FOLLOW US:


Duel Antarlini Atalanta vs Real Madrid: Los Blancos Kalah Tajam, Pincang di Belakang

24-02-2021 11:00

 | Richard Andreas

Duel Antarlini Atalanta vs Real Madrid: Los Blancos Kalah Tajam, Pincang di Belakang
Atalanta © La Presse via AP

Bola.net - Real Madrid bakal menghadapi tantangan berat ketika menyambangi Atalanta pada duel leg pertama 16 besar Liga Champions 2020/21, Kamis (25/2/2021) dini hari WIB.

Madrid boleh unggul nama besar, tapi laga ini jelas tidak akan mudah. Atalanta merupakan salah satu kuda hitam di Eropa dengan gaya main agresif yang sulit dibendung.

Zinedine Zidane datang dengan skuad yang tak lengkap. Sergio ramos dan Karim Benzema cedera dan tidak bisa bermain, ini bisa jadi masalah besar di kedua sisi Madrid. Ada pula kasus cedera kambuhan Eden hazard.

Atalanta lebih berbahaya. Akhir pekan kemarin, pasukan Gian Piero Gasperini bahkan memukul tim kuat Napoli 4-2 melalui gol-gol Duvan Zapata, Robin Gosens, Luis Muriel, dan Cristian Romero di Serie A.

Madrid menantang Atalanta tanpa tim terbaiknya, lalu bagaimana duel antarlini untuk laga kali ini? Scroll ke bawah yuk, Bolaneters!

1 dari 5

Kiper

Aksi penyelamatan Thibaut Courtois pada duel Eibar vs Real Madrid, La Liga 2020/21. (c) AP Photo
Aksi penyelamatan Thibaut Courtois pada duel Eibar vs Real Madrid, La Liga 2020/21. (c) AP Photo

Madrid masih lebih unggul di sektor penjaga gawang. Ada Thibaut Courtois yang musim ini sudah berulang kali menyelamatkan Madrid dari kekalahan atau hasil buruk.

Pertahanan Los Blancos tidak begitu stabil di musim 2020/21 ini, karena itulah Courtois sering dipaksa bekerja ekstra dalam pertandingan.

Di Atalanta ada nama Pierluigi Gollini, kipe muda berusia 25 tahun. Performanya cukup baik musim ini dengan total 8 clean sheets dari 20 pertandingan di semua kompetisi.

Meski begitu, Madrid boleh lebih percaya diri memiliki sosok berpengalaman selevel Courtois.

2 dari 5

Bek

Joel Matip berduel dengan Cristian Romero (c) AP Photo
Joel Matip berduel dengan Cristian Romero (c) AP Photo

Atalanta bermain dengan formasi 3-4-1-2, artinya ada tiga bek sentral yang diturunkan Gasperini. Gaya bermain ini membuat pertahanan Atalanta jadi lebih stabil.

Ada nama Cristian Romero yang paling menonjol, bek tengah asal Brasil yang baru berusia 22 tahun. Dia tangguh dalam duel-duel udara dan mahir membuat intersep.

Madrid sedikit lebih buruk. Tanpa Sergio Ramos, artinya Raphael Varane harus bisa memimpin lini belakang. Kemungkinan Varane akan diduetkan dengan Nacho di jantung pertahanan Madrid.

Untuk posisi yang satu ini kondisinya seimbang. Atalanta dengan bek-bek muda, Madrid pun kehilangan sang kapten.

3 dari 5

Gelandang

Luka Modric masuk menggantikan Toni Kroos pada laga melawan Gladbach di Grup B Liga Champions 2020/2021 (c) AP Photo
Luka Modric masuk menggantikan Toni Kroos pada laga melawan Gladbach di Grup B Liga Champions 2020/2021 (c) AP Photo

Zinedine Zidane diyakini akan kembali menurunkan trio gelandang favoritnya: Casemiro, Toni Kroos, dan Luka Modric. Tidak ada alasan untuk bereksperimen di pertandingan sepenting ini.

Tiga pemain itu membentuk kombinasi pergerakan segitiga terbaik di lapangan. Mereka masih jadi nyawa permainan Los Blancos sampai sekarang, mengontrol lini tengah berarti mengontrol permainan.

Atalanta diprediksi akan menurunkan duet Marten de Roon dan Remo Freuler. Keduanya cukup berpengalaman mengisi dua pos gelandang dalam formasi 3-4-1-2.

Meski begitu, Madrid seharusnya masih lebih unggul di lini tengah. Di hari terbaiknya trio Casemiro-Kroos-Modric sulit tertandingi.

4 dari 5

Penyerang

Atalanta (c) La Presse via AP
Atalanta (c) La Presse via AP

Untuk sektor lini serang Real Madrid sepertinya harus mengaku kalah di laga ini. Atalanta masih berbahaya musim ini meski tidak lagi bermain dengan Papu Gomez.

Gasperini sering menurunkan duet Zapata dan Muriel sebagai ujung tombak, lalu didukung dengan Pessina tepat di belakangnya. Selain itu masih ada opsi memainkan Ilicic yang juga berbahaya.

Madrid jelas bermasalah tanpa Karim Benzema yang terpaksa absen. Sebagian besar gol Madrid musim ini datang dari kontribusi Benzema

Zidane diprediksi akan menurunkan Mariano Diaz sebagai ujung tombak, lalu didukung Vinicius Junior dan Marco Asensio di kedua sayap. Trio penyerang ini tidak benar-benar produktif.

5 dari 5

Perkiraan susunan pemain

Atalanta (3-4-1-2): Gollini; Djimsiti, Romero, Toloi; Gosens, Freuler, De Roon, Maehle; Ilicic; Zapata, Muriel.

Pelatih: Gian Piero Gasperini.

Madrid (4-3-3): Courtois; Mendy, Nacho, Varane, Vazquez; Kroos, Casemiro, Modric; Vinicius, Mariano, Asensio.

Pelatih: Zinedine Zidane.


Sumber: Bola