FOLLOW US:


Hari Ini 6 Tahun Lalu: Real Madrid Raih La Decima, Saat Mental Juara Berbicara

24-05-2020 19:30

 | Richard Andreas

Hari Ini 6 Tahun Lalu: Real Madrid Raih La Decima, Saat Mental Juara Berbicara
Skuat Real Madrid merayakan gelar Liga Champions di tahun 2014. © Real Madrid Official

Bola.net - 24 Mei 2014, hari yang akan selalu diingat oleh Real Madrid. Tepat 6 tahun lalu, Los Blancos berhasil mendobrak sejarah dengan meraih trofi Eropa ke-10 mereka sepanjang sejarah, alias La Decima.

Trofi itu benar-benar mengubah sejarah Madrid. Setelahnya mereka berhasil meraih 3 trofi lagi dan sekarang menyandang status sebagai salah satu tim terbaik dalam sejarah Liga Champions.

Ada banyak alasan mengapa La Decima begitu spesial. Selain trofi ke-10, itu adalah trofi pertama Madrid sejak terakhir kali meraihnya tahun 2002 -- ketika tendangan voli indah Zinedine Zidane menaklukkan Bayer Leverkusen.

Apa saja yang terjadi pada final di Lisbon itu? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 6

Derby di Final

Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, ada dua tim dari kota yang sama bertemu di final kompetisi tertinggi Eropa. Hampir semua publik Madrid berbondong-bondong ke LIsbon, menyaksikan duel sengit dalam tajuk El Derbi Madrileno.

Langkah Madrid menuju final tidak semudah yang diduga. Mereka bersaing dengan Galatasaray, Juventus, dan Copenhagen di fase grup. Lalu, di fase gugur, Madrid harus menghadapi duel-duel sulit di Jerman.

Mereka harus menyingkirkan Schalke (16 besar), Borussia Dortmund (perempat final), dan Bayern Munchen (semifinal). Tiga pertandingan ini sulit, tapi Madrid bisa melewatinya.

2 dari 6

Nyaris Gagal

Mencapai final, Madrid sudah ditantang tim tangguh lainnya. Atletico musim itu sangat tangguh, dengan gaya bermain defensif ala Diego Simeone.

Terbukti, Madrid akhirnya kebobolan terlebih dahulu lewat aksi Diego Godin di menit ke-36. Kebobolan ini mengubah situasi semakin sulit, Atletico bertahan kian rapat dan Madrid kian kesulitan.

Skor tak berubah sampai menit ke-90, suporter Atletico sudah bersiap merayakan kemenangan mereka. Namun, harapan mereka akhirnya dibuyarkan oleh Sergio Ramos di menit ke-90+3.

3 dari 6

Ramos Raja Injury Time

Ramos mencetak gol sundulan dengan memanfaatkan tendangan sudut Luka Modric. Gol itu tepatnya tercipta di menit 92:48, Ramos menjebol gawang Courtois -- yang uniknya jadi kiper Madrid sekarang.

Gol Ramos itu adalah awal sejarah besar Madrid. Skor berubah jadi 1-1, wasit meniup peluit panjang, dan pertandingan pun berlanjut ke babak tambahan.

Di babak tambahan inilah perbedaan kualitas kedua tim terlihat. Gol penyeimbang Madrid melukai mental Atletico.

4 dari 6

Runtuhnya Mental Atletico

Perubahan mental Atletico terlihat pada babak tambahan. Madrid mencetak gol kedua lewat Gareth Bale di menit ke-110. Gol kedua ini jelas semakin memukul mental Los Blancos.

Diego Simeone tidak bisa mengubah banyak hal, slot pergantian pemainnya sudah habis. Mental juara yang dimiliki skuad Madrid berbicara pada momen ini.

Los Blancos menambah gol lagi, mencetak gol ketiganya di menit ke-118 lewat Marcelo. Lalu, tentu saja, Cristiano Ronaldo menuntaskannya dengan gol keempat Madrid di menit ke-120.

Madrid pun keluar sebagai juara dengan skor 4-1 setelah 120 menit berjuang habis-habisan di lapangan, La Decima.

5 dari 6

Susunan Pemain:

Real Madrid: Casillas, Carvajal, Ramos, Varane, Coentrão (Marcelo, 59’), Khedira (Isco, 59’), Di María, Modric, Bale, Cristiano Ronaldo and Benzema (Morata, 79’).

Atlético: Courtois, Juanfran, Miranda, Godín, Filipe Luis (Alderweireld, 83’), Raúl García (Sosa, 66’), Gabi, Tiago, Koke, Villa and Diego Costa (Adrián, 9’).

6 dari 6

Statistik Real Madrid - Atletico Madrid

Gol:
0-1 (36'): Godín
1-1 (93'): Sergio Ramos
2-1 (110'): Bale
3-1 (118'): Marcelo
4-1 (120'): Cristiano Ronaldo (P)

Total shots: 21 - 10
On target: 12 - 6
Penyelamatan: 3 - 6
Possession: 61% - 39%
Fouls: 19 - 27

Sumber: Berbagai Sumber