FOLLOW US:


Cristiano Ronaldo + Lionel Messi = 1428 Gol

02-07-2020 07:00

 | Richard Andreas

Cristiano Ronaldo + Lionel Messi = 1428 Gol
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. © AP Photo

Bola.net - Kualitas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi memang tidak perlu diperdebatkan lagi. Namun, andai masih ada yang meragukan status mereka sebagai pemain terbaik dunia, 1428 gol adalah jawaban yang tegas.

Ya, meski Barcelona hanya bisa bermain imbang 2-2 dengan Atletico Madrid, Rabu (1/7/2020) dini hari WIB, pertandingan itu jadi saksi gol ke-700 sang kapten, Messi.

La Pulga menyusul Ronaldo yang sudah terlebih dahulu masuk geng eksklusif pesepak bola dengan minimal torehan 700 gol di level klub. Sekarang, hanya mereka dua pesepak bola aktif yang bisa mencetak gol sebanyak itu.

Tertarik menyimak fakta gol-gol Messi dan Ronaldo? Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 4

Singkirkan rivalitas sejenak

15 tahun terakhir, sepak bola didominasi oleh gol-gol Messi dan Ronaldo. Perbandingan dua pemain ini seakan-akan tidak ada habisnya, ada yang bilang Messi lebih baik, ada yang bilang Ronaldo lebih baik.

Terlepas dari perbandingan yang tak kunjung usai itu, seharusnya penikmat sepak bola sekarang ini bersyukur bisa hidup di era Ronaldo-Messi.

Ya, Anda Bolaneters, termasuk kami Bola.net, cukup beruntung bisa menyaksikan pertunjukan ajaib dua pesepak bola luar biasa. Sah-sah saja menyukai salah satu dari mereka, apalagi keduanya.

Salah satu dari mereka dilahirkan dengan bakat sepak bola murni, yang lain bisa mencapai level tertinggi karena dedikasi dan kerja keras.

2 dari 4

Total 1428 gol

Ronaldo memulai kariernya di level senior pada tahun 2002 lalu bersama Sporting, sedangkan Messi memulainya di tahun 2004 bersama Barcelona -- sampai sekarang masih setia.

Sekarang, setelah belasan tahun, mereka masih bermain di level tinggi. Ketika Messi mencetak gol ke-700, di saat yang sama Ronaldo mencetak gol ke-728 pada kemenangan 3-1 Juventus atas Genoa.

Messi 700 gol, Ronaldo 728 gol. Di level klub, mereka berdua telah mencetak total 1428 gol. Tidak perlu dibandingkan, angka ini sudah cukup membuktikan kualitas mereka dengan pesepak bola top lainnya yang masih aktif seperti Luis Suarez atau Sergio Aguero.

3 dari 4

Jumlah pertandingan

Mungkin Ronaldo saat ini unggul 28 gol dari Messi, tapi sebenarnya angka ini bukanlah perbedaan signifikan. Ronaldo memulai karier senior dua tahun lebih awal dari Messi

Tercatat, Ronaldo butuh 974 pertandingan untuk mencapai torehan 700 gol, sedangkan Messi hanya butuh 862 pertandingan. Singkatnya, Ronaldo punya waktu lebih banyak dari Messi

Kendati demikian, perbedaan ini tak lantas berarti Messi lebih baik dari Ronaldo. Meski Ronaldo memulai dua tahun lebih awal, Messi memulai kariernya di tempat yang sangat ideal.

Messi muda mulai bermain ketika Barcelona sedang diperkuat dua gelandang terbaik di dunia, Xavi dan Andres Iniesta. Artinya, Messi memulai di lingkungan yang lebih suportif daripada Ronaldo.

4 dari 4

Geng 700 gol

Bagaimanapun, Messi dan Ronaldo tetap masuk buku sejarah sepak bola sebagai bagian dari 7 pemain top yang pernah mencetak minimal 700 gol di level klub. Berikut rinciannya:

  • Josef Bican: 805 gol (Rapid Vienna, Slavia Prague)
  • Romario: 772 gol (Vasco da Gama, PSV, Barcelona)
  • Pele: 767 gol (Santos, New York Cosmos)
  • Ferenc Puskas: 746 gol ( Budapest Honved, Real Madrid)
  • Gerd Muller: 735 gol (Bayern Munchen)
  • Cristiano Ronaldo: 728 gol (Sporting, Man United, Real Madrid, Juventus)
  • Lionel Messi: 700 gol (Barcelona)

Sekarang Ronaldo sudah 35 tahun, Messi 33 tahun. Pertanyaannya, siapa yang bakal menutup karier dengan jumlah gol lebih banyak?

Sumber: ESPN, BBC, Transfermarkt