FOLLOW US:


Pemenang dan Pecundang Liverpool vs Real Madrid: Masterclass Zinedine Zidane!

15-04-2021 05:09

 | Asad Arifin

Pemenang dan Pecundang Liverpool vs Real Madrid: Masterclass Zinedine Zidane!
Jurgen Klopp dan Zinedine Zidane usai leg kedua perempat final Liga Champions antara Liverpool vs Real Madrid © AP Photo

Bola.net - Real Madrid menahan Liverpool dengan skor 0-0 pada duel leg kedua perempat final Liga Champions 2020/21, Anfield, Kamis (15/4/2021). Madrid tampil sangat solid di lini belakang.

Hasil ini sudah cukup bagi Madrid yang berhasil menang 3-1 dalam duel leg pertama pekan lalu. Los Blancos melangkah ke semifinal dan akan menghadapi Chelsea yang sudah terlebih dahulu lolos.

Para pemain Real Madrid mampu menunjukkan performa yang impresif, walau berada di bawah tekanan Liverpool hampir sepanjang laga. Taktik yang sempurna dari Zinedine Zidane juga menjadi penentu kelolosan Madrid.

Lantas, siapa yang menunjukkan performa baik dan buruk pada duel Liverpool vs Real Madrid? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 14

Pemenang - Thibaut Courtois

Pemenang - Thibaut Courtois
Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois © AP Photo

Tidak seperti pada leg pertama, Courtois mendapat banyak ujian pada leg kedua. Courtois tampil sangat bagus dan menjaga gawangnya untuk tetap nirbobol hingga akhir laga.

Courtois melakukan empat kali penyelamatan krusial. Kiper asal Belgia itu menggagalkan peluang Mohamed Salah, James Milner, dan Roberto Firmino.

2 dari 14

Pecundang - Gini Wijnaldum

Pecundang - Gini Wijnaldum
Georginio Wijnaldum berebut bola dengan Mario Lemina di laga Liverpool vs Fulham di Anfield, Minggu (07/03/2021) malam WIB. © Pool AFP via AP Photo

Wijnaldum tampil penuh energi di lini tengah Liverpool. Akan tetapi, pemain asal Belanda itu tidak cukup taktis ketika harus membantu serangan.

Wijnaldum membuang satu peluang emas di akhir babak pertama. Sepakan pemain asal Belanda itu melambung di atas gawang. Selain peluang itu, Wijnaldum tak melakukan aksi berbahaya lainnya.

3 dari 14

Pemenang - Eder Militao

Pemenang - Eder Militao
Bek Real Madrid Eder Militao meninggalkan lapangan setelah mendapat kartu merah saat melawan Levante. © AP Photo

Militao sekali lagi menunjukkan performa yang solid. Setelah Barcelona yang dibuat kesulitan, kali ini giliran Liverpool yang dibuat frustrasi oleh bek asal Brasil.

Militao tampil stabil sepanjang laga. Salah satu momen krusial adalah ketika Militao melakukan blok pada peluang Firmino di babak kedua.

4 dari 14

Pecundang - Sadio Mane

Pecundang - Sadio Mane
Sadio Mane. © AP Photo

Sadio Mane melanjutkan performa minornya dalam beberapa laga terakhir. Mane hampir tidak punya peluang mencetak gol ke gawang Madrid. Mane hanya melepas satu shots, itu pun tidak tepat sasaran.

Mane kemudian diganti oleh Alex Oxlade-Chamberlain pada menit ke-82. Mae benar-benar kesulitan pada duel melawan Real Madrid.

5 dari 14

Pemenang - Casemiro

Pemenang - Casemiro
Gelandang Real Madrid, Casemiro, meringis usai dilanggar pemain lawan © AP Photo

Casemiro meringankan tugas dua bek tengah Real Madrid. Casemiro menjaga Firmino dengan sangat ketat. Hal ini membuat Madrid selalu bermain dengan dua bek tengah walau Firmino coba memancing mereka keluar.

Casemiro menjadi pemain yang paling sering melakukan tekel pada laga ini, lima kali. Casemiro menunjukkan performa yang sangat solid.

6 dari 14

Pecundang - Mohamed Salah

Pecundang - Mohamed Salah
Pemain Liverpool, Mohamed Salah © AP Photo

Salah benar-benar terisolasi pada duel melawan Real Madrid. Dia tidak melakukan dribel yang khas dari sisi kiri lalu masuk ke kotak penalti. Salah juga tak cukup klinis memanfaatkan peluang.

Pemain asal Mesir punya satu peluang terbuka, tetapi tendangan mendatarnya mampu dihalau Courtois dengan kakinya.

7 dari 14

Pemenang - Fede Valverde

Pemenang - Fede Valverde
Aksi Federico Valverde (kiri) di laga Liverpool vs Real Madrid, Liga Champions 2020/21. © AP Photo

Valverde memberi kejutan besar di laga ini. Pemain 22 tahun itu bermain sebagai bek kanan. Sebuah posisi yang sangat tidak lazim dimainkan Valverde.

Valverde menjalankan tugas dengan baik. Dia membuat Sadio Mane tidak punya banyak peluang. Valverde juga melepas satu umpan kunci yang membuat Vinicius satu lawan satu dengan Alisson.

8 dari 14

Pecundang - Roberto Firmino

Pecundang - Roberto Firmino
Ekspresi Roberto Firmino usai Liverpool dikalahkan Chelsea di Anfield, Premier League 2020/21. © AP Photo

Firmino sempat punya satu peluang bagus pada akhir babak pertama. Namun, aksinya masih bisa digagalkan Courtois. Pada babak kedua, sepakan Firmino juga diblok Militao.

Firmino melepas empat shots sepanjang laga, tetapi tidak ada yang menjadi gol. Firmino menunjukkan performa yang cukup bagus, tetapi tidak klinis dalam memanfaatkan peluang.

9 dari 14

Pemenang - Nacho Fernandez

Pemenang - Nacho Fernandez
Duel Liverpool vs Real Madrid, Liga Champions 2020/21. © AP Photo

Nacho menjalankan tugas dengan baik. Kecenderungan Liverpool menyerang dari sayap dengan umpan crossing diantisipasi dengan baik oleh Nacho. Dia punya duel udara yang bagus.

Nacho memenangkan enam duel area di lini pertahanan. Pemain 30 tahun juga melakukan dua blok krusial. Nacho benar-benar tampil bagus pada laga melawan Liverpool.

10 dari 14

Pecundang - James Milner

Pecundang - James Milner
Pemain Liverpool James Milner. © AP Photo

Milner gagal memberi opsi untuk lini serang Liverpool pada babak pertama. Milner, yang dulu pernah menjadi winger, harusnya bisa tampil lebih agresif untuk membantu Roberto Firmino.

Tidak ada kejutan dari Milner pada duel ini. Sebuah performa yang standar dari sang kapten Liverpool.

11 dari 14

Pemenang - Vinicius Junior

Pemenang - Vinicius Junior
Winger muda Real Madrid, Vinicius Junior. © AP Photo

Vinicius hanya lari-larian sepanjang laga? Tidak. Pemain asal Brasil itu sejatinya melakukan tugas dengan baik dalam hal menutup ruang. Dia membuat Alexander-Arnold tidak punya banyak opsi selain melepas umpan crossing.

Namun, ada catatan untuk winger 20 tahun. Dia harus memperbaiki kualitas penyelesaian akhir agar peluang emas yang didapat, seperti saat satu lawan satu dengan Alisson, tidak terbuang sia-sia.

12 dari 14

Pemenang - Ferland Mendy

Pemenang - Ferland Mendy
Bintang Real Madrid, Ferland Mendy. © AP Photo

Liverpool punya dua pemain yang sangat berbahaya di sisi kiri, Mohamed Salah dan Trent Alexander-Arnold. Khusus untuk Salah, dia hampir tidak punya peluang karena mendapat penjagaan dari Mendy.

Mendy juga cukup aktif membantu serangan. Pada babak kedua, dia sempat mengirim umpan silang yang sayangnya tidak mampu dijangkau Karim Benzema.

13 dari 14

Pemenang - Zinedine Zidane

Pemenang - Zinedine Zidane
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane © AP Photo

Zidane menunjukkan kelasnya sebagai pelatih juara. Zidane merespon dengan baik segala skema yang disiapkan Jurgen Klopp. Permainan Madrid pun sangat stabil sepanjang laga.

Zidane mungkin tidak banyak mengambil inisiatif. Keputusan yang diambil Zidane nampak sebagai reaksi dari apa yang dilakukan Klopp. Namun, reaksi Zidane menunjukkan bahwa Madrid adalah tim yang solid.

14 dari 14

Pecundang - Jurgen Klopp

Pecundang - Jurgen Klopp
Pelatih Liverpool. Jurgen Klopp. © AP Photo

Jurgen Klopp tidak membuat kejutan sama sekali dalam starting XI. Klopp tidak memberi tempat pada Diogo Jota yang performanya sedang bagus dalam beberapa laga terakhir.

Jota kemudian baru dimainkan pada menit ke-60. Masuknya Jota -juga Thiago Alcantara, kemudian dengan mudah diantisipasti Real Madrid yang sudah mendapatkan ritme permainan terbaiknya.