ini merupakan tim yang sangat stabil setelah kedatangan Thomas Tuchel. Trio gelandang mereka, N'golo Kante, Jorginho, dan Mason Mount sendiri berhasil membawa Chelsea Chelsea menjuarai UCL.

Dua nama lainnya merupakan Cesar Azpilicueta yang tampil solid dan membawa Chelsea menjuarai trofi kuping emas tersebut, dan sang striker terbaru mereka, Romelu Lukaku yang datang pada musim panas lalu.

Lukaku berhasil merebut scudetto musim lalu dari kejayaan Juventus bersama Inter Milan, sementara itu, Jorginho berhasil menjuarai Euro 2020 bersama Italia, dan mengalahkan rekan setimnya Mason Mount yang menjadi runner up bersama Inggris.

5 dari 5

Manchester City 5 Pemain

Manchester City 5 Pemain
Pemain Manchester City, Raheem Sterling © AP Photo

Guardiola sukses membuat para pemain didikan nya menjadi pemain yang mampu bersaing dengan berbagai tim besar. Manchester City membuktikan dengan membawa lima pemain mereka dalam perebutan piala individu terbaik Ballon d;Or.

Lima pemain tersebut merupakan, Kevin De Bruyne, Phil Foden, Ruben Dias, Riyad Mahrez, dan Raheem Sterling. Kelimanya sangat berjasa dengan menjuarai Premier League musim lalu dengan memberikan jarak yang sangat jauh dari para pesaingnya musim lalu.

Kelimanya juga sukses membawa City menuju final UCL meskipun harus menerima kekalahan atas Chelsea saat itu. Foden juga menjadi pemain yang hebat dan membawa Inggris menjadi finalis Euro 2020 bersama Sterling.

(Bola.net/Risditiya)