FOLLOW US:


Jurgen Klopp Selalu Tahu Apa yang Perlu Dikatakan pada Skuad Liverpool

06-11-2019 15:00

 | Richard Andreas

Jurgen Klopp Selalu Tahu Apa yang Perlu Dikatakan pada Skuad Liverpool
Jurgen Klopp usai menukangi Liverpool melawan Wolverhampton dalam laga penutup Premier League 2018/2019, Minggu (12/5). © AP Photo

Bola.net - Liverpool benar-benar beruntung memiliki pelatih seperti Jurgen Klopp. Kepribadian, mental, gaya melatih Klopp tampaknya benar-benar cocok dengan nilai-nilai The Reds.

Baru-baru ini, muncul kisah unik lainnya di balik kejayaan Liverpool di Liga Champions musim lalu. Kali ini tentang bagaimana Liverpool bisa mengalahkan Barcelona 4-0 di Anfield. Ya, comeback dramatis itu.

Kala itu, tidak ada yang menduga Liverpool bisa menang. Mereka takluk 0-3 dalam lawatan ke Camp Nou pada leg pertama, yang artinya Barca berada di atas angin.

Biar begitu, yang terjadi justru sebaliknya. Liverpool menyuguhkan salah satu pertandingan terbaik dalam sejarah Liga Champions, Anfield jadi saksi takluknya Blaugrana.

Ternyata ada peran penting Klopp pada mentalitas skuad The Reds. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3

Kata Sadio Mane

Salah satu bintang terbesar Liverpool, Sadio Mane, memberikan wawancara eksklusif tentang rekan setimnya dan Jurgen Klopp pada France Football.

Secara khusus, Mane menyinggung pidato pra-pertandingan yang dinyanyikan Klopp sebelum duel leg kedua kontra Barcelona itu.

Ini bukan pertama kalinya Klopp membakar semangat skuadnya lewat rangkaian kata. Mantan pelatih Borussia Dortmund ini memang istimewa, khususnya tentang caranya memperlakukan pemain.

"Dia [Klopp] selalu tahu apa yang perlui dikatakan. Juga, dia selalu menemukan cara untuk mengejutkan Anda," buka Mane, dikutip dari Sport.

2 dari 3

Yakin Bisa Kalahkan Barca

Pada momen penting tersebut, menghadapi Barca yang punya pemain sekelas Lionel Messi, Klopp justru sangat yakin timnya bisa menang. Mereka pun melakukannya.

"Seperti kejadian musim lalu sebelum leg kedua kontra Barcelona di semifinal Liga Champions. Klopp berkata: 'hei kawan-kawan, saya punya sejumlah kabar baik untuk Anda'," lanjut Mane.

"'Kabar baiknya adalah bahwa Barcelona merupakan tim yang senang membawa bola dan kita [Liverpool] senang bermain melawan tim-tim seperti itu. Lihat saja, kita akan mencapai final'."

3 dari 3

Lepaskan Tekanan

Seperti yang kita semua pahami, Liverpool akhirnya berhasil mengalahkan Barca di Anfield, melaju ke final, dan menaklukkan Tottenham Hotspur.

"Itu [pidato Klopp] benar-benar cara terbaik untuk melepaskan tekanan dari pundak kami," tutup Mane.

Sumber: France Football, Sport