FOLLOW US:


Di Dunia Tanpa Lionel Messi-Cristiano Ronaldo, Inilah Nama Pemain yang Layak Raih Ballon d'Or

24-10-2019 15:00

 | Richard Andreas

Di Dunia Tanpa Lionel Messi-Cristiano Ronaldo, Inilah Nama Pemain yang Layak Raih Ballon d'Or
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. © AP

Bola.net - Sejak tahun 2008, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sudah mendominasi sepak bola dunia. Persaingan meraih Ballon d'Or yang prestisius hanya melibatkan dua nama tersebut dalam 10 tahun terakhir.

Cristiano Ronaldo meraih Ballon d'Or lima kali (2008, 2013, 2014, 2016, 2017). Lionel Messi pun mengoleksi jumlah yang sama, lima (2009, 2010, 2011, 2012, 2015).

Mungkin aneh, tapi sebenarnya ada banyak pesepak bola lain dengan talenta luar biasa yang terabaikan karena dua pemain ini. Nama-nama itu bisa jadi meraih Ballon d'Or bergantian jika tidak ada Messi-Ronaldo.

Terakhir, dominasi dua pemain top itu baru bisa dihentikan Luka Modric pada edisi 2018 lalu. Kini, ada nama Virgil van Dijk yang dijagokan sebagai peraih Ballon d'Or edisi 2019.

Seandainya Messi dan Ronaldo tak pernah bermain sepak bola, atau setidaknya tidak sehebat sekarang, siapa saja nama-nama yang layak menggantikan mereka pada tahun-tahun itu?

Di bawah ini Squawka merumuskan 10 nama yang layak meraih Ballon d'Or di dunia tanpa Messi-Ronaldo. Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 10

Ballon d'Or 2008: Fernando Torres

Klub & Negara: Liverpool, Spanyol
Posisi: Striker
Gol pada tahun itu: 33

Fernando Torres versi 2007/08 benar-benar lular biasa, layak dianggap sebagai predator paling mematikan pada masanya. Dia menikmati musim hebat bersama Liverpool dan Spanyol.

Torres mencetak gol yang membantu Spanyol menjuarai Euro 2008 di final melawan Jerman dan mencetak 33 gol dalam 46 pertandingan di level klub.

Sayangnya, pada musim itu Torres masih kalah dari Ronaldo dan Messi, padahal dia mencapai performa luar biasa.

2 dari 10

Ballon d'Or 2009: Xavi

Klub & Negara: Barcelona, Spanyol
Posisi: Gelandang
Gol tahun itu: 10

Tahun ini adalah tahun kejayaan Barcelona di bawah Pep Guardiola, treble winners mereka dapatkan. Tahun ini juga menjadi saksi Ballon d'Or pertama Messi.

Di bawah Messi ada Ronaldo, lalu Xavi di peringkat ketiga. Xavi layak dianggap sebagai playmaker terbaik pada tahun itu, banyak gol Messi yang lahir dari umpan Xavi.

3 dari 10

Ballon d'Or 2010: Andres Iniesta

Klub & Negara: Barcelona, Spanyol
Posisi: Gelandang
Gol tahun itu: 9

Xavi sebenarnya masih tampil luar biasa tahun ini setelah musim ajaib bersama Barcelona dan Spanyol. Namun, ada Andres Iniesta yang jelas lebih bersinar.

Messi meraih Ballon d'Or keduanya tahun ini, Iniesta mengikuti di peringkat kedua. Iniesta mengambil peran penting dalam kejayaan Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Namun, entah mengapa Messi masih dianggap lebih baik dari Iniesta.

4 dari 10

Ballon d'Or 2011: Xavi

Klub & Negara: Barcelona, Spanyol
Posisi: Gelandang
Gol tahun itu: 14

Barcelona menjuarai La Liga dan Liga Champions pada musim ini dan Messi sekali lagi meraih Ballon d'Or, mengalahkan Ronaldo.

Xavi ada di perignkat ketiga setelah menceatk 14 gol dalam 51 penampilan untuk barca. Dia pun membungkus 8 assits.

Seandainya Ronaldo tidak menorehkan catatan luar biasa dengan 55 gol dalam 60 pertandingan, Xavi mungkin bisa meraih peringkat kedua. Messi? Hanya 73 gol semusim.

5 dari 10

Ballon d'Or 2012: Andres Iniesta

Klub & Negara: Barcelona, Spanyol
Posisi: Gelandang
Gol tahun itu: 6

Lagi, Iniesta seharusnya layak meraih Ballon d'Or. Tahun itu, dia finis di peringkat ketiga, di bawah Messi dan Ronaldo. Tahun ini adalah tahun Messi meraih Ballon d'Or keempat secara beruntun.

Sang maestro, Iniesta sekali lagi membantu Spanyol meraih trofi. Sayangnya Messi masih terlalu luar biasa, dia mencetak 91 gol dalam satu tahun kalender.

Ronaldo sebenarnya tidak terlalu buruk, dia mencetak 55 gol di semua kompetisi.

6 dari 10

Ballon d'Or 2013: Franck Ribery

Klub & Negara: Bayern Munchen, Jerman
Posisi: Winger
Gol tahun itu: 16

Kegagalan Franck Ribery tahun ini cukup mengejutkan. Dia meraih treble winners bersama Bayern, tapi tetap saja tidak bisa membantunya mengalahkan Ronaldo-Messi.

Tahun ini, Ronaldo akhirnya menghentikan laju beruntun Messi dalam persaingan meraih Ballon d'Or. Akhirnya bukan Xavi atau Iniesta yang di peringkat kedua.

Ribery mencetak 16 gol dalam 39 pertandingan untuk Bayern musim itu, dan menjuarai Bundesliga, DFB Pokal, serta Liga Champions. Namun, Ronaldo yang mencetak 66 gol dianggap lebih layak

7 dari 10

Ballon d'Or 2014: Manuel Neuer

Klub & Negara: Bayern Munchen, Jerman
Posisi: Kiper
Kebobolan tahun itu: 9

Manuel Neuer berada di peringkat ketiga daftar peraih Ballon d'Or tahun ini, di bawah Messi dan Ronaldo. Sekali lagi, kapten Portugal itu berhasil mempertahankan penghargaannya, meski kiper Bayern itu dianggap lebih baik.

Sejauh ini hanya ada satu kiper yang pernah meraih Ballon d'Or, yakni kiper rusia Lev Yashin pada tahun 1963 lalu.

8 dari 10

Ballon d'Or 2015: Neymar

Klub & Negara: Barcelona, Brasil
Posisi: Penyerang
Gol tahun itu: 39

Neymar mungkin tidak pernah berpikir bahwa setelah mencetak 39 gol di semua kompetisi dan meraih trofi La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions, ternyata dia masih belum cukup meraih Ballon d'Or.

Dominasi Messi dan Ronaldo masih begitu terasa. La Pulga mencetak 58 gol dalam 57 pertandingan dan meraih trofi yang sama dengan Neymar, Ronaldo mencetak 61 gol dalam 54 pertandingan untuk Real Madrid.

Messi terpilih meraih Ballon d'Or tahun ini, yang mungkin mengantarkan Neymar ke pintu keluar Camp Nou.

9 dari 10

Ballon d'Or 2016: Antoine Griezmann

Klub & Negara: Atletico Madrid, Prancis
Posisi: Striker
Gol tahun itu: 19

Griezmann memang menutup musim 2016 tanpa trofi, tapi dampaknya untuk klub dan negara begitu luar biasa.

Griezman memimpin Atleti sampai ke final Liga Champions, sayangnya kalah adu penalti dari Real Madrid. Dia juga mendorong Prancis sampai ke final Euro di tahun itu, hanya untuk menyaksikan kekalahan dari Portugal.

Pada akhirnya, dua trofi yang gagal diraih Griezmann itu berakhir di tangan Ronaldo - yang terpilih meraih Ballon d'Or tahun itu.

10 dari 10

Ballon d'Or 2017: Neymar

Klub & Negara: PSG, Barcelona, Brasil
Posisi: Penyerang
Gol tahun itu: 20

Gaya bermain Neymar berkembang dan mencapai titik luar biasa pada tahun 2017 ini. Dia menjadi arsitek comeback ajaib Barca 6-1 atas PSG di Camp Nou.

Lalu, pada musim panas tahun itu, dia memecahkan rekor transfer dunia dengan pindah ke PSG. Transfer ini mengejutkan, tidak ada yang menduga PSG bakal membeli pemain yang menghancurkan mereka.

Tahun ini pada akhirnya tetap Ronaldo yang meraih Ballon d'Or setelah tampil luar biasa pada tahapan terakhir Liga Champions 2016/17.

Sumber: Squawka