FOLLOW US:


Formasi Genk Sempat Kejutkan Liverpool, Begini Reaksi Jurgen Klopp

24-10-2019 06:40

 | Richard Andreas

Formasi Genk Sempat Kejutkan Liverpool, Begini Reaksi Jurgen Klopp
Pemain Liverpool, Mohamed Salah, mencoba melewati hadangan pemain Genk dalam laga Liga Champions hari Kamis (24/10/2019). © AP Photo

Bola.net - Liverpool memang berhasil memetik kemenangan besar atas KRC Genk (4-1), Kamis (24/10/2019) dini hari WIB tadi. Namun, hasil akhir itu tidak cukup menjelaskan betapa sulitnya pertandingan untuk The Reds.

Jurgen Klopp mengakui Genk sebagai lawan yang merepotkan. Bermain di kandang membuat Genk tampil percaya diri, beruntung The Reds punya sejumlah pemain yang bisa jadi penentu.

Sejak awal, Liverpool sudah dikejutkan dengan gaya bermain Genk yang lebih agresif. Formasi 4-4-2 yang diturunkan pelatih lawan pun cukup mengejutkan, sebab biasanya Genk bermain dengan taktik 4-2-3-1.

Klopp sendiri mengaku sedikit terkejut dengan permainan Genk pada laga itu. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Ide Cerdas

Adapun dengan formasi 4-4-2, Genk bermain layaknya tim klasik dengan dua striker jangkung. Mereka mengandalkan bola-bola udara lewat umpan silang dari sisi sayap.

Klopp tahu gaya bermain itu bisa menyulitkan Liverpool, tapi untungnya mereka sudah pernah menghadapi tim lain dengan gaya serupa.

"Dengar, jika mereka memilih 4-2-3-1 atau 4-4-1-1 maka pada banyak momen gaya-gaya bermain itu benar-benar sama. Satu-satunya perbedaan hari ini adalah bagian ofensif mereka dengan banyak pemain yang cukup tinggi di lapangan," buka Klopp di Liverpoolfc.com.

"Itu gagasan cerdas, meski bukan tim pertama yang melakukannya saat menghadapi kami. Sebab kami tidak bisa terus mendapatkan first ball sepanjang waktu."

2 dari 2

Tidak Terlalu Terkejut

Klopp tidak menduga Genk bakal menerapkan pendekatan tersebut, tapi juga tidak terlalu terkejut. Memang layak dianggap sebagai kejutan kecil, tapi tidak sampai membuat Liverpool kesulitan.

"Kami mencoba tidak membuat banyak pelanggaran atau semacamnya, serta ingin berduel fisik untuk berjuang mendapatkan second balls, itu tidak terlalu nyaman," imbuh Klopp.

"Tidak, kami tidak menduganya, tapi itu [perubahan formasi] bukanlah kejutan yang besar," tutupnya.

Sumber: Liverpoolfc