FOLLOW US:


Daftar Kesalahan Jordi Alba di Laga Melawan Liverpool

08-05-2019 08:59
Daftar Kesalahan Jordi Alba di Laga Melawan Liverpool
Jordi Alba © AFP

Bola.net - Barcelona merana. Diprediksi akan melaju dengan mudah ke final Liga Champions musim 2018/19, langkah Barcelona justru kandang di tangan Liverpool. Hal ini tidak lepas dari kesalahan yang dibuat oleh Jordi Alba.

Barcelona berada di atas angin saat harus menjalani leg kedua semifinal Liga Champions melawan Liverpool, Rabu (8/7) dini hari WIB. Pasalnya, Barca unggul agregat 3-0 pasca kemenangan yang diraih pada leg pertama di Camp Nou.

Namun, Barcelona tidak berdaya saat bermain di Anfield. Pasukan Ernesto Valverde kalah dengan skor 4-0 lewat gol yang dibagi rata oleh Divock Origi dan Gini Wijnaldum. Barcelona kalah agregat 4-3 atas Liverpool.

Lantas apa saja kesalahan yang dibuat oleh Jordi Alba? Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 2

Daftar Kesalahan Jordi Alba

Jordi Alba adalah pemain utama Barca dalam beberapa tahun terakhir untuk posisi bek kanan. Pemain berusia 30 tahun tersebut punya gaya yang khas, selalu aktif membantu tim ketika sedang menyerang.

Dan, gaya bermain itu menjadi titik yang dieksploitasi oleh Liverpool. Ada banyak lubang yang terbuka di pertahanan Liverpool yang ditinggalkan oleh Jordi Alba. Dan, tiga dari empat gol Barca berasal dari wilayah yang ditempati oleh Alba.

Liverpool banyak menekan di sisi yang ditempati oleh Jordi Alba. Hal ini yang kemudian membuat pemain asal Spanyol melakukan setidaknya tiga kali kesalahan fatal. Kesalahan yang kemudian berujung gol bagi Liverpool.

Pertama, Jordi Alba memberi backpass yang buruk di menit ke-7. Bola justru mengarah ke Sadio Mane yang kemudian memberi umpan pada Jordan Henderson. Ini adalah awal mula terciptakan gol pertama Liverpool lewat kaki Divock Origi.

2 dari 2

Kesalahan Jordi Alba lainnya

Gol kedua Liverpool yang dicetak oleh Wijnaldum pada menit ke-54 juga tidak lepas dari kesalahan Jordi Alba. Gol ini bermula saat eks pemain Valencia itu kalah berudel dengan Alexander-Arnold yang kemudian memberi umpan pada Wijnaldu.

Pada gol keempat Liverpool, yang dicetak Origi pada menit ke-79, Jordi Alba lagi-lagi membuat kesalahan. Dia dengan gegabah tidak mengawasi aksi Alexander-Arnold yang hendak mengambil sepak pojok. Pemain berusia 20 tahun itu cerdik mengambil sepak pojok cepat, saat Alba masih belum dalam posisi siap.

Jordi Alba sendiri sempat mendapat peluang emas mencetak gol pada menit akhir babak pertama. Dia menerima sodoran dari Lionel Messi. Namun, sepakannya dengan mudah bisa diantisipasi oleh Alisson Becker.