FOLLOW US:


Juventus, Real Madrid dan Barcelona Dihukum Larangan Tampil di Liga Champions Pekan Ini

02-06-2021 09:00

 | Yaumil Azis

Juventus, Real Madrid dan Barcelona Dihukum Larangan Tampil di Liga Champions Pekan Ini
Logo Juventus. © AP Photo

Bola.net - Tiga klub papan atas Eropa, Juventus, Real Madrid dan Barcelona masih ngotot mengadakan European Super League. UEFA pun tidak main-main dan siap memberikan sanksi tegas dalam waktu dekat ini.

Sejatinya, ada 12 klub yang menyatakan partisipasinya dalam ajang European Super League. Pernyataan yang dikeluarkan secara bersamaan itu sempat membuat geger dunia sepak bola.

Hampir semua orang tidak sepakat dengan keberadaan ESL, singkatan dari European Super League. Mereka menganggap kalau kompetisi tersebut hanya akan membuat klub kaya semakin bergelimang harta.

Bahkan konsep mereka ditentang keras oleh UEFA dan FIFA. Setelah mendapatkan penolakan dari berbagai sudut, proyek penyelenggaraan ESL pun harus dihentikan sampai waktu yang belum ditentukan.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Proyek ESL Ditunda

Sebenarnya, 12 klub yang mengklaim dirinya sebagai pendiri European Super League berencana untuk tetap melangsungkan kompetisi meski ditentang sana-sini. Namun enam klub Inggris tidak tahan dengan penolakan yang menghampirinya.

Masalahnya, penolakan tersebut datang dari fansnya sendiri. Lebih parahnya lagi, mereka melakukan demonstrasi besar-besaran untuk mendesak klub agar menarik diri dari ESL. Pada akhirnya, mereka melunak.

Enam klub raksasa Inggris menyatakan mundur bersamaan, disusul AC Milan, Inter Milan, dan Atletico Madrid. Sembilan klub tersebut harus membayar 12,9 juta pounds kepada FIFA untuk disumbangkan pada 'grassroot football'.

2 dari 2

Hukuman Dijatuhkan Pekan Ini

Dengan demikian, yang tersisa dari ESL hanyalah Juventus, Real Madrid dan Barcelona. Mereka tetap bersikukuh menggelar ESL meski terus ditentang UEFA. Florentino Perez selaku penggagas kompetisi pun mengatakan kalau sembilan klub lain tidak bisa menarik diri karena adanya kontrak yang berlaku.

UEFA mangkel, dan berniat memberikan hukuman berat untuk ketiga klub tersebut. Salah satunya adalah dengan melarang mereka berpartisipasi di ajang Liga Champions musim depan. La Reppubblica mengklaim kalau hukuman tersebut bakalan dijatuhkan pekan ini.

Bukan cuma larangan tampil di pentas Eropa, Juventus, Real Madrid dan Barcelona juga bakal diganjar hukuman berupa denda. Sayangnya laporan tersebut tidak mengungkapkan berapa denda yang harus dibayarkan tiga klub itu.

Presiden Barcelona, Joan Laporta, sudah menyiapkan langkah perlawanan. Mereka berniat membawa FIFA ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) jika sampai dihukum hanya karena ngotot berpartisipasi di European Super League.

(La Reppublica - via Sports Mole)