FOLLOW US:


Pemenang dan Pecundang di Laga Real Madrid vs Liverpool: TAA, Mane, dan Klopp Ampas!

07-04-2021 08:25

 | Asad Arifin

Pemenang dan Pecundang di Laga Real Madrid vs Liverpool: TAA, Mane, dan Klopp Ampas!
Liverpool pada laga melawan Real Madrid di leg pertama babak perempat final Liga Champions 2020/2021 © AP Photo

Bola.net - Real Madrid menang atas Liverpool dalam duel leg pertama perempat final Liga Champions 2020/21. Pada laga di Estadio Alfredo Di Stefano, Rabu (7/4/2021) itu, Real Madrid menang dengan skor 3-1.

Dua dari tiga gol Madrid di laga ini datang dari winger muda mereka, Vinicius Junior. Satu gol sisanya dicetak oleh Marco Asensio.

Liverpool sempat mendapatkan harapan ketika Mohamed Salah mencetak gol di awal babak kedua, tapi pada akhirnya Madrid tetap menang.

Lantas, siapa pemain dengan performa bagus dan siapa yang layak disebut sebagai pecundang pada duel Real Madrid vs Liverpool? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 14

Pemenang - Eder Militao

Absennya Sergio Ramos dan Raphael Varane membuat pertahanan Real Madrid diragukan bisa membendung lini serang Liverpool. Namun, Militao mampu menjawab semua keraguan itu dengan performa apik.

Militao memang tidak bekerja sendiri. Ada Casemiro dan Nacho yang juga punya andil besar. Namun, apa yang ditampilkan Militao lebih baik dari ekspektasi yang dibebankan padanya.

2 dari 14

Pecundang - Alisson

Pecundang - Alisson
Ekspresi Alisson Becker usai melakukan blunder dalam laga Liverpool vs Manchester City, Minggu (7/2/2021) © AP Photo

Alisson sebenarnya tidak tampil buruk. Dia mampu membuat empat penyelamatan sepanjang laga. Akan tetapi, dia kebobolan tiga gol dan itu bukan jumlah yang sedikit untuk tim sekelas Liverpool.

Alisson harusnya bisa melakukan lebih baik pada dua dari tiga gol Liverpool. Sebuah performa di bawah standar ditunjukkan Alisson saat berjumpa Real Madrid.

3 dari 14

Pemenang - Ferland Mendy

Mendy mampu bertahan dengan sangat baik. Dia tidak memberi banyak ruang untuk Mohamed Salah maupun Trent Alexander-Arnold. Walau gagal mencegah Salah mencetak gol, aksinya secara umum patut mendapat acungan jempol.

Pemain asal Prancis membuat sisi kiri pertahanan Madrid nampak sangat solid.

4 dari 14

Pecundang - Trent Alexander-Arnold

Alexander-Arnold tampil bagus saat Liverpool menang 3-0 atas Arsenal akhir pekan lalu. Akan tetapi, di laga melawan Real Madrid, Alexander-Arnold justru tampil di bawah performa terbaiknya.

Alexander-Arnold setidaknya punya andil bada dua proses gol yang dicetak Real Madrid. Pertama, dia gagal menyapu bola dengan baik pada gol Asensio. Kedua, dia juga gagal membendung aksi Vinicius pada gol keduanya.

5 dari 14

Pemenang - Casemiro

Pemenang - Casemiro
Gelandang Real Madrid, Casemiro, meringis usai dilanggar pemain lawan © AP Photo

Casemiro membuat tugas Eder Militao dan Nacho menjadi jauh lebih mudah. Casemiro sangat fokus untuk menghalau setiap serangan yang coba dibangun pasukan Jurgen Klopp.

Casemiro menjadi pemain yang paling banyak melakukan tekel, 8 kali. Jumlah tekel yang dilepas pemain asal Brasil ini sama dengan jumlah tekel semua pemain inti Liverpool.

6 dari 14

Pecundang - Naby Keita

Keita menjadi kartu mati bagi Liverpool di babak pertama. Dia sama sekali gagal melapisi ruang yang ditinggalkan Arnold ketika harus memulai serangan dari sisi kanan.

Bukti dari buruknya performa Keita bisa dilihat dari keputusan Jurgen Klopp menariknya keluar pada menit ke-42. Keita membuat Liverpool seolah bermain dengan dua gelandang melawan tiga pemain Madrid.

7 dari 14

Pemenang - Luka Modric

Pemenang - Luka Modric
Gelandang Real Madrid, Luka Modric © AP Photo

Mungkin Zidane benar, Luka Modric nampak lebih muda dari usianya saat ini. Modric, pada usia 35 tahun, masih sangat dominan di lini tengah. Dia membuat satu assist untuk gol yang dicetak Vinicius.

Modric juga membuat satu umpan kunci. Pemain asal Krosia juga punya andil ketika timnya harus bertahan. Modric melepaskan tiga tekel sukses sepanjang laga kontra Liverpool.

8 dari 14

Pecundang - Gini Wijnaldum

Pecundang - Gini Wijnaldum
Aksi Georginio Wijnaldum berduel dengan Luka Modric, Real Madrid vs Liverpool, Liga Champions 2020/21. © AP Photo

Wijnaldum seperti kekurangan tenaga pada duel melawan Real Madrid. Dia seolah tenggalam di tengah dominasi Luka Modric dan Toni Kroos. Wijnaldum tidak mampu berbuat banyak untuk membantu Liverpool.

9 dari 14

Pemenang - Toni Kroos

Toni Kroos membuat satu assist untuk gol pertama Vincius. Sebuah umpan yang brilian dari gelandang asal Jerman. Visi bermainnya sangat bagus. Pujian pun datang padanya.

"Toni Kroos luar biasa, dia adalah legenda. Tidak ada yang bisa bermain sepertinya. Dia pemain yang sangat berkelas," puji Vincius Junior.

10 dari 14

Pecundang - Nat Phillips

Phillips sebenarnya bermain cukup bagus. Dia membuat beberapa sapuan penting. Akan tetapi, Phillips juga bersalah atas gol yang dicetak Vinicius. Sebab, dia tidak melakukan pengawalan dengan baik.

Phillips mungkin belum cukup pengalawan untuk menyadari bahwa kesalahan kecil bisa berakibat fatal jika lawannya adalah Real Madrid. Performa yang cukup solid tapi diwarnai beberapa kesalahan fatal.

11 dari 14

Pemenang - Vinicius Junior

Pemenang - Vinicius Junior
Winger muda Real Madrid, Vinicius Junior. © AP Photo

Vinicius acap kali diragukan oleh fans Real Madrid. Ada banyak kabar miring tentang pemain asal Brasil. Namun, di laga melawan Liverpool, dia tampil sebagai pahlawan bagi Liverpool.

Jika biasanya Vinicius sangat boros dalam melewatkan peluang, kali ini dia cukup klinis. Vinicius mencetak dua gol, brace pertamanya di Liga Champions. Vinicius mencetak dua gol dari empat shots yang dilepaskan.

12 dari 14

Pecundang - Sadio Mane

Sadio Mane bermain penuh pada laga melawan Real Madrid. Akan tetapi, dia tidak memberikan satu pun ancaman ke gawang Real Madrid. Sadio Mane gagal melepas satu pun tendangan sepanjang laga.

Sadio Mane juga tidak membuat satu pun umpan kunci. Sebuah performa di bawah standar dari mantan pemain Southampton.

13 dari 14

Pemenang - Zinedine Zidane

Pemenang - Zinedine Zidane
Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane. © AP Photo

Zidane punya setumpuk malasan jelang lawan Liverpool. Sergio Ramos dan Raphael Varane tidak bisa bermain. Zidane harus memakai dua bek cadangan, Eder Militao dan Nacho.

Namun, Zidane sepertinya tahu betul apa yang bisa dilakukan timnya. Real Madrid bermain sangat solid walau dengan skuad yang sangat terbatas. Zidane menerapkan taktik yang tepat.

14 dari 14

Pecundang - Jurgen Klopp

Pecundang - Jurgen Klopp
Pelatih Liverpool. Jurgen Klopp. © AP Photo

Jurgen Klopp membuat keputusan yang cukup aneh pada starting XI pilihannya. Klopp memainkan Naby Keita sejak menit awal untuk mengisi lini tengah. Keputusan yang terbukti sangat buruk.

Keita kemudian ditarik keluar pada menit ke-42, ketika The Reds sudah kebobolan dua gol. Klopp agaknya patut menyesali apa keputusan memainkan Keita sejak menit awal.