FOLLOW US:


Muda dan Berprestasi, Klopp Salut Pada Nagelsmann

16-12-2020 18:25

 | Dimas Ardi Prasetya

Muda dan Berprestasi, Klopp Salut Pada Nagelsmann
Pelatih RB Leipzig, Julian Nagelsmann © AP Photo

Bola.net - Manajer Liverpool Jurgen Klopp mengungkapkan rasa salutnya kepada Julian Nagelsmann, yang meski masih muda namun memiliki prestasi menakjubkan.

Nagelsmann saat ini masih sangat muda untuk ukuran pelatih, 33 tahun. Ia memulai karir kepelatihannya sejak tahun 2008 silam. Saat itu ia mendapat jabatan sebagai asisten pelatih di klub 1860 Munich U-17.

Pada tahun 2013, ia naik pangkat. Ia dipercaya menjadi asisten pelatih di tim senior 1899 Hoffenheim. Namun ia juga diberi tugas untuk menukangi tim U-19 di klub yang sama.

Kehebatan Nagelsmann akhirnya membuat ia dipercaya menjadi pelatih tim utama Hoffenheim pada tahun 2016. Tiga tahun berselang ia dipinang oleh RB Leipzig.

Nagelsmann pun langsung tancap gas di klub barunya. Ia sempat membawa Leipzig menembus babak semifinal Liga Champions dan finis di posisi ketiga klasemen Bundesliga.

1 dari 2

Respek Klopp Pada Nagelsmann

Musim ini Julian Nagelsmann kembali membawa RB Leipzig tampil apik. Mereka telah lolos dari fase grup dan kini akan berduel lawan Liverpool di babak 16 besar Liga Champions.

Jurgen Klopp mengaku terkesan dengan prestasi yang dicapai oleh Nagelsmann sejauh ini. Ia pun mengaku salut kepada sang kolega.

“Oh, ia pasti seseorang yang sangat saya hormati," ujar Klopp pada situs resmi Liverpool.

“Sebagai perbandingan, Thomas [Tuchel], saya tidak tahu usianya, tapi Hansi [Flick] menurut saya sedikit lebih tua dari saya. Ia [Nagelsmann] akan berada di dunia sepak bola selama 20 atau 30 tahun ke depan. Ia sekarang berusia awal 30-an, itu mengatakan segalanya," tuturnya.

2 dari 2

Bakal Jadi Makin Top

Jurgen Klopp juga memberikan prediksinya tentang masa depan Julian Nagelsmann. Ia yakin ke depannya Nagelsmann akan makin tumbuh menjadi seorang pelatih kelas dunia.

“Ia melatih tim Bundesliga di Jerman ketika ia berusia 28, yang merupakan cerita yang luar biasa. Saya suka apa yang ia lakukan, saya sangat suka apa yang ia lakukan. Saya sangat menghormati pekerjaannya," tegasnya.

"Berada pada usia itu, sekarang ia seusia saya ketika saya mulai melatih tetapi ia sudah melakukannya selama lima atau enam tahun, yang benar-benar luar biasa. Masih muda," ujarnya.

“Saya takut untuk mengatakannya tetapi mungkin masih akan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi selama bertahun-tahun, seperti yang kita semua dapatkan, tetapi kualitasnya sudah sangat tinggi. Ini akan menjadi [laga] yang sulit," tandas Klopp.

Jurgen Klopp membawa Liverpool lolos sebagai pemuncak klasemen Grup D. Sementara Julian Nagelsmann membawa RB Leipzig sebagai runner-up di Grup H.

(Liverpoolfc.com)