FOLLOW US:


Arsene Wenger Sebut Barcelona Kehilangan Karisma, Benarkah?

06-11-2019 13:51

 | Asad Arifin

Arsene Wenger Sebut Barcelona Kehilangan Karisma, Benarkah?
Aksi Lionel Messi dalam laga Barcelona vs Slavia Praha © AP Photo

Bola.net - Barcelona hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Slavia Praha di Liga Champions. Hasil tersebut, menurut Arsene Wenger, menjadi bukti bahwa Barcelona mulai kehilangan karisma dan banyak bergantung pada Lionel Messi.

Laga Barcelona vs Slavia Praha di Camp Nou selesai digelar pada Rabu (6/11/2019) dini hari WIB. Barcelona tampil dominan dengan melepas 14 tendangan, tetapi tidak ada yang menjadi gol.

Hasil tersebut dinilai tidak cukup baik untuk tim sekelas Barcelona. Apalagi, Barcelona punya rekor yang sangat bagus saat berjumpa klub asal Republik Ceko, seperti halnya Slavia Praha.

Walaupun, jika melihat klasemen, Barcelona masih berada di posisi yang bagus. Barcelona tetap berada di puncak klasemen Grup F dengan meraih 8 poin. Barcelona unggul satu poin dari Dortmund di posisi kedua.

1 dari 2

Barcelona Terlalu Bergantung Pada Lionel Messi

Arsene Wenger menjadi pandit untuk laga Barcelona vs Slavia. Mantan manajer Arsenal tersebut menilai harusnya Barcelona bisa meriah hasil lebih baik karena mereka unggul dari banyak hal dan bermain di kandang.

"Itu kasus yang menarik," kata Arsene Wenger dikutip dari beIN Sports.

"Mereka memiliki sejarah menjadi tim kolektif yang brilian, dan Messi berada di atas segalanya untuk membuat perbedaan. Tapi hari ini tampaknya mereka bermain menunggu Messi," kata Wenger.

Messi memang tampil sangat dominan di laga melawan Slvia. Pemain berusia 32 tahun tersebut melakukan 8 tendangan, dengan tiga di antaranya tepat sasaran. Catatan itu paling banyak dibanding pemain Barcelona lainnya.

2 dari 2

Barcelona Kehilangan Karisma?

Selain terlalu bergantung pada Lionel Messi, Arsene Wenger juga menilai Barcelona mulai kehilangan karisma. Dia tidak melihat klub asal Catalan punya aura seperti tahun-tahun sebelumnya. Kegagalan di Liga Champions musim lalu disebut jadi salah satu penyebabnya.

"Mereka adalah tim yang fantastis, tetapi mereka kehilangan karisma dan mereka harus bertanya-tanya tentang seberapa besar mereka dipengaruhi oleh kegagalan mereka di Liga Champions."

"Di dilihat dari luar sepertinya mereka kehilangan karisma," tegas Wenger.

Dalam dua tahun terakhir, Barcelona memang mengalami kekalahan dramatis. Lionel Messi dan kolega dibekuk AS Roma dan Liverpool dengan dramatis setelah lebih dulu unggul pada leg pertama.

Sumber: beIN Sport